Loading...

(photo source: Instagram.com/@yoda_permana)

Pantai merupakan tempat wisata alam yang hampir terdapat di setiap wilayah di Indonesia. Pantai juga salah satu destinasi alam yang paling disukai oleh banyak orang. Bagaimana tidak? Wisata alam yang menyuguhkan perpaduan antara warna biru laut dengan putihnya warna pasir membuat para pendatangnya hanyut dibawa kesegaran dan kedamaian. Salah satu wilayah yang mempunyai aneka jenis destinasi wisata pantai adalah bagian selatan Kabupaten Malang. Mulai dari pantai dengan ombak ganas, ombak tenang, pantai tanpa satu batu karang pun, hingga pantai dengan batuan karang yang menghiasi pesisirnya.

Gulungan ombak yang menghantam keras batuan karang disepanjang pesisir pantai menjadi daya tarik tersendiri dari Pantai Batu Bengkung. Pantai Batu Bengkung merupakan pantai yang berada di Malang Selatan dan lebih tepatnya berada di Desa Gajahrejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang. Asal mula dinamakan Pantai Batu Bengkung, karena gugusan batu karang disekitar pantai menyerupai wanita yang sedang dibengkung. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan melihat dari atas melalui alat bantu kamera berupa drone. Dengan begitu, akan tampak jelas bahwa memang batuan di sekitar pantai ini seperti membentuk pinggang wanita yang sedang memakai bengkung.

(photo source: dokumentasi pribadi)

Ombak yang terdapat pada Pantai Batu Bengkung terkenal cukup ganas, sehingga dilarang keras mandi atau bermain air disana. Namun jangan khawatir, saat air laut mulai pasang dan gulungan ombak menghantam batuan karang yang ukurannya cukup tinggi akan menyebabkan terbelahnya gelombang air laut yang menimbulkan munculnya kolam kecil air asin dengan kedalaman 30 sentimeter hingga 1 meter dan lebar ± 8 meter dari bibir pantai hingga batuan karang. Nah, pada kolam kecil inilah kita diperbolehkan untuk bermain air. Adanya kolam kecil air asin ini juga merupakan ciri khas tersendiri dari pantai Batu Bengkung yang mungkin jarang ditemukan di pantai lain.

Selain menikmati adanya kolam kecil air asin alami, wisatawan juga bisa menikmati indahnya samudera Hindia dari atas bukit karang. Pada pantai Batu Bengkung ini, terdapat bukit batu karang yang bisa didaki oleh wisatawan. Medan yang ditempuh cukup terjal dan mengerikan. Namun tidak perlu khawatir, karena disediakan seutas tali untuk memudahkan dalam mendaki bukit batu karang. Selain itu, bagian pinggir dari bukit batu karang juga sudah diberi pagar pembatas. Hasil kerja keras mendaki bukit batu karang dibayar dengan indahnya samudera Hindia dan indahnya gugusan pulau-pulau di sekitar Pantai Batu Bengkung.

(photo source: dokumentasi pribadi)

Suasana yang sejuk dan asri sangat cocok digunakan untuk melepas penat dari padatnya pekerjaan dikala akhir pekan. Apalagi menikmati sunset sambil camping diatas pasir putih yang membentang luas di pesisir pantai. Anda tidak perlu khawatir apabila ingin camping namun tidak membawa peralatannya. Disana sudah disediakan tempat penyewaan berbagai perlengkapan alat camping dengan harga yang cukup terjangkau. 

Untuk menuju lokasi pantai Batu Bengkung diperlukan waktu kurang lebih 2 jam dari Kota Malang. Jalur yang digunakan bisa melalui jalur Balekambang, yaitu Kota Malang – Pakisaji – Bululawang – Gondanglegi – Pagelaran – Bantur – Gedangan atau jalur Sendang Biru, yaitu Kota Malang – Pakisaji – Bululawang – Turen – Sumbermanjing Wetan – Gedangan.

Tiket masuk menuju Pantai batu Bengkung cukup ramah di kantong. Dengan modal tiket masuk Rp 10.000,- per orang dan biaya parkir sebesar Rp 10.000,- sudah dapat menikmati pesona keindahan dan kesegaran Pantai Batu Bengkung. Berbagai jenis fasilitas umum juga tersedia di Pantai Batu Bengkung ini. Mulai dari tempat parkir, toilet, musala, hingga warung-warung yang berjajar rapi di sekitar pesisir pantai.

 

Penulis: Indah Vianita Sari

Instagram: @indahvianita_

Twitter: @donisuryanto64

Facebook: Indah Vianita Sari

Press Enter To Begin Your Search
×