Loading...

pantai parangtritis

Foto: Shutterstock

Keindahan Pantai Parangtritis di Yogyakarta memang nggak perlu diragukan lagi, namun selain pesona mitos dibaliknya juga menjadi daya tarik lain. Pantai Parangtritis memiliki mitos yang sudah sangat melegenda, tidak hanya diketahui oleh masyarakat Yogyakarta tapi seluruh masyarakat Indonesia. Mitos itu menceritakan sosok Nyi Roro Kidul.

Sebelum ngomongin soal legenda Nyi Roro Kidul, kita bahas dulu asal usul nama Parangtritis. Pantai di selatan Yogyakarta ini dinamakan Parangtritis konon karena di sini adalah tempat pelarian Pangeran Dipokusumo. Kejadian ini terjadi pada zaman Kerajaan Majapahit. 

Pangeran Dipokusumo melakukan pelarian ke tepi pantai sekaligus menjadikan tempat ini sebagai tempat bertapa. Di sini ia menemukan batu karang besar yang memiliki aliran tetesan air. Parang berarti karang sedangkan Tritis berarti menetes. Dari sini lah asal usul nama Parangtritis tercipta. 

Setelah ngomongin asal usul Pantai Parangtritis Jogja, sekarang kita akan bahas legenda yang sangat terkenal tentang Nyi Roro Kidul. Perlu diketahui lebih dulu bahwa penguasa pantai Selatan yaitu Kanjeng Ratu Kidul adalah sosok yang berbeda dengan Nyi Roro Kidul. 

Kanjeng Ratu Kidul adalah sosok Ratu Pantai Selatan yang memiliki kekuasaan untuk mengatur arus ombak di Samudra Hindia. Ia pun juga memiliki sebuah kerajaan di bawah laut yang konon letaknya ada di jantung samudra. Di dalam mitologi Jawa ia dikenal sebagai Dewi Kepung Telu. 

Berdasarkan cerita yang diwariskan secara turun-temurun, diyakini bahwa Kanjeng Ratu Kidul adalah pasangan spiritual setiap Raja-Raja Mataram dan Yogyakarta. Bahkan Hamengkubuwono IX mengaku pernah bertemu Kanjeng Ratu Kidul yang tampak sangat menawan. 

pantai parangtritis

Foto: Shutterstock

Nah, Kanjeng Ratu Kidul Memiliki dayang yang sangat setia bernama Nyi Roro Kidul. Ia adalah putri Kerajaan Sunda yang diusir dari kerajaannya. Nyi Roro Kidul sangat menyukai warna hijau sehingga pakaiannya pun juga semuanya berwarna hijau. 

Mulai dari sini lah muncul larangan di Pantai Parangtritis menggunakan pakaian berwarna hijau. Konon kalau kita mengunjungi Pantai Parangtritis Yogyakarta menggunakan pakaian berwarna hijau, Nyi Roro Kidul akan tertarik dan akhirnya menjadikan kita pengikutnya. 

Meskipun larangan ini dikenalnya hanya berlaku di area wisata Pantai Parangtritis, namun sebenarnya larangan yang sama juga ada di area wisata pantai selatan lainnya seperti di Pantai Pelabuhan Ratu, Pangandaran, Cilacap, hingga pantai di Jawa Timur, 

Meskipun mempercayai mitos yang sama, namun Pantai Parangtritis tetap dianggap sebagai lokasi yang spesial. Konon di malam hari suka ada suara gamelan padahal pantai sedang sepi. Konon hal ini pertanda Nyi Roro Kidul sedang lewat dari Pantai Parangtritis menuju Gunung Berapi. Pantai Parangtritis dianggap menjadi gerbang yang menghubungkan dunia manusia dengan singgasana Laut Selatan. 

Manarik juga ya mitos Pantai Parangtritis Yogyakarta. Buat yang penasaran gimana rasanya berada di pantai yang terkenal agak angker ini, mending langsung ke Jogja aja, Biar gak repot booking hotel di Yogyakarta via aplikasi RedDoorz aja. Pilih RedDoorz untuk cari penginapan dengan banyak pilihan dan harga yang terjangkau!\

Press Enter To Begin Your Search
×