(photo source: pixabay.com)

Melakukan perjalanan merupakan kegiatan yang dapat dijadikan cerita agar bisa dibagikan ke semua orang.  Sebelum memulai perjalanan ke kota atau negara manapun, pastikan mempunyai daftar tempat wisata,kuliner dan jangan sampai ketinggalan daftar tempat spot foto yang nanti setelah selesai perjalanan dapat dibagikan ke feeds instagram.

Begitupun dengan saya, cerita ini merupakan perjalanan impian saya menelusuri 7 kota di Indonesia, yaitu Bandung, Solo, Yogyakarta, Banyuwangi, Bali, Lombok dan diakhiri di Labuan bajo dalam waktu 14 hari. Dalam isi cerita ini saya akan jelaskan keinginan saya saat berada di kota tersebut. Perjalanan impian saya ini, saya menggunakan transportasi darat dan laut untuk menelusuri 7 kota di Indonesia. Kenapa saya menggunakan transportasi darat dan laut? Karena menggunakan transportasi darat dan laut, saya dapat berkenalan dengan orang baru, melihat suatu tempat yang bagus tidak terduga dan pengalaman-pengalaman baik atau buruk saat perjalanan.

Kota pertama adalah Bandung. Kota sejuk dan surganya makanan enak tersedia di Bandung. Di kota ini saya hanya ingin berkuliner malam yang hits di kota Bandung. Mungkin sebagian orang yang sudah ke Bandung sudah mencicipi makanan ini, tapi bagi saya atau yang belum pernah mencicipi akan penasaran dengan makanan yang hits di kota Bandung.

Berikut 3 makanan yang saya akan cicipi selama di kota Bandung. Sebelum memulai makanan yang mengenyangkan, saya awali dengan makanan pembuka yaitu perkedel bondon. Beralamat di jalan stasiun timur No.14 Kb. Jeruk, kec. Andir ini memiliki cita rasa yang khas. Tempat makan ini dibuka mulai pukul 11 malam. Setelah itu, saya berlanjut untuk makan yang lebih mengenyangkan yaitu nasi kuning pungkur. Beralamat di jalan pungkur sebelum pertigaan jalan moch. Ramdhan dan pasar ancol. Nasi kuning pungkur dibuka mulai pukul 8 sampai dengan subuh.Terakhir sebagai makanan penutup, saya akan mencicipi wedang ronde alkateri. Beralamat di jalan cibadak, mulai buka pukul 6 sore sampai jam 12 malam. Dinginnya kota Bandung, sangat cocok mencicipi wedang ronde alkateri karena akan menghangatkan tubuh.

Setelah selesai satu hari kuliner malam di kota Bandung, saya akan langsung berangkat ke kota Solo menggunakan bus atau kereta api. Di kota ini saya ingin berwisata melihat bangunan kota Solo yang bersejarah dan juga kearifan budaya kota Solo. Tempat pertama adalah benteng Vastenburg peninggalan jaman kolonial Belanda, dulu digunakan sebagai tempat mengontrol dan mengawasi pemerintahan keraton Surakarta. Bangunan yang identik dengan jaman dulu, menjadikan tempat ini sebagai tempat untuk berfoto karena banyak spot-spot yang bagus.

(photo source: travel.okezone.com)

Berlanjut ke tempat selanjutnya, bunker bala kota Surakarta. Bunker yang dulu dijadikan tempat persembunyian dari serangan udara Jepang, kini diubah oleh pemkot Solo untuk tempat wisata. Banyak tempat spot foto yang menarik, membuat saya tertarik untuk berkunjung ke sini. Saat sore hari, saya akan menuju ke pura Mangkunegaran. Tempat yang asri dan sejuk karena banyak pepohonan, sangat cocok untuk menikmati senja. Di pura Mangkunegaran, bisa menggunakan jasa tour guide untuk melihat dan mengetahui lebih dalam dari pura Mangkunegaran. Malam tiba, menuju ke keraton kasunanan Surakarta. Di tempat ini selain bangunan yang kental dengan budaya Solo, di sini bisa mendapatkan informasi tentang sejarah keraton kasunanan. Malam hari waktu yang cocok mengunjungi keraton kasunanan Surakarta karena banyak lampu yang menerangi membuat keraton lebih indah,  Jangan lupa cari spot foto yang menarik, agar bisa di bagikan di feed instagram.

