Loading...

Berbicara soal impian adalah sesuatu hal yang sangat ingin kita raih, kita capai bahkan kita rasakan. Tidak tanggung-tanggung bahkan impian berkaitan dengan hal-hal besar dalam hidup kita apalagi impian kita mengenai traveling, pikiran kita sudah dibawa melayang-layang entah ke bagian bumi mana yang mau kita datangi, tapi kali ini aku membahas impian dadakan yang kata orang tua dulu harus dilakukan, jika tidak dilakukan anaknya nanti ileran. Ya, benar! Ngidam. Entah ngidam termasuk dalam impian golongan apa, but it’s really hectic

“Aku ingin ke Dieng Culture Festival!”

Setidaknya ada puluhan kali aku mendengar kalimat tersebut dari istriku, entah magnet apa yang dimiliki Dieng Culture Festival sehingga istriku ingin sekali pergi kesana. Bukan aku pelit tidak mau mengajaknya untuk pergi kesana, hanya saja pada saat itu dia tengah hamil muda usia kandungannya baru dua bulan dan ini kehamilan pertamanya, menyoal soal  Dieng Culture Festival, akupun dibuat jadi penasaran oleh hajatan tahunan Dieng tersebut.

Wah gila sih ini! Satu kalimat yang pertama kali yang terlontar saat aku mencari informasi tentang festival ini,. Jujur, ini kali pertama  bahwa ada festival tahunan di Jawa yang bikin penasarannya itu penasaran banget, dikemas begitu apik sehingga memiliki magnet yang begitu hebat untuk menarik orang-orang termasuk istriku untuk hadir kesana. Dieng culture festival tahun ini sudah masuk gelaran yang ke 11, lalu apa yang menarik dari festival ini? Bahkan terkenal dengan tagline-nya “Apa tidak rindu? Jomblowan dan Jomblowati?”.

Landscape, seni dan budaya yang dikemas dalam satu festival.

(Sumber Foto: hipwee.com)

Berbicara soal Dataran Tinggi Dieng saja kalian bakal disuguhkan dengan pemandangan yang luar biasa apiknya. Candi Arjuna, bukit si kunir, dan telaga warna merupakan daya pikat tersendiri dari dieng, tapi apa cukup seperti itu saja? Tidak! Penduduk Dieng juga memiliki budaya dan Adat yang dipercaya dan dilakukan oleh penduduk sekitar setiap tahunnya, yakni ruwatan rambut gembel. Kalo kata orang jawa, ruwatan itu semacam upacara penyucian. Lalu apa itu rambut gembel (gimbal)? Usut punya usut ternyata di Dataran Tinggi Dieng memiliki anak-anak yang memiliki rambut gembel secara alami, sehingga dipercaya sebagai lambang kemakmuran bagi warga Dieng, sehingga perlu dilakukan ruwatan setiap tahunnya dan pencukuran serta pelarungan rambut gembel sebagai acara puncaknya. 

Dari bekal ruwatan tahunan inilah Festival Dieng ditelurkan, dengan sentuhan magis bernama “seni” , Festival Dieng ini mampu memberikan suguhan yang tumpah ruah yang mengena dalam segi tradisional dan seni. Tradisionalnya mampu menjaga kelestarian adat dan penambahan seni seperti Jazz Atas Awan dan Pelepasan Lampion, terus diselenggarakan di Pelataran Candi Arjuna pas Bulan Agustus juga beuh! Sedap! Dan kalian harus siap-siap, festival ini ga hanya sehari tapi tiga hari.

Bagaimana tidak?

(Sumber Foto: chemember.wordpress.com)

 

Hari 1

Bulan Agustus di Dataran Tinggi Dieng Sedang Kemarau tapi biasa terjadi fenomena suhu minus hingga -5oC disana sampai tertutup es seperti salju denger ini aja kalian udah penasaran pengen lihat salju kan?sama! Candi dan rumput-rumput tertutup es. Ini biasa terjadi di Daerah pada Dataran Tinggi akibat suhu malam yang dingin. Menurut rundown acara Festival Dieng tahun-tahun sebelumnya hari pertama seperti umumnya festival kalian bakal dapat opening yang dilanjutkan Aksi Dieng Bersih, kongkow budaya dan Jazz Atas Awan, pada malam harinya yang semuanya dilakukan di kompleks Candi Arjuna.  kenapa disebut diatas awan? Karena Dieng sendiri Dataran Tinggi yang biasa dilewati awan.

Hari 2

Aku bisa bilang Festival Dieng menambah kegemesan kemeriahan hari demi hari. Pada hari kedua ini kemeriahan ditambah dengan adanya pegelaran kesenian Dataran Tinggi Dieng, Java Coffe Festival, Pegelaran Seni Ketoprak yang dilanjut dengan Senandung Negeri di Atas Awan yang ditutup pelepasan Lampion. Sudah dingin, terus bareng-bareng manusia yang segitu banyak nonton suguhan musik, minum purwaceng (minuman khas Dieng), yang kemudian di tutup dengan pelapasan lampion, bayangkan betapa langit dieng saat itu pasti glowing,shining, shimmering, splendid Romantis yakan!

Hari 3

Ini puncaknya! Awal hari penutupan ini kalian bakal disuguhkan dengan kirab budaya yang dilanjutkan dengan acara inti Ruwatan Rambut Gembel yang diakhiri larungan potongan rambut ke Telaga Warna.

Sekarang aku baru tau ternyata impian tak melulu soal yang besar tetapi bagian kecil dari ngidam istriku ini membawa aku ke tempat sederhana penuh makna bernama “Dieng”. Rasanya agak bersalah, jadwal  Dieng Culture Festival biasanya digelar setiap bulan Agustus. Agustus 2019 usia kandungannya masih dua bulan dan Agustus 2020 Dieng Culture Festival tidak diadakan akibat pandemi Covid-19, tapi tersiar kabar dilakukan secara virtual, entahlah ini masih bagian dari Ngidam yang tertunda, semoga tahun depan bisa melaksanakan ngidam ini bersama putri kecil kami Kanaya Adelia. 

Teruntuk teman-teman yang sama-sama berencana ingin ke Dieng, kiranya saya bisa memberikan beberapa tips dan informasi:

  1. Karena festival ini dilakukan di Dataran Tinggi, tentunya pakaian hangat menjadi sangat penting. Jangan anggap sepeleh karena ancaman hipotermia bisa muncul mengingat dinginnya suhu. (Usahakan jaket Waterproof dan Windbreak).

  2. Sedia uang cash lebih, kenapa? Kalian gak bisa sesuka hati nemu ATM kalau sudah berada di Dataran Tinggi. Jadi usahakan untuk membawa uang lebih ya!

  3. Sebulan sebelum festival selalu cari informasi tiket, karena mudah sold out!

  4. Selain tiket hal yang paling penting selama tiga hari disana adalah kebagian Kavling untuk mendirikan tenda! Ini dipesan ya, tidak bisa seenaknya.

  5. Jika teman-teman tidak ingin repot bisa menghubungi tour and travel yang bekerja sama secara resmi dengan Festival Dieng ya!

Sudah siap kalian teman-teman? Bersenandung diatas awan? Melihat keunikan budaya Dieng dari dekat? Yok bareng-bareng kesana! Semoga pandemi ini segera berakhir dan dapat menyambut rindu di Gelaran Tahunan Dieng. Salam!

Penulis: Farid Rahmat Dani

Cropped fav logo@2x
Press Enter To Begin Your Search
×