Loading...

Kalo liat sunrise dari atas gunung, mungkin udah banyak banget yang ketagihan karena saking indahnya. Tapi pasti ada aja nih yang males buat mendaki gunung, antara males ngebayangin pas ngedakinya atau dari persiapannya aja udah nggak sanggup karena harus kuat fisik dan sebagainya. Yaudah, belajar dulu aja deh dengan main ke Sikunir Dieng. Udah pernah denger dong? 

Bukit yang terletak di kawasan Dataran Tinggi Dieng ini punya negeri di atas awan lho, RedTraveler. Dari ketinggian Bukit Sikunir Dieng Wonosobo, kamu bakal ngeliat pemandangan Dieng secara luas di ketinggian 2.300 di atas permukaan laut. Wah kebayang sih bagusnya kayak apa. Buat yang ngincer sunrise, baca dulu step buat sampe ke Puncak Sikunir Dieng versi mudah di bawah ini!

1. Persiapan Fisik

Sikunir Dieng
Mendaki membutuhkan tenaga yang besar, oleh sebab itu penting untuk melakukan persiapan fisik jauh-jauh hari sebelum mendaki. Stamina yang prima dan ketahanan tubuh yang kuat membuat kamu lebih siap menghadapi berbagai tantangan saat mendaki Bukit Sikunir Dieng. Ada dua cara ampuh untuk mempersiapkan fisik yang tangguh yaitu olahraga dan konsumsi makanan bergizi. 

Olahraga jadi kunci utama agar kamu bisa melatih otot-otot tubuh supaya nggak kaku. Jangan sampai karena kurang melatih otot kamu keram saat mendaki. Pasti hal seperti itu ngerepotin banget, kan! Banyak olahraga yang bisa kamu lakukan untuk melatih otot-otot biar lebih siap menempuh medan berat. Kamu bisa jogging, bersepeda melewati tanjakan, push up, dan berenang. 

Kamu bisa coba semua olahraga atau memilih salah satunya aja, yang paling penting harus konsisten. Disiplin dalam melatih fisik akan memudahkan jalan menuju sunrise Sikunir Dieng. 

Baca juga: Biar Nggak Bosan, Ini Pilihan Wisata Bogor yang Anti Mainstream
 

2. Persiapan Mental

Mendaki gunung bukan hal yang mudah. Medannya yang berat membuat rawan sekali kecelakaan. Kamu harus ekstra hati-hati dan terus fokus saat mendaki Bukit Sikunir Dieng Wonosobo agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Gimana caranya menyiapkan mental agar tidak takut mendaki gunung? Caranya dengan mencari informasi sebanyak mungkin tentang area yang akan dituju. 

Kamu bisa browsing di internet tentang medan pendakian di Bukit Sikunir Dieng. Jalur mana saja yang bisa dilewati oleh para pendaki dan tingkat kesulitannya di setiap jalur. Buat kamu yang baru pertama kali mendaki gunung, kamu bisa pilih jalur yang medannya paling mudah. Dengan memilih jalur yang  paling mudah maka kamu nggak akan kaget dengan segala rintangan yang akan dilalui. 

Ngobrol sama orang-orang yang pernah mencapai puncak Sikunir Dieng juga hal lain yang bisa kamu lakukan. Kamu bisa menggali informasi sebanyak mungkin dari mereka sehingga persiapanmu semakin mantap. Kalau semua informasi soal Sikunir Dieng sudah dikantongi, kamu bisa memetakan semua kebutuhan dan resiko di medan pendakian sehingga mentalmu akan lebih tangguh. 

3. Siapkan Perlengkapan Mendaki

Mendaki atau hiking merupakan salah satu olahraga ekstrem. Perlu peralatan yang proper untuk menjamin keselamatanmu selama mendaki. Agar mendaki tetap aman, ada beberapa barang yang wajib kamu pakai dan bawa seperti sepatu hiking, tas gunung, jaket gunung, jas hujan, tenda, peralatan masak standar, dan peralatan medis. 

Sepatu hiking wajib kamu pake karena jenis sepatunya yang sudah disesuaikan dengan medan yang berat. Kaki kamu akan lebih aman jika menggunakan sepatu khusus saat mendaki Bukit Puncak Sikunir. Tas gunung juga penting karena kamu membawa banyak barang dan harus menggendongnya sampai puncak. Pakai sembarang tas bisa meningkatkan resiko cedera di tulang punggungmu, lho. 

Sedangkan barang-barang lainnya meskipun kelihatannya nggak terlalu penting namun sebenarnya itu penting juga. Semuanya perlu kamu bawa untuk berjaga-jaga kalau kamu tiba-tiba terluka atau sakit, ingin menginap di area pendakian, atau pengen bikin makanan dan minuman untuk menghangatkan tubuh.

