Loading...

(photo source: unsplash.com)

Hallo... kenalin nama gue Reva, seorang mahasiswa tingkat akhir yang sedang bergelut menyelesaikan tugas akhir di masa pandemi ini. Keadaan kaya sekarang ngebuat gue stress luar biasa berlipat-lipat ganda dan ngerasa bener-bener jenuh sama rutinitas, suasana, dan juga keadaan sampe-sampe skripsi gue stuck gak jalan dan beloman kelar, tapi gue punya satu kebiasaan nih yang bisa dibilang hobby gue sekarang. Hobby baru gue staycation only one night. Yaps staycation buat ngilangin penat, refresh otak yang udah jenuh, dan bisa jadi sumber inspirasi atau penyemangat yang bisa recharge gue buat jalanin rutinitas jadi semangat lagi.

Sebagai mahasiswa tingkat akhir gue punya impian yang pengen banget gue wujudin nih bareng temen-temen gue setelah perjuangan gue kelarin semua urusan per-SKRIPSIan duniawi dan lulus sebagai sarjana nanti. Impian gue ini sebenernya udah dari jauh-jauh hari direncanai cuman belum nemu waktu yang tepat buat wujudinnya, gue pengen banget travelling ke Pulau Sumba. Gila pulau satu ini sekarang udah mulai dikenal sama wisatawan nusantara sampe mancanegara, ke-eksotis-an pulau ini jadi daya tarik tersendiri meskipun masih disebut pulau tersembunyi tapi gapernah sepi peminat banyak banget yang milih pulau Sumba buat jadi wishlist destinasi yang wajib banget didatengin buat liburan, gimana enggak? Pulau Sumba bener-bener menawarkan berbagai keindahan alam dimulai dari pantai/lautnya yang gak kalah sama pantai di luar negeri, aliran air terjun yang menyuguhkan pemandangan indah, hingga hamparan rumput yang luas yang sangat diidam-idamkan oleh banyak orang ditambah suasana yang masih kuno yang bikin jiwa-jiwa petualang kaya gue tertantang buat langsung terjun dan ngerasain semua destinasi disana dan bener-bener jadi daya tarik turis/wisatawan datang ke Pulau Sumba ini.

Beberapa List tempat yang pengen gue datengin setelah gue cari-cari dari beberapa web trip yang ngasih rekomendasi tempat, gue tertarik sama 5 tempat destinasi yang banyak banget bertebaran di beberapa web.

1. Laguna Weekuri

Laguna wekuri ini merupakan danau yang dikenal dengan sebutan danau malaikat, dan menjadi salah satu danau surga yang ada di Pulau Sumba. Daya tarik yang ditawarkan danau ini adalah keajaiban yang terjadi pada warna air yang berubah menjadi berwarna emas saat-saat matahari terbenam, gak kebayang kan indahnya pulau surga satu ini. Selain itu danau ini bisa buat berenang karena airnya yang dingin dan suasana yang sejuk cocok dengan keindahan alam disekitarnya pokonya disebutkan di danau ini kita kaya dapet harta terbaik di bumi deh!!!

(photo source: indonesia.tripcanvas.co)

2. Pantai Bawana

Pantai Bawana ini pantai yang menyuguhkan pemandangan batu karang yang berdiri megah dan kokoh di pesisir pantai. Hal yang jadi daya tarik disini adalah lengkungan batu karang yang unik berbentuk melingkar atau bulat sehingga menjadi spot foto yang estetik apalagi pada saat matahari terbenam. Terbayangkan sinar jingga yang menyorot masuk kedalam sela-sela batu karang tersebut menjadi perpaduan yang ciamik untuk mendapatkan foto yang estetik. Suara deburan ombak yang menhantam karang dipesisir pantai menjadi pelengkap ketika kita berada di pualu ini, ditambah pulau ini belum banyak di ketahui orang sehingga terasa seperti Private Beach.

(photo source: indonesia.tripcanvas.co)

3. Air Terjun Koalat (Desa Maidang)

Pada Pulau Sumba banyak sekali air terjun yang dapat kita kunjungi salah satunya adalah air terjun koalat yang terdapat di Desa Maidang. Air terjun ini sangat unik berbeda dengan air terjun yang lainnya. Susunan atau formasi bebatuan yang ada disini menjadikan aliran air terjun menjadi tenang dan menyegarkan pemandangan. Selain itu kita bisa berenang atau berendam pada muara dari air terjun koalat ini sehingga bisa langsung merasakan kesegaran dan kesejukan air terjun koalat ini.

(photo source: indonesia.tripcanvas.co)

4. Pantai Mangrove Walakiri

Salah satu pantai yang gak boleh dilewatin gue nih. Keunikan dari pantai ini adanya hutan magroove dan bakau kerdil yang jadi daya tarik layaknya kita berada di Hawai! yuhuuuuu belum lagi pasir putih yang lembut bikin jadi kolaborasi yang mantap nih saat ada di pantai Walakiri.

(photo source: indonesia.tripcanvas.co)

5. Bukit Wairinding

Ini nih salah satu alasan gue pengen banget ke Pulau Sumba. Hamparan hijau di bukit yang menajdi salah tempat yang sempurna buat ngilangin penat. Hijaunya bukit ini bisa banget buat nyegerin mata setelah perjalanan jauh yang ditempuh ditambah angin yang menyentuk kita dengan lembut membuat rasa santai semakin tearsa.

Bukit ini akan tetap hijau selama musim hujan pada bulan (November-Mei) dan akan menjadi hamparan emas yang tidak kalah indahnya pada musim kemarau (Juli-Oktober) so... kalian bisa milih datang ke Pulau ini pada musim apa dan bulan berapa.

(photo source: indonesia.tripcanvas.co)

Sumpah bikin pengen cepet bisa ke Pulau Sumba nih. Gak sabar banget pengen bikin ulasan dari pengalaman pribadi gue selama berada disana. Well, gue jadi punya motivasi buat cepet kelarin skripsi gue sembari gue ngumpulin duit nabung buat tambahan gue pergi kesana. Semoga suatu saat nanti wishlist destinasi yang gue bikin bisa terwujud!!!!!

Bubay.....

 

Penulis: Reva Nurvana Putri

Instagram: @varenptr

Twitter: @Repaaaaa

Press Enter To Begin Your Search
×