Loading...

danau batur

Foto: Pixabay

Bali terkenal dengan keindahan alamnya dan juga budayanya yang unik. Banyak wisatawan lokal hingga mancanegara yang berkunjung ke Bali karena pesonanya. Bali juga dikenal dengan surganya pantai. Namun jangan salah, selain pantai, Bali juga punya danau yang pastinya worth it untuk dikunjungi, yaitu Danau Batur.

Danau Batur Kintamani atau lebih dikenal dengan Danau Batur Bali berlokasi di Desa Penelokan Utara, Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali. Letaknya 65 km dari kota Denpasar. Danau ini merupakan danau kawah yang letaknya tepat di dalam kaldera gunung berapi aktif, yaitu Gunung Batur.

Sebelum kita membahas keindahan Danau Batur, kita bahas dulu legenda Danau Batur yang dipercaya oleh masyarakat Bali. Menurut warga setempat, adanya danau ini bermula dari kisah suami istri yang sudah menikah sekian lama tapi tidak dikaruniai anak. Pada suatu hari, mereka berdoa kepada Tuhan dan dikabulkan hingga lahirlah anak mereka, Kebo Iwa.

Kebo Iwa memiliki nafsu makan dan amarah yang sangat besar, sehingga seringkali membuat warga kesal. Suatu hari Kebo Iwa dijanjikan oleh warga makanan yang banyak jika ia mau menggali kubangan untuk mencari sumber air.

Singkat cerita Kebo Iwa tertidur karena kelelahan, dan warga yang mengetahui hal tersebut langsung melemparkan batu kapur agar air memancar. Kebo Iwa pun mati dan lubang penuh air tersebut kini dikenal dengan sebutan Danau Batur.

Terlepas dari legenda setempat, Danau Batur adalah tempat yang menyenangkan. Tempatnya yang sejuk dan mudah terjangkau, membuat kita betah berlama-lama menghabiskan waktu di sana. Danau ini menawarkan pemandangan danau yang berwarna hijau kebiru-biruan.

Hal ini disebabkan adanya kandungan belerang. Keunikan lain dari danau ini yaitu ketika dilihat dari atas sekilas mirip bulan sabit.

Karena lokasinya yang berada di ketinggian 1.050 meter di bawah permukaan laut, membuat danau ini cocok untuk kamu yang mencari ketenangan. Selain itu, air danau ini juga berasal dari air hujan yang tersaring melalui gunung. Hal ini juga yang membuat Danau Batur disebut sebagai Global Geopark Network dari UNESCO. Danau ini juga merupakan danau terbesar yang ada di Bali.

Nah, ada beberapa aktivitas yang bisa kamu lakukan nih di sekitaran Danau Batur. Kamu bisa menikmati kuliner khas Bali dengan berbagai macam hidangan laut.

Bagi kamu yang suka foto, ada banyak spot-spot foto yang bisa diabadikan. Keindahan danau akan lebih terpancar lagi di saat sunrise dan sunset. Ada juga pemandangan hutan tropis yang hijau, cocok untuk menenangkan diri dari aktivitas sehari-hari.

Kamu juga bisa berkeliling danau dengan menggunakan perahu. Ada juga persewaan alat mancing kalau kamu ingin memancing ikan. Sensasi mandi air panas juga nggak boleh dilewatkan ketika kamu memutuskan untuk liburan di sini. Untuk menuju Danau Batur kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa jasa travel dengan jangka waktu 2 jam saja.

Kamu nggak akan dikenakan biaya apapun alias gratis di sini. Hanya membayar uang parkir Rp2 ribu untuk motor dan Rp5 ribu untuk mobil. Sangat terjangkau bukan?

Sangat menarik bukan wisata Danau Batur di atas? Untuk masalah penginapan, kamu nggak perlu khawatir. Banyak varian penginapan yang tersedia yang dekat dengan danau. Ada banyak pilihan tempat menginap di Danau Batur yang recommended untuk dipilih. Download aplikasi RedDoorz dan temukan penawaran terbaik yang kamu mau! Tunggu apalagi?

Press Enter To Begin Your Search
×