Loading...

Foto: unsplash.com

Balikpapan dikenal karena persediaan minyak dan tambangnya yang melimpah. Nggak salah sih, tapi Kota Balikpapan juga kaya akan daya tarik dari sektor pariwisatanya. Berikut ini adalah 4 tempat wisata Balikpapan yang relatif jarang muncul di daftar rekomendasi wisata, namun dijamin bakal menambah kesan liburanmu di Balikpapan!

1. Carribean Island Waterpark

Foto: instagram.com/carribeanislandwaterpark

Membahas Balikpapan, kota yang mendapat julukan “kota minyak” ini identik dengan wisata air, karena mempunyai sederet nama pantai yang nggak boleh kamu lewatkan. Selain pantai, Balikpapan mempunyai alternatif wisata air, yakni Carribean Island Waterpark. Dari namanya aja barangkali kamu udah bisa menebak kalau taman air ini mengusung tema carribean life atau kehidupan bajak laut.

Taman air nggak akan lengkap tanpa kehadiran wahana seluncur, setuju? Oleh karena itu, taman air terbesar di Kota Balikpapan ini menyediakan aneka pilihan seluncur. Mulai dari seluncuran yang rendah dan aman untuk anak kecil hingga seluncuran besar, tinggi, dan tentunya menegangkan yang cocok untuk remaja hingga orang dewasa. Tertarik mencoba?

2. Pantai Banua Patra

Ilustrasi: pexels.com

Menyinggung soal wisata pantai, pantai-pantai yang biasa disinggahi pelancong di Balikpapan di antaranya Pantai Melawai, Pantai Monpera, dan Pantai Kemala. Dibanding 3 pantai tersebut, nama Pantai Banua Patra cenderung jarang disebut. Padahal, Pantai Banua Patra menyuguhkan keindahan alam yang unik. Di Pantai Banua Patra, kamu akan menyaksikan bagaimana batu-batu raksasa saling bertengger di sepanjang wilayah pantai.

Saking banyaknya, batu-batuan yang secara alami terbentuk mengarah ke laut pun tampak seperti daratan pulau. Pantai Banua Patra merupakan pilihan yang ideal jika kamu sedang mencari lokasi yang tak dipadati orang. Pemandangan Pantai Banua Patra begitu memikat hingga membuat orang-orang betah menghabiskan waktu di sini. Oleh karena itu, jangan lupa siapkan perbekalan, sebab siapa tahu kamu adalah orang berikutnya yang dibuat jatuh cinta sama Pantai Banua Patra!

3. Rumah Dahor Heritage

Foto: instagram.com/dahorheritage

Berada di bawah kekuasaan Belanda beratus-ratus tahun lamanya membuat jejak mereka tak mudah hilang dari Tanah Air, termasuk dari Kota Balikpapan. Di Jalan Dahor No.1 Baru Ilir, Kecamatan Balikpapan Barat, Kota Balikpapan berdiri 9 rumah yang tampak berbeda dari rumah-rumah sekitarnya. Rumah-rumah tersebut dinamakan Rumah Dahor. Bentuknya menyerupai panggung, karena berada di dekat laut.

Mulanya, Rumah Dahor dijadikan rumah dinas bagi warga Belanda yang bekerja di perusahaan kilang minyak pada masa kolonial. Setelah ditinggalkan, Rumah Dahor beralih fungsi menjadi cagar budaya. 1 rumah dimanfaatkan sebagai perpustakaan dan 1 rumah lagi menyimpan koleksi foto yang menggambarkan Kota Balikpapan saat masih dijajah bangsa Belanda. Nuansa klasik amat terasa di Rumah Dahor Heritage mengingat konsep rumahnya yang masih mempertahankan ciri khas arsitektur Belanda.

4. Woody Park Borneo

Foto: instagram.com/woodyparkborneo

Wisata Balikpapan terakhir yang nggak ketinggalan seru adalah Woody Park Borneo. RedDoorz sangat merekomendasikan tempat wisata Balikpapan satu ini buat kamu yang memboyong anak-anak saat berlibur ke Balikpapan. Woody Park Borneo menawarkan area outbound yang luasnya mencapai 4 hektare. Nggak perlu khawatir soal keamanan anak-anak selama bermain di sini.

Semua peserta udah pasti dilengkapi pengaman serta selalu dipantau oleh instruktur terlatih. Mau permainan yang lebih menantang? Coba juga wahana air soft guns di Woody Park Borneo. Lalu, setelah seharian beraktivitas, lepaskan penat kamu berkemah di sini. Yup, Woody Park Borneo juga memfasilitasi kegiatan berkemah. Berada di Jl. Syarifuddin Yoes, Sepinggan, Kota Balikpapan, Woddy Park Borneo harus masuk ke dalam daftar wisata Balikpapan kamu!

Walaupun masih jarang terdengar di telinga masyarakat, 4 wisata Balikpapan di atas juga nggak kalah asyik dari wisata-wisata terkenal lainnya. Dari keempat rekomendasi wisata Balikpapan versi RedDoorz, obyek wisata mana yang nggak sabar kamu datangi?

Cropped fav logo@2x
Press Enter To Begin Your Search
×