Loading...

Banten menyimpan pesona alam yang masih jarang dilirik wisatawan. Meskipun jarak ke Ibu Kota cukup dekat, tapi kebanyakan orang Jakarta lebih memilih berlibur ke Bandung atau Yogyakarta. Padahal provinsi di ujung barat Pulau Jawa ini menyimpan aneka wisata alam yang eksotis dan relatif masih jarang dijamah wisatawan. Wisata Banten akan membawa kamu menemukan suatu pengalaman perjalanan yang baru. 

Buat kamu yang suka bereksplorasi dengan alam, Banten bisa jadi tujuan wisatamu kali ini. Kamu bisa menemukan aneka ragam pesona alam dari danau, laut, pantai, curug, hutan, dan masih banyak yang lainnya. Berwisata menikmati keindahan alam akan mengisi kembali energi. Suara angin yang meniup pepohonan, gemericik air, serta deburan ombak bisa membuat pikiranmu lebih relaks. 

Jika kamu berencana wisata alam ke Banten, mungkin tempat-tempat berikut ini bisa kamu jadiin list tempat yang akan kamu tuju.

wisata banten

1. Taman Nasional Ujung Kulon 

Seperti namanya, lokasi taman nasional ini terletak di ujung bagian barat pulau. Tidak hanya mencakup daratan saja, tapi juga beberapa pulau di dekatnya. Taman Nasional Ujung Kulon punya fungsi utama untuk melindungi badak bercula satu. Salah satu hewan yang sudah terancam punah karena jumlahnya sangat sedikit. Satwa ini banyak diburu oleh pemburu liar untuk diambil culanya. 

Buat kamu yang pengen traveling sekaligus melihat bagaimana konservasi satwa langka, tempat ini adalah pilihan yang tepat. Kamu nggak cuma bisa liat badak aja. Kamu juga bisa trekking, berkemah, dan melihat alam liar dengan lebih dekat. 

2. Kampung Baduy 

Kampung Baduy adalah tempat tinggal masyarakat adat Baduy yang merupakan suku asli dari Banten. Mereka punya local wisdom yang sangat berbeda dengan masyarakat kota pada umumnya. Suku Baduy yang sangat menjaga alam sekitar, sangat mematuhi peraturan adat, seperti tidak boleh menggunakan alat transportasi, peralatan listrik, teknologi kimia, menebang pohon, dll. 

Kedengarannya memang aneh, tapi dengan adanya peraturan adat tersebut membuat lingkungan tempat tinggal Suku Baduy akhirnya tetap terjaga kelestariannya. Mata airnya mengalir dengan jernih. Pepohonannya tubuh rimbun dan hijau. Wisata Banten yang satu ini bisa membuat kamu belajar lebih mencintai dan menghargai alam. 

3. Arung Jeram Sungai Ciberang 

Buat para pecinta alam, nampaknya nggak lengkap kalau belum coba destinasi wisata yang memacu adrenalin. Arung jeram merupakan kegiatan yang bisa kamu pilih untuk memacu adrenalin saat wisata ke Banten. Salah satu tempat yang cukup terkenal untuk mencoba olahraga ekstrem ini adalah Arung Jeram Sungai Ciberang. 

Saat menuju ke sini, kamu akan melewati pegunungan yang indah. Setibanya di Sungai Ciberang kamu juga akan melihat aliran air yang berkilauan. Namun agar bisa berarung jeram dengan maksimal, kamu harus pastikan dulu air sungainya sedang mengalir deras atau tidak, karena terkadang air Sungai Ciberang kering sehingga nggak cocok buat rafting. 

Treasure: TH1AMPSAAZAAQ

4. Pulau Sangiang 

Pulau ini terletak di Selat Sunda. Kamu membutuhkan waktu 45 menit berlayar menggunakan perahu dari Pantai Anyer untuk bisa sampai ke Pulau Sangiang. Pulau seluas 700 hektar ini sangat indah untuk dipilih sebagai tujuan wisata saat kamu ke Banten. Lautnya yang jernih serta area pulau yang terjaga kebersihannya, dijamin bikin kamu betah berlama-lama di sini. 

Di Pulau Sangiang, kamu bisa mencoba beraga wisata seperti, wisata bahari, wisata budaya, wisata ilmiah, dan tentunya wisata alam. Nah buat yang suka sejarah, ada satu hal lagi yang pasti bikin kamu seneng banget dateng ke Pulau Sangiang. Di sini ada benteng tua peninggalan Jepang yang bisa kamu lihat dengan jelas. Menarik bukan? 

Wisata Banten memang menarik banget buat ditelusuri, karena alamnya yang masih sangat alami. Kamu mesti cobain ke Banten biar hari-harimu nggak ngebosenin dan gitu-gitu aja. Buat kamu yang pengen liburan, jangan lupa pilih tempat menginap terdekat dari lokasi tujuan wisatamu. Supaya cari hotel di Banten nggak ribet, kamu bisa booking di RedDoorz. Buruan buka aplikasi RedDoorz, booking hotelnya dan segera liburan.   

Cropped fav logo@2x
Press Enter To Begin Your Search
×