Setelah selesai satu hari mengelilingi kota Solo yang syarat dengan sejarah dan budaya, selanjutnya pagi hari saya akan menuju kota Yogyakarta. Walaupun sudah sering ke Yogyakarta, Yogyakarta merupakan kota kenangan yang wajib di kunjungi kembali. Di Yogyakarta saya hanya mengunjungi tempat-tempat yang dulu saya pernah datangi, untuk bisa mengenang kembali kenangan yang dulu terjadi.

Malam pertama, saya akan menikmati kota malioboro. Saya hanya berjalan menikmati ramainya malioboro, sambil memotret hal-hal yang menarik dan pas di jadikan kenangan. Setelah lelah saya berjalan menelusuri kisaran malioboro, saya tidak lupa untuk duduk di bangku taman dan menikmati kerlap-kerlip serta ramainya kisaran malioboro. Saat 1 dini hari tiba, saya akan mendatangi satu restaurant seafood yang berada di kisaran malioboro. Menikmati makanan pinggir jalan akan ada iringi lagu-lagu dari pengamen jalanan, membuat saya mengingat kenangan dulu saya bersama keluarga. Tempat yang sama akan menimbulkan memori bersama keluarga itu kembali, yang membedakan ini impian perjalanan saya lakukan sendiri.

Keesokan pagi, saya akan berwisata ke daerah Mangunan. Tempat pertama yang cocok di pagi hari adalah kebun buah Mangunan. Di tempat ini saya menikmati kebun buah yang sejuk dan asri. Melihat pemandangan yang indah dan juga memotret pemandangan yang indah. Dulu saya dan keluarga  mengunjungi tempat ini, berusaha untuk bangun pagi agar bisa menyaksikan sunrise tetapi saya dan keluarga bangun kesiangan akhirnya hanya menikmati pemandangan indah tanpa ada sunrise. Impian perjalanan saya ke sini, saya akn berusaha bangun pagi untuk bisa melihat sunrise.

Selanjutnya saya akan ke hutan pinus Mangunan. Dulu saya ke hutan pinus Mangunan, saya terpesona akan pohon pinus yang tersusun dengan rapi. Dulu bersama keluarga mencari spot foto terbaik dengan pemandangan hutan pinus dan matahari yang setengah menutup atau bisa dibilang bayangan. Perjalanan impian saya akan ulangi sama persis yang saya akan lakukan bersama dengan keluarga saya.

Sore hari, saya akan menikmati candi Borobudur. Di sini saya akan menikmati sambil melihat menunggu matahari terbenam. Dulu saat saya dan keluarga mengunjungi candi borobudur pada sore hari juga. Saya dan kelurga berlomba menuju puncak candi borobudur. Saya akan melakukan hal yang saat perjalanan ini terwujud. Berusaha mencapai puncak candi borobudur. Malam hari, saya langsung berangkat kembali menuju ke kota Banyuwangi menggunakan kereta api.

Banyuwangi adalah kota dengan pantai yang indah, tempat blue fire terbaik di Indonesia dan juga savana seperti berada di Afrika. Tempat yang saya akan kunjungi pertama kali adalah taman nasional savana Baluran. Di taman nasional savana Baluran, saya akan menikmati pemandangan luas dan indah seperti halnya di Afrika. Saya akan bermain dan memberi makan untuk rusa-rusa yang berkeliaran bebas di taman, jangan lupa cari spot-spot foto terbaik untuk di abadikan.

(photo source: fajarindonesianetwork.co.id)

Selanjutnya, saya akan bermain air di pantai teluk hijau.  Bermain air di teluk hijau sangatcocok. Hamparan laut yang berwarna hijau, membuat saya terpesona akan alam Indonesia. Di sini saya akan duduk di pasir menikmati suara air laut dan memandangi ombak air laut. Wisata selanjutnya, saya akan ke bansring underwater. Di wisata ini saya akan snorkelling, melihat keindahan bawah laut. Tempat terakhir adalah kawah ijen. Blue fire nya Indonesia ini berada di kawah ijen, saya akan melakukan penanjakan sampai puncak kawah ijen. Dimulai pada pukul dua pagi, saya akan mulai melakukan penanjakan menuju puncak kawah ijen.

