Loading...

kota batavia

Foto: Shutterstock

Kawasan Kota Tua Jakarta dikenal sebagai tempat yang sangat bersejarah di Jakarta. Di sini tak hanya ada banyak bangunan tua yang punya bentuk khas masa kolonial, namun bangunan-bangunan ini juga punya cerita dibaliknya. 

Bangunan-bangunan tua yang tersebar di Kota Tua menjadi saksi sejarah Kota Batavia hingga menjadi ibu kota negara seperti sekarang ini. Jika kamu ingin menengok kenangan masa kejayaan Kota Batavia tempo dulu, ada beberapa tempat yang bisa dikunjungi. 

Bangunan Peninggalan Masa Kejayaan Kota Batavia

Kawasan Kota Tua Jakarta menawarkan banyak bangunan yang mengajak kamu bernostalgia menelusuri kejayaan Kota Batavia pada masa lalu. Berikut ini adalah beberapa tempat yang bisa kamu kunjungi. 

1. Museum Fatahillah

Museum Fatahilah sering dianggap sebagai ikon Kota Batavia sekarang. Sebelum jadi museum seperti sekarang bangunan ini dulunya adalah Gedung Balai Kota dan Kantor Gubernur Batavia. Museum Fatahilah sendiri terletak di Jalan Taman Fatahillah No.2, Jakarta Barat. 

Bangunan ini diresmikan tahun 1710 sebagai Balai Kota oleh Gubernur Jenderal Abraham Van Riebeeck. Tidak salah jika menyebut Museum Fatahillah sebagai icon perkembangan Kota Batavia sebab bangunan ini beberapa kali berganti fungsi strategis. 

Oleh karena itu gedung ini akhirnya ditetapkan sebagai Museum Sejarah Jakarta pada 1974 dan kini kita lebih mengenalnya dengan sebutan Museum Fatahillah. 

2. Museum Bank Indonesia

Museum yang terletak di Jalan Pintu Besar Utara No. 2, Taman Sari, Jakarta Barat ini bernama Museum Bank Indonesia. Sebelum jadi museum seperti sekarang, bangunan ini dinamakan Netherlands Indies Gulden atau Netherlands Indies Gulden yang berfungsi sebagai bank sentral Hindia Belanda. 

Setelah Indonesia merdeka dan Bank Hindia Belanda dinasionalisasi menjadi Bank Indonesia pada tahun 1953, gedung ini berubah menjadi Museum Bank Indonesia. Bank ini menjadi saksi perkembangan sistem perbankan pada masa kolonial di Kota Batavia hingga era kemerdekaan Indonesia. 

3. Museum Bahari

Museum Bahari juga bagian dari kawasan Kota Tua Jakarta namun lokasinya berada sedikit lebih jauh ke Utara Jakarta mendekati kawasan pesisir. Museum Bahari berada di Jalan Pasar Ikan No.1, Penjaringan, Sunda Kelapa, Jakarta Utara. Berada dekat pesisir, Museum Bahari adalah saksi dari perkembangan sejarah kelautan di Indonesia. 

Berada di kawasan perdagangan yang cukup sibuk di Kota Batavia, mulanya bagunan ini difungsikan sebagai tempat penyimpanan rempah-rempah oleh VOC. Oleh karena itu bangunan ini punya bentuk yang cukup unik dengan banyak jendela karena udara di dalam ruangan harus dibuat kering sehingga kualitas rempah-rempah di dalamnya bisa terjaga. 

4. Pelabuhan Sunda Kelapa

Ngomongin Museum Bahari yang dulunya berfungsi sebagai gudang rempah-rempah pemerintahan VOC, kayaknya nggak lengkap kalau belum menyebut Pelabuhan Sunda Kelapa. Pelabuhan ini adalah tempat masuknya para pedagang dari berbagai negara ke Kota Batavia termasuk untuk urusan jual-beli rempah-rempah nusantara. 

Pelabuhan Sunda Kelapa adalah pelabuhan tertua di Indonesia dan diperkirakan sudah ada sejak abad ke 5 pada masa kerajaan Tarumanegara. Makanya, berkunjung ke sini merupakan sebuah kesempatan emas untuk menapaki suasana perdagangan lintas negara yang mendunia. 

5. Jembatan Kota Intan

Jembatan Kota Intan merupakan sebuah jembatan gantung yang berada di kawasan Kota Tua Jakarta. Jembatan ini sudah berganti nama berkali-kali dari Jembatan Inggris, Jembatan Pasar Ayam, dan sekarang dikenal dengan sebutan Jembatan Kota Intan. 

Punya tampilan yang sangat khas dengan nuansa kolonial, Jembatan Kota Intan sudah ada sejak abad ke 17, lho. Jembatan ini dulunya sering dilalui kapal-kapal dagang yang singgah di Kota Batavia. Meskipun sudah beberapa kali rusak dan hancur, Jembatan Kota Intan terus diperbaiki sehingga kita tetap bisa melihat keindahannya sampai sekarang. 

Ada banyak tempat menarik dan kaya akan nilai-nilai sejarah saat kamu memutuskan jalan-jalan ke Kota Tua Jakarta. Kawasan ini adalah tempat terbaik untuk menelusuri jejak kejayaan Kota Batavia. Biar jalan-jalan makin puas, kamu bisa lho menginap di hotel yang berada di kawasan Kota Tua.

Emangnya ada hotel dekat Kota Tua yang harganya terjangkau? Pastinya ada dong! kamu bisa download aplikasi RedDoorz untuk menemukan hotelnya. Yuk, download aplikasi RedDoorz. 

Press Enter To Begin Your Search
×