Loading...

soto ayam

Foto: Shutterstock.com

Diperkenalkan oleh imigran Cina, varian soto di Indonesia kini terus bertambah. Awalnya, daging yang digunakan penjual soto keturunan Tionghoa adalah daging babi. Melihat banyaknya pemeluk agama Islam di Indonesia, mereka kemudian beralih ke daging ayam, daging sapi, bahkan daging kerbau. Dari sanalah asal mula soto ayam. Berikut ini, RedDoorz telah merangkum beberapa rumah makan soto ayam yang berhasil memadukan kenikmatan rempah-rempah dengan lembutnya irisan daging ayam!

1. Soto Ayam Ambengan Pak Sadi di Surabaya

Foto: instagram.com/sotoayamambengan_paksadi

Alamat:  Jl. Ambengan No.3A, Ketabang, Kec. Genteng, Kota Surabaya, Jawa Timur

Harga: Rp42 ribu/porsi

Ngomongin soal rekomendasi kedai soto ayam paling legendaris di Indonesia kurang lengkap tanpa menyebut Soto Ayam Ambengan Pak Sadi. Pernah menyabet penghargaan Masters of The Year pada ajang World Street Food Congress Food 2013, cita rasa soto ayam di kedai ini nggak perlu diragukan lagi.

Walaupun udah nggak aktif berkecimpung di dapur, tapi Pak Sadi masih memantau kualitas rasa dan bahan-bahan yang digunakan. Isian semangkuk soto ayam Pak Sadi sebenarnya nggak jauh berbeda dari soto ayam kebanyakan, yakni daging ayam kampung, soun, telur rebus yang dipotong kecil-kecil, selederi, serta bubuk koya.

Keistimewaan Soto Ayam Ambengan Pak Sadi terletak di kesegaran kuah kental kekuningan yang diracik berdasarkan resep rahasia. Resep rahasia ini masih sama lho dengan resep yang digunakan Pak Sadi saat menjajakan dagangannya dengan cara berkeliling kampung puluhan tahun lalu!

2. Soto Bangkong di Semarang

Foto: instagram.com/sotobangkong

Alamat: Ruko Bangkong Plaza, Jl. Brigjen Katamso No.1, Peterongan, Kec. Semarang Selatan, Kota Semarang, Jawa Tengah

Harga: Rp15-25 ribu/porsi

Familiar dengan kata ‘bangkong’? Dalam Bahasa Jawa, Bangkong berarti kodok yang berukuran besar. Eits, tapi bukan berarti soto di sini mengandung bahan-bahan yang tak lazim ya. Kata ‘bangkong’ dalam penamaan kedai soto ini awalnya diperoleh karena lokasinya yang terletak di perempatan Bangkong. Seiring berjalannya waktu, para pelanggan setianya menyarankan nama “Soto Bangkong” agar lebih mudah dikenali.

Dari awal Pak Saleh Soekarno dan istri memperkenalkan Soto Bangkong hingga setelah membuka cabang di berbagai tempat, resep Soto Bangkong tak pernah berubah. Mereka masih memanfaatkan banyak bawang putih sebagai penyedap alami, daging ayam kampung, dan kecap produksi sendiri.

Yup, mereka bahkan rela membuat kecap sendiri demi menghindari kesamaan rasa dengan soto-soto lainnya. Biar makin mantap, jangan lupa tambahkan topping lainnya, seperti perkedel, sate tempe dan tahu, sate ati, dan sate kerang yang merupakan pendamping favorit Soto Bangkong!

3. Soto Ayam Lombok di Malang

Ilustrasi Foto: unsplash.com

Alamat: Jalan Lombok No. 1, Kasin, Kec. Klojen, Kota Malang, Jawa Timur

Harga: Rp25 ribu/porsi

Bergeser lagi ke Provinsi Jawa Timur, kota yang identik dengan buah apelnya ini ternyata menyimpan salah satu depot soto ayam paling legendaris di Indonesia. Namanya Soto Ayam Lombok. Sama seperti Soto Bangkong, nama soto ayam ini juga diambil dari nama jalan di mana depot Soto Ayam Lombok pertama kali berdiri.

Menjamurnya Soto Ayam Lombok di sejumlah titik tak melunturukan kenangan Abdulrahman Mustadjab dan istrinya, Maemunah akan perjuangan mereka melestarikan usaha soto ayam mereka. Terbukti dari cara penyajian soto yang dikerjakan dari balik gerobak pikul. Yup, sebelum nama sotonya tersohor, kedua maestro Soto Ayam Lombok tersebut menjual kreasinya dengan cara dipikul. Salut banget deh!

Rasa Soto Ayam Lombok terbilang cukup unik. Dibandingkan soto ayam lain, Soto Ayam Lombok tidak terlalu asin. Meski begitu, bukan berarti Soto Ayam Lombok tidak gurih. Perpaduan daging ayam yang melimpah, kentang, tauge, selederi, kol, dan koya yang disiram kuah kaya rempah membuat Soto Ayam Lombok pantas digemari berbagai kalangan.

4. Soto Kesawan di Medan

Foto: instagram.com/sotokesawan

Alamat: Jl. Ahmad Yani, Kesawan, Kec. Medan Barat, Kota Medan, Sumatera Utara

Harga: Rp25-30 ribu/porsi

Siapa bilang soto ayam legendaris cuma ada di Jawa? Kota Medan yang terletak di Provinsi Sumatera Utara juga punya resep soto ayam yang nggak kalah nikmat. Resep soto ayam itu lebih familiar dengan nama soto medan. Salah satu rumah makan soto medan yang paling sering diburu pecinta kuliner Nusantara adalah Soto Kesawan.

Soto medan di sini sebetulnya nggak harus disantap dengan campuran daging ayam. Kamu juga bisa memilih daging udang atau daging jeroan sapi sebagai penggantinya. Tapi kalau bisa menikmati semuanya sekaligus, kenapa harus memilih satu? Bener nggak?

Bagi kamu yang baru akan mencicipi soto medan, mungkin bakal sedikit dibuat bingung. Soto medan dikenal karena kuahnya yang berbahan dasar santan, sehingga menghasilkan tekstur kuah yang kental. Bercampur dengan seporsi nasi hangat, kecap, bawang goreng, dan tingkat kepedasan sambal, soto medan di Soto Kesawan harus masuk ke dalam daftar destinasi wisata kuliner kamu di Medan!

Sama-sama disebut soto ayam, ternyata keempat rumah makan soto ayam di atas mampu memodfikasi resep yang sudah ada menjadi soto ayam versi mereka sendiri. Dari 4 rekomendasi soto ayam legendaris di Indonesia tadi, soto ayam mana yang udah pernah kamu coba?

Cropped fav logo@2x
Press Enter To Begin Your Search
×