Setelah lelah berolahraga dan berwisata di Banyuwangi, kota selanjutnya dijuluki dengan kota yang dipenuhi wisatawan asing,  Kota tersebut adalah Bali. Saya akan menggunakan kapal dari pelabuhan ketapang. Sesampainya  Di kota Bali, saya akan mulai mengungjungi ke garuda wisnu kencana. Di tempat wisata ini, saya akan menunggu untuk menyaksikan tari kecak yang sudah diadakan setiap harinya. Berlanjut menikmati kembali keindahan pantai, saya akan menuju ke pantai kuta.

Pagi hari saya akan menuju ke pelabuhan sanur untuk menuju ke kota Nusa Penida. Di Nusa Penida, saya akan menikmati keindahan dari pantai Nusa Penida yaitu pasih ugu, raja lima, angel’s billabong,pantai kelingking, saya akan juga melakukan diving di crystal bay dilanjutkan berenang bersama ikan pari.

Setelah lelah menelusuri kota Nusa penida, saya akan kembali ke Bali. wisata pertama di Bali adalah Monkey forest ubud. Di sini saya akan bermain bersama monyet yang di sekitaran tempat wisata dan juga menikmati keindahan yang terdapat di sini. Selanjutnya saya akan berburu oleh-oleh di pasar seni Ubud, di sini saya akan membelikan oleh-oleh hasil kerajinan dari warga Ubud untuk keluarga, teman-teman dekat dan teman-teman kerja. Sore hari, saya akan mengunjungi pomegrnate cafe, di sini saya akan menikmati hamparan sawah yang hijau sambil memesan kopi dan snack yang tersedia di cafe ini. Setelah selesai tiga hari mengelilingi kota Bali, selanjutnya ke kota Lombok. Saya akan menggunakan kapal sebagai alat transportasi. Dari pelabuhan Padang Bai Bali menuju pelabuhan Lembar Lombok.

Hari pertama di kota Lombok, saya akan mengunjungi bukit Pergasingan. Di sini saya akan menikmati hamparan sawah dan juga panorama dari gunung rinjani dari atas bukit. Saya akan juga menguji diri saya untuk mencoba paralayang untuk mengitari bukit pergasingan. Setelah menguji nyali menaiki paralayang dan menikmati dari hamparan sawah, selanjutnya saya akan menuju air tejun Mangku Sakti. Saya akan ke sini siang hari, air terjun Mangku sakit yang segar apabila saya berendam sangat cocok dengan udara panas siang hari. Setelah menikmati air yang sejuk, menjelang sore saya akan menuju Batu Payung Tanjung Aan.  Di sini saya akan menikmati sore hari dan juga turunya matahari sambil melihat batu besar yang seperti melayang. Hari kedua di kota Lombok, saya akan mengunjungi kepualauan gili. Saat pagi hari saya akan berada di Gili Trawangan, selanjutnya siang hari menuju Gili Air dan terakhir sore hari hingga malam hari Meno.

Pagi hari masih di Gili meno, saya langsung menuju ke kota terakhir yaitu Labuan bajo. Saya akan menggunakan kapal, dari pelabuhan Lembar menuju ke pelabuhan Bajo. Hari pertama di Labuan bajo, saya akan mengunjungi pulau Kanawa. Di sini saya akan menikmati air yang sebening kaca dan terumbu karang yang sangat eksotis. Lalu ke tempat selanjutnya adalah Goa Rangko. Di Goa Rangko saya akan merasakan berenang di bawah goa. Hari kedua di Labuan Bajo, saya akan menikmati keindahan pulau padar, pulau rinca dan pantai pink, banyak orang yang mengingkan ke sini termasuk saya.

Selesai sudah cerita perjalanan impian saya ke 7 kota dalam waktu 14 hari. Dimulai dari kota Bandung satu hari. Kota solo satu hari dan di lanjut ke kota Yogyakarta 2 hari. Dari Yogyakarta menuju Banyuwangi. Di kota Banyuwangi dua hari, lalu ke kota bali tiga hari. Selanjutnya Lombok dua hari dan di tutup dengan Labuan bajo dua hari. Semoga perjalanan impian saya ini tercapai, Aamiin !! Doakan ya semua, Terima kasih