Loading...

Foto: dokumen pribadi

Hi, nama aku Denis Agustin Wijayanti, aku berusia 24 th. Aku mau sedikit berbagi cerita nih tentang pengalaman traveling yang paling berkesan bagiku. Bisa berkeliling dan menjelajahi dunia adalah impian terbesarku. Tapi, hambatan utama pasti masalah keuangan. Keliling dunia membutuhkan uang. Apalagi pada saat itu aku masih kuliah yang uang jajanya pas-pas an. Impian itu semakin menggebu-gebu dan keinginanku untuk bisa segera traveling sangat kuat. Mulailah dari situ aku berusaha untuk menyisihkan sedikit demi sedikit uang jajanku agar bisa traveling.

Hal yang aku lakukan sederhana sih. Aku mulai mengumpulkan uang Rp10 ribu tiap hari secara rutin selama satu tahun. Dan setelah uang terkumpul, waktu itu aku semester akhir dan sedang mengerjakan skripsi. Aku sudah berniat jika aku selesai skripsi aku harus liburan ke luar negeri untuk pertama kalinya. Dan itu membuat aku semangat untuk segera menyelesaikan skripsi dan akhirnya aku berhasil selesai dalam 5 bulan saja. Setelah perskripsian selesai, pencarian destinasi traveling dimulai.

Karena ini traveling pertama ku ke luar negeri aku memilih Kuala Lumpur, Malaysia. Karena sebagai traveler pemula, menurutku Malaysia negara yang cocok. Selain budaya yang tidak terlalu jauh dengan Indonesia, masalah bahasa juga tidak menjadi hambatan. Aku memutuskan traveling ke Kuala Lumpur dengan sahabatku, Arifah. Kita memutuskan berdua saja traveling ke KL. Kita memutuskan traveling ke KL selama 1 minggu dan berangkat pada bulan Januari 2019. Setelah prepare berbagai macam keperluan. Akhirnya kita Traveling juga. Ini yang ditunggu tunggu. Ketika menginjakkan kaki di Kuala Lumpur ingin sekali aku berteriak “Yeyyyyy,aku berhasil memulai mewujudkan impianku”.

Rasanya bahagia sekali. Hmmm, ternyata Kuala Lumpur adalah pilihan yang tepat untuk Traveller pemula seperti aku. Banyak sekali yang harus di explore disana. Banyak juga wisata wisata gratis yang bisa dikunjungi. Untuk transportasi disana aku selalu menggunakan bis gratis yang disediakan khusus untuk traveler. Wow, harga makanan pun diibilang sangat murah disana.

Hari pertama di Kuala Lumpur, sudah tidak sabar untuk melihat menara Petronas yang terkenal di dunia. Beruntungnya kami menginap di daerah Bukit Bintang yang dibilang sangat dekat dengan menara KLCC. Untuk menuju kesana bisa dengan jalan kaki lewat pendestrian, naik bus. Sungguh pemandangan yang sangat indah. Masih pagi, wisatawan sudah memenuhi pelataran KLCC untuk melihat menara Petronas. Selain itu di belakang menara tersedia taman dengan air mancur. Setiap malamnya selalu ada pertunjukan air mancur warna warni secara gratis. Wisatawan bisa menikamti sembari duduk di taman. Begini penampakan menara petronas dan pertunjukan air mancur.

Sumber : Dokumen Pribadi.

Sumber : Dokumen Pribadi

Yang menarik di Kuala Lumpur adalah bus gratisnya yaitu GO KL. GO KL adalah  bus gratis bagi traveller. Jadi kemanapun bisa menggunakan bus itu tnpa mengeluarkan uang. Bus itu selalu berhenti di setiap halte halte. Menurutku ini adalah surga bagi traveler untuk menekan budget transportasi. Go KL mengelilingi seluruh tempat favorit wisatawan di Kuala Lumpur. Para traveler tidak usah bingung, tinggal kita sering membaca map map yang tersedia di setiap halte untuk rute rute yang dilewati GO KL.Untuk menaikinya kita harus mencari halte halte pemberhentian bus GO KL ini. Selain itu bus ini sangat nyaman. Begini penampakan Go KL.

Sumber : google

Selain itu, di Kuala Lumpur tidak lengkap jika tidak wisata kuliner. Tempat yang aku suka adalah  Jalan Alor di daerah Bukit Bintang. Disana adalah surganya makanan. Apasih yang menarik dari jalan ini ? Jalan Alor sangat mudah dijangkau dan berada di tempat yang strategis di bukit bintang. Jalanan ini hanya jalanan biasa yang dipenuhi dengan penjual makanan dan resto resto. Namun keindahannya sangat terasa. Jalan Alor mulai sangat meriah ketika malam. Jalanan ini yang membuat aku betah banget di Kuala Lumpur. Hiruk pikuk malam sangat terasa ketika menyusuri sepanjang jalan bukit bintang dan jalan alor. Tidak heran jika Jalan Alor menjadi tempat wajib yang harus dikunjungi jika ke Kuala Lumpur. Yang menarik perhatian waktu itu adalah durian goreng. Nggk bisa bayangin, durian digoreng. Saking kalapnya aku langsung beli waktu itu RM10 dapet 3 biji, ya bisa dibilang sekitar RP 35.000 untuk 3 durian goreng. Pas dicobain, aku terkejut,sumpaaaahhh ini enak banget rasanya. Makanan unik yang wajib banget dicoba pas lagi ke Kuala Lumpur. Aku berharap bisa kesana lagi untuk beli durian goreng. Hahaha. Begini penampakan durian yang super lezat.

Sumber : dokumen pribadi

Satu lagi tempat menarik yang menurutku wajib dikunjungi saat ke Kuala Lumpur yaitu Batu Caves. Batu caves merupakan sebuah bukit kapur dengan serangkaian gua dan kuil. Tempat ini sangat unik dan menarik. Batu caves sering dijadikan pusat kegiatan umat Hindu di Malaysia dalam melakukan upacara keagamaaan. Dipelataran terdapat patung Lord Murugan (Dewa Hindu) raksasa dan patung Hanoman yang berada di sebelah pintu masuk pelataran. Yang menarik, untuk mencapai guanya kita harus menaiki tangga yang jumlahnya mencapai 272 anak tangga. Setiap tangga di cat warna warni dan menciptakan suatu keindahan tersendiri. Sepanjang anak tangga, kita akan disambut oleh monyet monyet yang tak segan akan merebut makanan yang kita bawa. Tidak salah kjika tempat ini menjadi favorit wisatawan apalagi cocok untuk kegiatan fotografi. Begini pemandangan Batu Caves.

Itu secuplik pengalaman pertama ku travelling. Dan mulai saat ini aku akan berusaha untuk mewujudkan mimpi ke destinasi destinasi impian. Terkadang bermimpi besar itu memang perlu. Jadi jangan lelah untuk bermimpi dan mewujudkannya ya.

Penulis: Denis Agustin Wijayanti

Instagram: denisagustin_

Twitter: denisagustin_

Facebook: Denis Agustin Wijayanti

Cropped fav logo@2x
Press Enter To Begin Your Search
×