Loading...

Sumber: www.unsplash.com

Perkenalkan nama saya Fajar Nugraha, asal Surabaya, Jawa Timur. Saya penyuka travelling tapi baru menjalankan travelling ke luar negeri tahun 2018 setelah mendengarkan cerita dari seorang teman waktu acara ulangtahun suatu grup backpacker di Surabaya. Kenapa saya baru mulai travelling sejak bekerja? Dikarenakan baru bisa membiayai biaya perjalanan dari gaji saya yang tak seberapa, hehehe.

Sayapun kalau bepergian tidak pernah lebih dari lima hari dan dengan bujet yang minimalis tentunya, karena di tempat saya berkerja tidak diberikan cuti jadi saya bepergian hanya jika libur dan atau weekend, ya walau ada juga yang tanpa alasan. Saya tidak punya target atau bucked list negara yang harus saya kunjungi. Hanya mengikuti kemana ada tiket pesawat promo membawa saya terbang.

Bagi saya setiap perjalanan itu meninggalkan kesan karena semua tidak ada yang sama kalau mengingat lirik lagu. Negara yang telah saya kunjungi diantaranya Singapura, Malaysia, India dan Kamboja. Untuk Malaysia selain di pusat kota, saya juga pernah ke Melaka, tapi dari beberapa perjalanan saya yang paling berkesan adalah ke negara India dan Kamboja, di dua negara itu saya mengunjungi salah satu keajaiban dunia yang ada di negara tersebut. Karena bisa melihat satu dari keajaiban dunia adalah berkah dan rezeki yang berlimpah, Alhamdulillah.

Baiklah, tempat pertama yang paling berkesan untuk saya adalah ketika saya pergi ke negara India pada tahun 2018. Saat pergantian tahun ke 2019 selama lima hari saja. Awal mula perjalanan saya itu pada pertengahan 2018 saya menerima informasi dari salah grup satu sosmed kalau ada tiket promo Jakarta India PP hanya Rp2,5 juta saja, bayangkan Rp2,5 juta sudah sampai India. Proses mendapatkan tiket promopun sangat cepat karena yang namanya tiket promo tidak pernah ada kesempatan kedua dan dengan kecepatan cahayapun bisa habis, hehehe lebay ya.

Selanjutnya adalah proses mendapatkan Evisa yang juga dikoordinir oleh salah satu teman saya itu, karena kami open trip dan Alhamdulillah ada yang berpengalaman dalam mengurus Visa dan hotel dan transportasi di sana yang kalau ditotal habis Rp5,5 juta. Perjalanan saya Surabaya ke Jakarta dilanjut ke India. Banyak tempat indah dan megah saya kunjungi di India makanan pun tak lupa saya coba walaupun kurang cocok dengan lidah saya karena makanan di negara India bercita rasa rempah kari yang sangat kuat di setiap masakannya.

Saya juga mencoba street food yang berbentuk seperti bola pingpong yang tengahnya bolong dan diberi kuah, sangat unik dan menarik. Singkat kata sayapun bisa melihat Taj Mahal, di Agra, India. Satu dari sekian keajaiban dunia yang sangat indah dan megah.

Sebuah makam dan monumen cinta yang dibangun oleh Shah Jahan teruntuk istri tercintanya Mumtaz Mahal, sebagai pengingat akan meninggalnya istri ketiganya setelah melahirkan anak ke-14 mereka di tahun 1631 yang semua bagiannya dibangun dengan material mewah yang sebenarnya adalah sebuah kuil Hindu. Akan tetapi, saat ini difungsikan sebagai tempat wisata dan masjid. Bangunan Taj Mahal sangat indah dan megah konon warnanya bisa berubah sesuai mood yang diakibatkan oleh pantulan cahaya matahari di dindingnya yang terbuat dari marmer berwarna putih.

Tempat berikutnya yang berkesan yang pernah saya kunjungi di India adalah Amber Palace, yang merupakan sebuah istana atau benteng yang terletak di perbukitan di Jaipur yang juga dibangun oleh kaisar Shah Jahan, betapa indah dan megahnya istana itu, sangat luas dan tidak bisa dikunjungi hanya dalam waktu satu hari.

Negara kedua yang berkesan dalam perjalanan saya adalah Kamboja karena saya bisa melihat Angkor Wat yang agung. Perjalanan saya ke Kamboja juga dengan tiket pesawat promo dengan rute Jakarta Kamboja transit di Bangkok Thailand yang memakan biaya sebesar hanya Rp2,7 juta pergi pulang saja dengan tanpa Visa.

Angkor Wat adalah sebuah candi yang terletak di Siem Reap, Kamboja. Dari pusat kota Kamboja saya menuju ke Siem Reap dengan menggunakan night sleeper bus ,jadi sekalian saya menghemat biaya menginap. Sleeper bus berjalan sekitar enam jam perjalanan, begitu nyaman dan aman karena posisi duduknya bisa rebahan dan bisa tidur sepanjang perjalanan jadi bisa merasa segar sampai di tempat tujuan.

Angkor Wat adalah sebuah kompleks candi yang juga merupakan suatu monumen keagamaan terbesar di dunia yang dibangun pada akhir abad ke 12 oleh Raja Suryawarman II  tempatnya sangat luas seluas 163 Ha dan seharusnya tidak bisa dikunjungi dalam satu hari saja karena di dalamnya banyak terdapat candi yang sayang jika tidak dikunjungi.

Demikian sekelumit kisah perjalanan saya yang paling berkesan, semoga dapat menginspirasi pembaca untuk dapat bertualang dengan biaya minimal tapi kesan maksimal dan mendalam, karena buat saya bertualang itu juga baik untuk kesehatan jiwa. Mungkin uang yang dihabiskan bisa dicari kembali akan tetapi kisah dan atmosfernya tidak tergantikan dan tidak terbeli oleh apa pun.

 

Nama Penulis: Fajar Nugraha

Instagram: www.instagram.com/fajarnugraha631/

Twitter: www.twitter.com/nugraha_00

Facebook: Fajar Nugraha

Press Enter To Begin Your Search
×