Loading...

oleh-oleh-khas-malang

Source: Pixabay

Identik dengan budidaya buah apelnya, ternyata bukan itu satu-satunya alasan mengapa Kota Malang menarik di mata banyak orang. Pernah mendengar soal Bakso President? Kedai bakso ini merupakan salah satu destinasi kuliner paling melegenda di Kota Malang karena kelezatan dan lokasinya yang unik, yakni di pinggir rel kereta api. Popularitas buah apel dan Bakso President yang terdengar hingga ke luar Kota Malang menandakan kota ini memiliki banyak kuliner unik.

Sayangnya, nggak semua orang bisa mencicipi kuliner dari Kota Malang. Tetapi, bagi kamu yang berkesempatan menyambangi Malang, kamu bisa membawa sepotong cita rasa khas Malang kepada orang-orang tersayang di rumah melalui oleh-oleh. Buah tangan atau oleh-oleh sendiri adalah istilah yang digunakan untuk suatu barang yang kamu berikan setelah melancong ke suatu tempat. Barang itu dapat berupa makanan, minuman, atau cinderamata yang hanya dapat ditemukan di tempat tersebut. Lalu, bagaimana dengan oleh-oleh khas Malang?

Oleh-Oleh Khas Malang

Oleh-oleh khas Malang semakin berkembang dari waktu ke waktu. Buah apel, misalnya. Apel yang tadinya hanya dapat dinikmati langsung sebagai buah, kini terus dikreasikan dalam beragam bentuk, salah satunya keripik. Tanpa mengurangi kesegaran buah apel, keripik apel justru banyak diburu karena kekayaan rasanya. Tak hanya keripik apel yang bisa kamu jadikan oleh-oleh, berikut ini adalah daftar oleh-oleh khas Malang versi RedDoorz. Dari yang tradisional sampai oleh-oleh khas Malang kekinian, semua bisa kamu temukan dalam daftar oleh-oleh khas Malang ini!

1. Keripik Buah

Source: www.pixabay.com

Yup, bukan cuma apel yang bisa dijadikan keripik. Buah-buahan lainnya, seperti salak, nangka, dan mangga, juga dapat diolah menjadi cemilan yang garing dan manis. Menjadi incaran banyak orang, keripik buah dapat ditemukan di berbagai pusat oleh-oleh atau bahkan tempat-tempat makan. Jadi, rekomendasi oleh-oleh khas Malang yang pertama ini cocok banget buat kamu yang nggak punya banyak waktu untuk mencari oleh-oleh.

2. Keripik Tempe

Sumber: www.unsplash.com

Sama halnya dengan keripik buah dan keripik tempe yang banyak dijual, keripik tempe juga bisa kamu temukan di mana-mana. Harganya pun cuma berkisar antara Rp11-13 ribu. Kamu bisa memilih rasa yang disuka. Varian rasa yang ditawarkan biasanya jagung manis, barbeque, keju, rumput laut, dan pizza. Varian mana yang paling bikin kamu penasaran?

3. Bakpao Telo

Sumber: www.unsplash.com

Jika biasanya bakpao yang kita kenal biasanya terbuat dari tepung terigu, lain halnya dengan bakpao telo. Telo adalah ubi jalar dalam bahasa jawa. Jadi, bisa ditebak dong kalau ubi jalar menggantikan peran tepung terigu dalam bahan baku pembuatan bakpao ini. Kelembutan ubi jalar lembut yang membungkus isian cokelat, stoberi, nanas, keju, atau kacang hijau memang menghasilkan kombinasi unik. Nggak heran kalau bakpao telo ini menjadi produk best-seller dari pusat oleh-oleh bernama Republik Telo.

4. Malang Strudel

Sumber: www.instagram.com/malangstrudel

Strudel boleh jadi makanan dari Austria, tapi artis Teuku Wisnu dapat menyentuh pasar Indonesia, khususnya Malang, dengan memadukan apel dan strudel. Strudel sendiri terdiri dari lapisan puff pastry lembut dan renyah. Puff pastry ini diisi dengan beragam pilihan rasa, seperti keju, cokelat pisang, kurma, mangga, nangka, dan masih banyak lagi. Tapi sebagai oleh-oleh khas Malang, tentu peringkat nomor satu untuk isian paling diminati diduduki oleh apel. Satu kotak Malang Strudel dibanderol mulai dari Rp50 ribu. Cukup terjangkau kan?

5. Pia Mangkok

Sumber: www.instagram.com/piacapmangkok

“Bukannya bakpia berasal dari Yogyakarta?” mungkin pertanyaan demikian muncul saat pertama kali mendengar pia mangkok. Nggak jauh berbeda sama bakpia asal Yogyakarta, Pia Cap Mangkok juga memiliki sejumlah isian berbeda. Ada isian cokelat, kopi, durian, keju, tangwe, dan kacang hijau yang bisa kamu pilih sesuai selera. Pada setiap gigitannya, Pia Cap Mangkok menyajikan tekstur kering dan renyah di luar dan lembut di dalam. Kebayang nggak nikmatnya menyantap Pia Cap Mangkok sambil ngeteh sore-sore? Yum!

Itulah 5 rekomendasi oleh-oleh khas Malang yang belum lengkap kalau nggak diangkut dan dibagikan ke para kerabat di rumah. Tempat oleh-oleh khas Malang mana yang bakal kamu datangi?

Cropped fav logo@2x
Press Enter To Begin Your Search
×