Loading...

(photo source: pixabay.com)

Lombok merupakan salah satu tempat yang menjadi destinasi impian setiap orang. Begitu juga aku. Lombok menjadi salah satu travel list aku sejak lama. Hingga saat ini belum terealisasikan. Kenapa? Karena ada beberapa alasan dan halangan sehingga aku melewatkan indahnya pesona Lombok.

Jadi, awal tahun kemarin, tepatnya bulan Februari 2020. Salah seorang temanku mengajak untuk traveling ke Lombok. Dia melakukan perjalanan bersama travel blogger lainnya. Perjalanan dilakukan selama lebih kurang 7 hari.

Kala itu temanku mengajak diwaktu yang kurang tepat. Dijadwal mereka berangkat aku tidak bisa ambil cuti, karena aku baru saja mengambil cutiku di tanggal yang lain. Ah, sangat disayangkan.

Dan ada sedikit penyesalan bagiku, aku sudah melewatkan indahnya pesona Lombok. Destinasi yang mereka kunjungi memiliki pesona yang berbeda-beda. Dan sangat menyenangkan serta menenangkan untuk dinikmati. Aku hanya mampu menikmati melalui sebuah potrait yang dikirimkan temanku.

Beberapa destinasi menarik yang mereka kunjungi, diantaranya:

Bukit Marese, Lombok

Jika kamu ingin menikmati indahnya sunset dan sunrise, Bukit Marese lah tempat yang cocok untuk dikunjungi. Bukit Marese terletak di Jl. Kuta Lombok, Kuta, Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Dari Bandara Internasional Lombok menuju Bukit Marese akan memakan waktu sekitar 40 menit. Keindahan alam Bukit Marese dapat dinikmati dengan mendaki terlebih dahulu. Dan usahakan jangan datang dimusim hujan. Karena jalannya akan sangat licin. Saat ini, untuk akses ke Bukit Marese pun terbilang sudah bagus dan aman.

Bukit Marese pun dikenal dengan Bukit Cinta. Karena mampu membuat pengunjungnya menjadi jatuh cinta dengan keindahan alamnya. Tiket masuknya pun kamu hanya membayar parkir saja, untuk motor sebesar Rp5 ribu dan mobil Rp10 ribu.

Sade Village, Lombok

Perjalanan mereka tidak hanya menikmati keindahan pesona alam Lombok saja. Namun juga mempelajari adat budaya yang ada di Desa Sade, Lombok. Desa Sade dikenal dengan desa tradisional Lombok yang terkenal dengan gubuk anyaman tinggi, pedagang tekstil & pertunjukan jalanan. Terletak di Rembitan, Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Dari Bandara Internasional Lombok, lokasi Desa Sade hanya berjarak sekitar 30 menit saja. 

Desa ini masih ditempati oleh suku asli Lombok yaitu Suku Sasak. Sehingga kamu bisa melihat dan mengamati kebudayaan asli seperti pakaian adat, rumah, bahasa serta tradisi adat dari Suku Sasak. Itu sebabnya Desa Sade merupakan destinasi yang tepat untuk kamu mempelajari budaya adat suku asli Lombok.

Disini kamu juga bisa belajar untuk menganyam kain songket khas Lombok langsung dari pengrajinnya. Tak sedikit pengunjung mengambil kesempatan ini untuk mempelajari cara menganyam. Dan kainnya pun sangat cocok sebagai oleh-oleh khas dari Lombok. Tidak hanya keindahan alam pesona Lombok, namun keunikan budayanya pun menjadi daya tarik wisatawan. Sangat menarik sekali, yah!

Gili Trawangan

Destinasi yang satu ini merupakan juga destinasi yang wajib untuk kamu kunjungi apabila ke Lombok. Gili Trawangan merupakan salah satu gili atau pulau-pulau kecil yang ada di sekitar Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Untuk menuju Gili Trawangan, kita harus menyebrang terlebih dahulu melalui Pelabuhan Bangsal (yang banyak digunakan oleh traveler lainnya, dengan alasan sangat mudah di jangkau karena banyak transportasi umum menuju pelabuhan ini).

Biaya yang dikeluarkan apabila menggunakan public boat sebesar Rp15 ribu. Kamu juga bisa menggunakan speed boat, dengan harga yang berbeda tentunya, hihi.

Gili Trawangan memberikan pesona keindahan alam pantai yang tak kalah dengan pesona pantai yang ada di Bali. Dan di sini pun kamu bisa menyewa sepeda sehingga kamu memiliki kesempatan untuk mengelilingi seluruh pulau ini.

Di Pantai Gili Trawangan, kamu juga bisa melakukan snorkling, berenang dan diving. Pasir nan putih, biru lautan yang bersih serta udara yang sejuk. Merupakan tempat yang sangat cocok untuk kita merelasaksi tubuh dari rutinitas yang membosankan. Oleh sebab itu, jika kamu traveling ke Lombok, jangan sampai melewatkan keindahan alam Gili Trawangan ini.

Nah, itulah beberapa tempat yang wajib kamu kunjungi saat melakukan perjalanan ke Lombok. Yang merupakan pesona Lombok yang aku telah ku lewati. Sekarang, nyesel? Ya, tentunya. Aku berharap memiliki kesempatan untuk menikmati keindahan pesona Lombok secara langsung. Mungkin belum sekarang, bisa saja nanti.

Kamu bagaimana? Tertarik juga, kah?

 

Penulis: Amalya Ova

Instagram: Ovaa.forlendy

Facebook: Amalya Ova Forlendy

 

Cropped fav logo@2x
Press Enter To Begin Your Search
×