Loading...

new zealand

(Foto: Dokumentasi Pribadi)

New Zealand adalah salah satu destinasi terbaik di dunia, dengan danau terjernih yang bisa dilihat hingga kedalaman 80 meter, populasi domba yang mencapai 9x lebih banyak dari manusia, dan pemandangan dramatis yang menjadi setting film populer seperti Lord of the Rings dan Wolverine. Itulah alasan yang membuat New Zealand menjadi destinasi impianku.

Kalau ditanya apa hal yang mau aku lakukan buat hidup sehidup-hidupnya, jawabannya adalah bertualang. Sekitar 10 tahun lalu, aku menulis sederet impian petualangan di selembar kertas yang suatu hari ingin kucapai, mulai dari mendaki gunung hingga skydiving. Siapa yang menyangka bahwa bertahun-tahun kemudian — dengan segala usaha dan suatu keberuntungan — aku berhasil mencentang 3 hal sekaligus di destinasi impianku.

List pertama yang berhasil tercentang adalah road trip dengan pemandangan alam

Sepanjang perjalanan selama di Pulau Selatan, kamu bisa menikmati pemandangan danau dan pegunungan yang nggak ada habis-habisnya. Perjalanan antarkota yang bisa memakan waktu 3 jam pun nggak terasa karena selalu ada yang bisa dilihat sambil terkagum-kagum. Rute yang paling tak terlupakan adalah saat aku dan teman-teman berkendara di Milford Road. Jalan sepanjang 120km ini sering disebut sebagai salah satu jalan raya dengan pemandangan paling dramatis di dunia.

Hujan dari malam hingga pagi menyisakan kabut tebal yang perlahan menghilang, membuka ruang bagi lekak-lekuk cantik pegunungan yang membuat kami merinding saking kagumnya. Nggak diragukan, pemandangan pagi itu adalah salah satu pemandangan terbaik yang pernah kulihat.

(Foto: Dokumentasi Pribadi)

List kedua adalah memijakkan kaki di gletser atau es abadi 

Hidup di negara tropis yang suhu udaranya tinggi, aku selalu penasaran bagaimana rasanya berjalan di atas salju, apalagi gletser. Kakiku gemeteran mulai dari saat helikopter mendarat di es hingga saat aku mencoba melangkah di Franz Josef Glacier yang berada di ketinggian 3.000 mdpl. Menggunakan perlengkapan mendaki sewaan yang terdiri dari sepatu bergerigi besi, tongkat, jaket tebal, dan celana anti air, kami berjalan di permukaan yang terasa seperti es serut padat hingga merangkak di terowongan es yang sempit. Seluruh pengalaman yang kualami di sini terasa seperti sedang berada di film petualangan yang mengagumkan dan penuh kejutan.

List ketiga dan yang paling membuatku bangga pada diri sendiri adalah terjun payung

Sebagai seseorang yang takut ketinggian, melompat dari pesawat di ketinggian 4.500 meter dengan kecepatan 200km/jam tentunya adalah pengalaman yang nggak akan pernah terlupakan. Melihat pemandangan awan, pegunungan, dan danau dari sudut pandang yang ekstrem membuat pengalaman ini makin menegangkan. Akibat kecepatan terjun yang tinggi dan angin yang cukup kencang, aku pun jadi masuk angin demi mencentang bucket list ini. Tapi, tentunya sepadan dengan pengalaman terjun bebas dan keberanian yang terkumpul buat menghadapi hal yang kutakuti.

(Foto: Dokumentasi Pribadi)

Kalau destinasi impianmu adalah New Zealand, ada beberapa tips supaya perjalananmu makin nyaman dan berkesan:

  • Pilih musim sesuai aktivitas yang kamu inginkan. Misalnya, datang saat musim panas atau musim gugur kalau kamu mau banyak hiking dan beraktivitas outdoor, atau musim dingin kalau kamu mau bermain ski dan melihat cahaya aurora (Southern Lights).

  • Sebagian besar tempat-tempat populer di New Zealand memiliki rute berkendara dan jalan kaki yang mudah buat dilewati. Tapi meskipun enggak perlu banyak mendaki atau melewati medan esktrem, siapkan sepatu dan jaket yang nyaman supaya kamu selalu siap menghadapi berbagai jalur dan cuaca yang di luar dugaan.

Penulis: Viona Legoh

Cropped fav logo@2x
Press Enter To Begin Your Search
×