Baca juga: Yuk Eksplor, Ini Destinasi Wisata Banten yang Memanjakan Mata
 

4. Berangkat di Pagi Buta

sikunir dieng

Persiapan fisik sudah. Perlengkapan untuk mendaki juga sudah lengkap semuanya. Sekarang waktunya atur plan buat melihat golden sunrise Sikunir Dieng. Mengatur rencana pemberangkatan untuk melihat sunrise tentu nggak boleh sembarangan. Perlu perhitungan matang agar sampai di Puncak Sikunir Dieng tepat waktu dan nggak kesiangan untuk menikmati pemandangan matahari terbit. 

Karena yang mau dilihat sunrise, udah pasti berangkatnya harus lebih pagi dari matahari nongol kan, RedTraveler. Nah, buat perjalanan pagi buta kayak gini, disaranin kamu lewat jalur Jalan Raya Dieng aja untuk sampe ke Bukit Sikunir Dieng. Kenapa? Karena jalur ini merupakan jalur yang termasuk aman dan dapat dilewati sama berbagai jenis kendaraan. Ditambah lagi, jalur ini udah banyak pemukiman penduduk, jadi bisa dibilang cukup ramai. Kalo kamu bayangin, ini jalanan terjal yang masih terbuat dari tanah, tenang sudah diaspal kok.

Jadi buat yang nggak nyetir masih bisa bobok nyenyak walaupun berangkat subuh-subuh. 

sikunir diengCredit: sikunir.com

Dari area parkir Bukit Sikunir Dieng, perjalanan menuju puncaknya ngabisin waktu sekitar 30 menit aja. Kamu bakal ngelaluin track sepanjang 800 meter dengan komposisi yang kebanyakan tangga, batu, dan tanah. Nah, buat cewek-cewek jangan pake flat shoes demi pengen foto cantik di atas. Soalnya alurnya juga cukup licin, RedTraveler, jadi disaranin buat pake sepatu gunung aja yang aman. Kalo kamu nggak biasa gerak, ada beberapa pos kok buat berhenti sejenak setelah ngos-ngosan naik beberapa tangga. Pokoknya bawa air kalo emang niat, dan pastiin pake baju hangat aja. Soalnya dingin banget!

Itulah pentingnya membawa perlengkapan yang tepat agar kamu bisa mengantisipasi segala rintangan yang menghadang saat mendaki bukit untuk merasakan keindahan sunrise Sikunir Dieng.

Baca juga: 9 Tempat Wisata di Dieng yang Menarik Untuk Dikunjungi!

5. Perjalanan Panjang Terbayar

sikunir dieng

Setelah ngelewatin tangga-tangga licin yang menantang, semuanya bakal terbayar ketika kamu sampe di Puncak Sikunir Dieng. Kalau kamu nyampe tepat waktu, kamu bisa langsung ngeliat golden sunrise yang bikin jatuh hati. Nggak mungkin nggak pengen foto deh, RedTraveler! Kalo udah terangan dikit kayak gini, Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing juga bakal terlihat meskipun dari kejauhan. Pasti ada nih momen-momen mengheningkan cipta sejenak, bersyukur masih bisa nikmatin pemandangan kayak gini.

6. Banyak yang Jual Makanan

Sikunir DiengCredit: The Traveling Cow

Abis mendaki bukit dan foto-foto di berbagai spot kece, biasanya perut mulai berasa laper. Kayaknya kelakuan pengunjung yang kayak gini udah diprediksi sama pedagang-pedagang yang nongkrong di atas Puncak Sikunir deh, karena di atas ada banyak penjual makanan yang siap ngebantu kamu buat ngisi perut. Mulai dari kopi, teh, sampe mie kemasan juga ada. Turun dari bukit, kenyang lagi deh!

Namun kalau kamu bawa peralatan masak sendiri, kamu nggak perlu beli dan bisa masak sendiri. Kamu bisa membuat teh atau mie instan yang gampang banget buatnya. Kamu bayangkan aja nikmatnya kopi dan mie instan di ketinggian Bukit Sikunir Dieng Wonosobo dengan pemandangan yang menakjubkan serta udara yang sejuk. Pasti moment itu akan berkesan banget di hidupmu. 

Berbagai Pilihan Reddoorz di Indonesia Menunggu Kamu, Lho!

Nah, sambil mikirin mau berkunjung ke mana dulu, jangan lupa buat milih RedDoorz sebagai penginapan kamu saat ke Sikunir Dieng. Karena RedDoorz udah hadir banyak kota di Indonesia, dengan ribuan hotel kamar mulai dari Rp 99.000 per malam! Buat kamu yang mau liburan ke Sikunir Dieng, Makassar, Yogyakarta, sekitaran Jakarta, dan Jambi, nggak perlu bingung lagi. Fasilitas RedDoorz juga dijamin lengkap kok, RedTraveler! Kamu nggak perlu khawatir untuk mendapatkan fasilitas seperti air mineral, wifi, perlengkapan mandi, linen dan kamar mandi yang bersih, serta tv satelit biar liburan kamu tambah seru! Klik www.reddoorz.com untuk booking sekarang.

Cropped fav logo@2x
Press Enter To Begin Your Search
×