Loading...

Foto: instagram.com/kotalama_semarang

Di era penjajahan kolonial Belanda, pelabuhan terbesar di Indonesia terletak di Semarang. Tak heran, Semarang mendatangkan pedagang dari berbagai bangsa. Pusat perdagangan di Semarang itu kini lebih  populer dengan nama Kota Lama. Di sana, kamu akan mendapati gedung-gedung bergaya eropa yang tetap berdiri kokoh walau sudah berpuluh-puluh tahun berlalu. Meski tak lagi menjadi pelabuhan, namun kawasan Kota Lama masih membuat banyak orang ingin menikmati nuansa vintage-nya. Jangan lupa buat mampir juga ke 4 wisata di sekitar Kota Lama, Semarang, ini buat menambah keseruan di Kota Lama!

1. Semarang Contemporary Art Gallery

Foto: instagram.com/semarang_gallery

Bagi sebagian orang, berwisata ke galeri seni terasa begitu membosankan. Tetapi hal ini nggak akan kamu rasakan apabila galeri seni yang kamu kunjungi adalah Semarang Contemporary Art Gallery. Dinding berwarna putih dan penggunaan kayu pada lantainya membuat konsep arsitektur yang modern dan minimalis amat melekat. Jadi, sekalipun pengetahuan kamu soal seni terbatas, kamu tetap bisa menikmati galeri di sekitar Kota Lama, Semarang, dengan mengambil foto-foto Instagramable. Eits, tapi jangan sampai merusak karya ya!

Bangunan Semarang Contemporary Art Gallery terdiri dari dua lantai. Kedua lantai dihiasi oleh karya dua dimensi dan tiga dimensi hasil buah pikir seniman-seniman berbakat. Namun jika ditelaah lebih jeli, ada satu karya yang disebut sebagai ikon Semarang Contemporary Art Gallery. Tingginya mencapai 3 meter, sehingga harus ditempatkan di halaman belakang. Karya tersebut dibuat oleh Budi Kustarto dan diberi nama “Patung Miring Lantai Kanan Tinggi”. Cukup membayar Rp10 ribu per orang, kamu dan teman perjalananmu bisa menyaksikan sendiri keunikan Semarang Contemporary Art Gallery.

2. Kampung Batik Gedong Semarang

Ilustrasi: unsplash.com

Sudah menyelipkan kata “batik” sejak puluhan tahun lalu, siapa sangka kalau kampung ini sempat tak terlihat adanya aktivitas pembuatan batik? Nama Kampung Batik sudah terdengar dari zaman penjajahan Belanda. Hasil produksi batiknya pun digemari oleh golongan menengah ke atas. Akan tetapi, memasuki tahun 1970, pamor Kampung Batik meredup. Baru di tahun 2007, Kampung Batik kembali menunjukkan eksistensi setelah salah satu penduduknya, Eko Haryanto, mempelajari seluk beluk batik Semarang.

Ia berupaya keras melestarikan kebudayaan tradisional daerahnya itu. Batik Semarang kerap menonjolkan identitas melalui motif-motif yang terinspirasi dari bentuk kembang sepatu dan kupu-kupu. Di Kampung Batik, Kota Lama, Semarang, kamu bakal memperoleh kesempatan mengenal lebih dekat jenis-jenis motif batik dan makna yang terkandung di dalamnya. Nggak cuma itu, kamu juga bisa mengkreasikan motif batik versimu dengan mengikuti kelas membatik. Cukup hubungi salah satu pengrajin batik yang ada di Kampung Batik Gedong Semarang!

3. Lawang Sewu

Foto: instagram.com/lawangsewu_gallery

Bicara tentang wisata di Semarang jangan sampai melewatkan Lawang Sewu. Gedung yang hanya berjarak kurang dari 3 km dari Kota Lama, Semarang ini memang selalu menarik perhatian. Apalagi kalau bukan karena kisah-kisah mistisnya. Padahal, gedung Lawang Sewu tadinya berfungsi sebagai kantor kereta api bernama Nederlans-Indische Spoorweg Maatschappij (NIS).

Istilah “Lawang Sewu” sendiri merujuk pada banyaknya jumlah pintu yang dipasang di seluruh sisi bangunan. Tujuannya agar para pekerja memperoleh sirkulasi udara yang baik di tengah Kota Semarang yang panas. Lawang Sewu kemudian ikut beralih fungsi menjadi penjara setelah Indonesia diduduki Jepang. Terlepas dari kisah-kisah horornya, Lawang Sewu pantas dikenal karena turut andil dalam sejarah panjang perkembangan kereta api di Indonesia. Kisah ini terpapar secara rinci melalui diorama.

4. Old City 3D Trick Art Museum

Foto: instagram.com/oldcity3d

Berbeda dari museum di atas yang perlu ekstra hati-hati saat hendak mengambil foto, di Old City 3D Trick Art Museum kamu bebas mengekspresikan diri. Obyek wisata di sekitar Kota Lama, Semarang pilihan RedDoorz yang terakhir ini sengaja menawarkan lebih dari 100 gambar 3D yang mampu mengelabui siapapun jika melihatnya dari sudut-sudut yang tepat. Ratusan gambar itu dibagi menjadi beberapa kategori berdasarkan tema.

Temanya pun selalu diperbaharui setiap 3 bulan sekali dan tak melulu berkaitan dengan perjalanan Kota Semarang, tapi juga turut menyertakan wajah tokoh-tokoh dunia. Jadi, buat kamu yang udah pernah keOld City 3D Trick Art Museum, nggak perlu khawatir bakal memiliki foto dengan latar gambar yang sama. Terletak di Jl. Letjen Suprapto No.26, Tanjungmas, Semarang Utara, Kota Semarang, Old City 3D Trick Art Museum mulai beroperasi dari pukul 10.00-22.00 WIB. Untuk merasakan keseruannya, setiap pengunjung dikenakan Rp50 ribu.

Itulah 4 wisata di sekitar Kota Lama, Semarang yang bikin liburan di Semarang kian asyik dan berkesan. Wisata mana yang paling mengundang rasa penasaranmu?

Cropped fav logo@2x
Press Enter To Begin Your Search
×