Loading...

pulau papua

Foto: Unsplash

Indonesia punya banyak pulau yang pesonanya nggak perlu diragukan lagi. Di timur Indonesia, tepatnya di Pulau Papua, memiliki keindahan alam dan budayanya yang sangat beragam. Nggak heran, kalau banyak wisatawan yang ingin pergi untuk menjelajahi pulau satu ini. Seperti apa sih pesona dari Pulau Papua ini? Yuk, simak ulasannya di bawah ini.

Pulau Papua dan Seribu Pesona Eksotisnya

Luas Pulau Papua secara kesuluruhan yaitu sekitar 786 ribu kilometer persegi. Dengan wilayah yang sangat luas, pastinya pulau satu ini menyimpan tempat-tempat yang eksotis dan menanti untuk kamu jelajahi. Ini dia beberapa pesona dari Pulau Papua yang bisa jadi referensi liburan terbaik kamu.

Pantai Bosnik di Biak Timur

pulau papua

Ilustrasi Foto: Unsplash

Jika dilihat pada peta Pulau Papua, pantai satu ini berada di Desa Woniki, Biak Timur, Numfor, Papua. Di Pantai Bosnik kamu akan dimanjakan dengan pasir putih yang masih sangat bersih dan air lautnya yang biru kehijauan. Kamu bisa berjemur sambil menikmati segarnya air kelapa muda yang langsung dipetik dari pohonnya.

Selain bisa berjemur di pantainya, kamu juga bisa berenang dan snorkeling sambil melihat terumbu karangnya yang cantik. Pantai ini punya sebutan lain juga, yaitu Pantai Segara Indah.

Danau Sentani, Jayapura

pulau papua

Foto: Unsplash

Salah satu danau yang terletak di Pulau Papua adalah Danau Sentani. Danau ini termasuk danau terluas dan menjadi andalan wisatawan yang ada di Papua.

Lokasi danau ini sangat mudah dijangkau karena dekat dengan Bandar Udara Internasional Sentani, Jayapura, hanya 15 menit saja. Danau ini punya keanekaragaman hayati yang beragam mulai dari flora dan faunanya.

Terdapat pohon matoa, pohon pinang, dan pohon kayu putih. Untuk faunanya sendiri ada berbagai jenis ikan, yaitu ikan nila, ikan pelangi merah, ikan tawas merah, dan ikan lohan.

Danau Sentani juga punya daya tarik lainnya yang bisa kamu kunjungi, seperti gugusan pulau, bukit Teletubbies, dermaga warna-warni, dan juga festival budayanya yang digelar setiap satu tahun sekali pada bulan Juni.

Gunung Carstensz

pulau papua

Ilustrasi Foto: Unsplash

Gunung Carstensz atau Jayawijaya termasuk ke dalam rangkaian pegunungan tertinggi di Indonesia di Pulau Papua. Gunung ini punya ketinggian 4884 meter di atas permukaan laut. Puncak dari gunung ini punya salju abadi yang menjadi daya tarik tersendiri bagi para pendaki.

Kalau punya skill mendaki, kamu bisa mencobanya. Siapa tahu, salah satu bucket list-mu yaitu mendaki puncak gunung ini.

Pesona alam yang satu ini nggak diperuntukkan bagi pemula. Nggak cuma cuacanya aja yang extreme, tapi biaya mendaki gunung ini juga sangat mahal. Selain itu, untuk sampai ke puncaknya, kamu harus menempuh perjalanan 7 hari.

Eits, hal itu nggak bikin kamu mundur kan? Tenang aja kamu masih bisa menabung dan juga mempersiapkan fisik untuk memuaskan jiwa petualangan kamu, kok!

Raja Ampat

pulau papua

Foto: Unsplash

Siapa yang nggak tahu tempat wisata ini? Raja Ampat sudah diakui keindahannya oleh para wisatawan lokal dan juga mancanegara. Raja Ampat punya 4 pulau besar yang mengelilingi, yaitu Waigeo, Misool, Salawati, Batanta, dan pulau-pulau kecil di sekitarnya.

Tempat ini juga punya keanekaraman laut yang nggak asing lagi di telinga. Saat menyelam di Raja Ampat, kamu akan banyak melihat penyu laut dan ribuan jenis ikan di laut ini.

Kalau kamu ingin snorkeling atau diving disarankan pada bulan Oktober dan November. Pada bulan ini, cuacanya sangat bagus dan juga air lautnya jernih. Nggak mau snorkeling atau diving? Kamu masih bisa menikmati pesona Raja Ampat lainnya, kok! Misalnya trekking di pulau-pulau kecil yang ada.

Taman Nasional Teluk Cendrawasih

rhincodon paus

Ilustrasi Foto: Unsplash

Taman Nasional Teluk Cendrawasih termasuk taman nasional dengan wilayah perairan terluas di Indonesia. Buat kamu yang suka wisata air, pastikan untuk mengunjungi tempat yang satu ini.

Ada banyak pulau yang terletak di teluk ini dengan lebih dari 500 spesies karang, surga banget bukan? Nah, daya tarik dari teluk ini yaitu rumah bagi ikan hiu paus (rhincodon whale) yang jinak. Mamalia ini cuma bisa ditemukan di 3 lokasi saja di Indonesia, lho, salah satunya di Taman Nasional Teluk Cendrawasih.

Kalau kamu ke sini bisa banget diving bersama bareng paus yang panjangnya hampir 18 meter ini. Tertarik?

Lembah Baliem

pulau papua

Foto: Unsplash

Suku di Pulau Papua yang tinggal di lokasi ini adalah Suku Dani, Suku Yali, dan Suku Lani. Lembah Baliem menjadi tempat tinggal bagi para suku asli Papua tersebut.

Lembah satu ini merupakan lembah di Pegunungan Jayawijaya yang punya suhu rata-rata 10 – 15 derajat celcius pada malam hari. Suasana di sini sudah pasti sangat sejuk karena berada di ketinggian 1600 mdpl dan juga dikelilingi pegunungan.

Setiap tahunnya di bulan Agustus, Lembah Balien selalu mengadakan festival budaya untuk memperkenalkan wisata Jayawijaya sekaligus mempertunjukkan atraksi kolosal perang antarsuku, pertunjukkan witawo dan pikon (alat musik tradisional), atraksi bakar batu (memasak tradisional), puradan dan sikoko (permainan anak), dan masih banyak lagi.

Sudah kebayang serunya liburan di sini kan?

Air Terjun Bihewa

pulau papua

Ilustrasi Foto: Unsplash

Nggak cuma pegunungan, pantai, danau, dan lembahnya aja yang terkenal. Salah satu keindahan Pulau Papua lainnya yaitu air terjun.

Air Terjun Bihewa terletak di perbatasan Nabire dengan waktu tempuh kurang lebih dua setengah jam perjalanan dari Bandara Douw Aturure.

Untuk sampai ke air terjun ini, kamu harus trekking selama 40 menit sampai ke puncaknya. Walaupun jalanannya sedikit licin dan terjal, nggak akan mengurangi antusias kamu saat sudah sampai dan menceburkan diri di air yang bersih dan jernih. Kamu juga akan takjub dengan derasnya air yang jatuh ke bawah.

Sudah tahu kan eksotisnya Pulau Papua seperti apa? Tinggal pilih aja dari destinasi di atas yang cocok untuk kamu. Jangan lupa untuk siapkan penginapannya, ya! Nah, untuk yang satu itu kamu bisa andalkan RedDoorz. Download aplikasi RedDoorz dan temukan penginapan di sekitar Pulau Papua!

Press Enter To Begin Your Search
×