Loading...

kota bandung

Foto: Pixabay

Nggak terasa bulan Ramadhan sebentar lagi tiba. Sebelum memasuki bulan puasa serta menahan lapar dan haus selama sebulan penuh kamu bisa puas-puasin wisata kuliner dulu. Kota Bandung terkenal dengan kulinernya yang legendaris dan menggugah selera. Wisata kuliner di Kota Bandung, Jawa Barat boleh banget dijadikan traveling penutup sebelum fokus ibadah di bulan Ramadhan. 

Puas Wisata Kuliner Legendaris di Kota Bandung

Ada banyak tempat makan legendaris di kota Bandung yang bisa kamu coba, dari makanan manis, gurih, hingga pedas. Untuk informasi lebih lengkap soal makanan legendaris di kota Bandung yang cocok banget buat wisata kuliner sebelum bulan Ramadhan, kamu bisa cek di bawah sini. 

Sumber Hidangan

kota bandung

Foto: Shutterstock

Restoran yang satu ini lokasinya dekat Alun-Alun Kota Bandung. Saat pertama kali menginjakkan kaki di Sumber Hidangan nuansa Bandung tempo dulu akan terasa sangat kental. Dari dekorasi serta macam-macam ornamen di Sumber Hidangan memang terlihat old school banget. Wajar aja, restoran ini sudah berdiri sejak tahun 1929, jadi buat kamu yang pengen ngerasain makan di tempat yang penuh sejarah kamu wajib banget datang ke sini!

Di sini menjual aneka makanan lokal maupun internasional. Ada bistik, nasi goreng, hingga yang namanya susah disebut seperti wiener schnitzel. Karena sudah ada sejak masa penjajahan dulu, tidak heran Sumber Hidangan punya banyak menu roti yang namanya agak asing di telinga orang Indonesia seperti suiker hagelslag, nesselrode, spons beschuit, krentenbrood, dan vruchten zandtaart.

Warung Kopi Purnama

Ini dia warung kopi yang paling legendari seantero Kota Bandung, namanya Warung Kopi Purnama. Berdiri sejak 1930 Warung Kopi Purnama selalu dipenuhi pengunjung dari para muda mudi hingga orang tua. Tempatnya yang vintage juga sukses menyedot perhatian anak muda masa kini untuk ngopi sambil berburu foto unik. 

Warung Kopi Purnama terkenal dengan sajian kopinya yang sudah melegenda. Roti srikaya biasanya jadi teman untuk menikmati secangkir kopi di sini. Ternyata selai srikayanya buatan sendiri, lho jadi perpaduan pahit dari kopi dan manis dari roti srikaya sangat pas di lidah. 

Roti Gempol

kota bandung

Foto: Shutterstock

Roti Gempol adalah roti bakar legendaris di Bandung yang sudah ada sejak tahun 1958. Untuk membuat menu roti bakar andalannya, Roti Gempol menggunakan roti gandum. Toko roti yang satu ini sangat sederhana namun selalu ramai dikunjungi para pembeli, bahkan tidak jarang kamu harus antre panjang untuk mendapatkan sepotong roti bakar. 

Ada dua macam roti yang bisa kamu pilih untuk dibuat menjadi roti bakar yaitu roti gandum dan roti putih. Untuk isianya juga bervariasi, lho. Buat kamu yang suka manis kamu bisa pesan roti bakar dengan isian cokelat dan aneka selai. Sedangkan buat kamu yang suka gurih kamu bisa request isian keju, daging, telur, dan keju. Karena buka sampai jam 9 malam, Roti Gempol bisa kamu jadikan wisata kuliner malam sambil menikmati suasana Kota Bandung malam hari. 

Mie Naripan

Tempat makan mie ini sudah berdiri sejak 1965 dengan mie yamin sebagai menu andalannya. Dari luar warung mie ini memang terlihat biasa saja, tapi siapa sangka Mie Naripan sudah dikenal luas selama puluhan tahun. Saat masuk ke dalam warung tidak banyak hiasan dinding yang akan kamu temui kecuali beberapa gambar dan kalender Cina. Tempat duduk untuk para pengunjung pun sangat sederhana. 

Suasananya yang sederhana tapi ikonik serta rasa mie yang kelezatannya tak lekang waktu lah yang berhasil membawa banyak orang untuk datang kemari. Mie yamin di Mie Naripan biasanya dihidangkan dengan topping tambahan yang bisa kamu pilih dari bakso, pangsit, babat, sampai keju. Porsinya juga cukup banyak lho jadi pas banget buat kamu yang makannya banyak. 

Meskipun namanya warung mie, tapi Mie Naripan juga punya menu lain selain mie seperti bakso kuah, nasi dan berbagai lauknya, nasi goreng, hingga bubur ayam.  

Wisata Kota Bandung sambil kulineran cocok banget jadi pilihan liburan menjelang bulan Ramadhan. Momennya juga pas banget nih sama libur panjang jadi kamu punya waktu lebih buat berwisata di Bandung. Biar liburan makin puas dan nggak bikin dompet jebol, kamu bisa pilih penginapan yang harganya terjangkau namun tetap berkualitas dan terjamin kebersihannya. 

Pilih hotel RedDoorz menjadi akomodasi andalan selama perjalanan. Ada banyak pilihan RedDoorz hotel di Bandung yang sesuai dengan tujuan perjalanan kamu. Sebelum memulai wisata kuliner di Kota Bandung, pastikan kamu sudah booking hotel RedDoorz Bandung. Liburan jadi lebih simple dan hemat bersama RedDoorz

Press Enter To Begin Your Search
×