www.unsplash.com

Hai semuanya...

Bagaimana kabar kalian? Aku harap kalian sehat selalu dan bahagia ya . Oh ya, aku ingin sedikit bercerita tentang pengalaman berkunjung ke kota solo.  Dua tahun lalu aku pernah mengunjungi kota solo ,saat itu aku sedang mengikuti acara study tour yang diadakan sekolah ku. Sebelumya aku tidak pernah pergi jauh apalagi sampai menginap jadi aku sangat excited saat diadakan study tour karena ini pengalaman pertamaku pergi jauh tanpa orang tua dan sebenarnya aku menyukai tempat baru-baru apalagi bisa menikmati  pemandangan alam. Sudah dari jauh-jauh hari aku mencari informasi dari internet tentang destinasi yang akan dikunjungi dan tempat jajanan populer disana dan aku rasa itu dapat membantuku selama disana. Oh ya, acara study tour sekolah ku diadakan selama 4 hari tapi dipotong 2 hari untuk perjalanan pulang-pergi jadi kami hanya stay 2 hari disolo. Aku & teman-teman ku berangkat ke kota solo dini hari sekitar jam 3 pagi agar tidak terjebak macet nantinya ,aku sangat menikmati perjalanan menuju kota solo karena aku dapat melihat pemandangan hijau pegunungan dalam perjalanan yang kami lalui atau melihat sunrise dipagi hari.

Sumber: www.merdeka.com

Oh ya aku sampai di kota solo pada sore hari sekitar jam 4 sore dan menginap disalah satu hotel dekat sekali dengan sungai Bengawan solo, setelah acara pembagian kamar dan teman satu kamar, aku pun langsung bersih-bersih dan beristirahat karena aku sudah merencanakan untuk melihat pemandangan sungai Bengawan solo pada malam hari.  Saat malam hari aku dan  teman-teman pergi menikmati pemandangan sungai Bengawan solo di bendungan Tirtonadi.  Suasana di sana sangat menyenangkan saat lampu-lampu yang menghiasi jembatan dinyalakan dan itu membuat pemandangan bertambah indah, pengunjung yang datang kesana juga cukup ramai , dan disana ada beberapa spot foto bagus.

Sumber: www.jajanjajanhemat.com

Aku rasa akan sangat menyenangkan jika  berolahraga saat pagi hari disekitar bendungan Tirtonadi sembari menikmati pemandangan sekitar tapi ternyata aku bangun kesiangan dan  menurut jadwal acara aku harus pergi menuju destinasi air terjun Grojogan Sewu dan candi Sukuh , aku menikmati pemandangan alam saat menuju air terjun Grojogan Sewu walaupun harus melewati Medan yang curam tapi semua itu terbayar setelah aku sampai di air terjun Grojogan Sewu karena suasana alam disana sangat menyenangkan, ada pemandangan alam yang asri , pepohonan yang rimbun, ditambah suara gemercik air terjun dan dinginnya air terjun mampu membuat ku bersemangat kembali setelah perjalanan.

Oh ya disana ada banyak monyet-monyet berkeliaran tapi tenang saja mereka tidak menganggu kok bahkan kita bisa mengajak monyet-monyet liar itu berfoto bersama asal saat disana kita jangan membawa kantong kresek, makanan ataupun minuman karena monyet-monyet itu akan berlari mengejar .

Sebenarnya setelah dari air terjun Grojogan Sewu , kami akan pergi ke destinasi selanjutnya yaitu candi Sukuh tapi karena saat itu kondisi tubuh ku sedang tidak fit makannya aku tidak ikut kesana dan  menunggu ditempat sewa mobil yang akan kami gunakan sedangkan teman-teman lainnya melanjutkan perjalanan melalui mobil yang lebih kecil karena Medan perjalanan menuju candi Sukuh tidak memungkinkan untuk menggunakan bis besar. Setelah seharian berjalan-jalan kami pulang ke penginapan untuk beristirahat dan packing barang karena besok kami akan pulang ke Jakarta tapi sebelumnya kami akan pergi ke keraton Surakarta dan  pasar Klewer. Keesokan setelah sarapan pagi kami langsung check out hotel dan melanjutkan perjalanan menuju keraton Surakarta.

Aku merasa senang saat berada di keraton Surakarta karena disana aku bisa mengenal kebudayaan Jawa, melihat kereta keraton, melihat foto raja yang berkuasa dan koleksi lainnya . Oh ya, di area keraton ada tempat untuk membeli cinderamata dan  didepan keraton juga ada beberapa pedagang makanan atau minuman jadi bisa sekalian mencoba makanan atau minuman khas solo. Disana juga ada beberapa becak yang bisa kita gunakan dan harganya juga tidak mahal.

Setelah dari Keraton Surakarta , aku dan lainnya pergi berburu oleh-oleh ke pasar Klewer yang letaknya gak jauh dari Keraton Surakarta, kita bisa menggunakan becak yang ada disekitar Keraton Surakarta untuk pergi ke pasar Klewer.

Sumber: www.pariwisatakotasolo.surakarta.go.id

Dipasar Klewer ada banyak oleh-oleh yang bisa kita beli , disana aku membeli banyak oleh-oleh karena harga barang ataupun makanan disana juga terjangkau dengan barang yang berkualitas dan pedagang yang berjualan disana juga sangat ramah terhadap pembeli , ah aku sedikit menyesal karena tidak membeli tas-tas disana karena aku sudah kebanyakan belanja padahal tasnya bagus dan harganya pun murah tapi gak papa mungkin lain kali aku akan kembali ke kota solo dan membeli tas-tas itu.

Sampai disini dulu ya cerita kali ini. Maaf ya kalau tulisannya banyak typo dan semoga kalian suka dengan tulisan ini.