Loading...

brown canyon semarang

Foto: Shutterstock

Indonesia juga punya destinasi yang bentuknya mirip dengan Grand Canyon di luar negeri, namanya yaitu Brown Canyon Semarang. Tempat ini dulunya adalah bekas pertambangan material bekas galian selama 10 tahun yang membentuk tebing tinggi terjal seperti perbukitan pada umumnya.

Karena sudah lama menjadi area pertambangan batu dan pasir, akhirnya tempat ini berubah menjadi unik seperti miniatur Grand Canyon di Amerika Serikat. Jika Grand Canyon di Amerika Serikat terbentuk secara alami, Brown Canyon Semarang terbentuk karena aktivitas pertambangan.

Panorama Brown Canyon Semarang

brown canyon semarang

Foto: Shutterstock

Banyak wisatawan yang berkunjung ke tempat ini untuk berfoto dengan latar tebing buatan yang menjulang tinggi. Nggak cuma bukitnya aja yang dijadikan latar foto, genangan air bekas galiannya pun sering dijadikan sebagai objek oleh wisatawan.

Wisata Brown Canyon Semarang sendiri sebenarnya bukan kawasan wisata yang dibuka resmi oleh pemerintah, tetapi karena keunikannya itulah yang menjadi daya tarik untuk warga lokal hingga wisatawan luar daerah untuk mengunjungi tempat ini.

Keindahan alam dan panorama dari tempat ini seringkali menjadi alasan untuk dijadikan spot foto bagi para pecinta forografi mengabadikan momen, seperti pre-wedding misalnya.

Di sini para wisatawan bisa melihat tebing-tebing tinggi yang dikelilingi oleh pepohonan hijau pada area puncak yang membuat kawasan ini menjadi lebih menarik.

Buat kamu yang ingin melihat sunset atau sunrise Brown Canyon Semarang, waktu yang paling tepat untuk berkunjung yaitu saat pagi dan sore hari. Selain itu, kamu juga bisa melihat aktivitas penambangan dari dekat. Tentunya dengan peraturan yang sudah ditentukan ya!

Lokasi Brown Canyon Semarang, Jam Buka, dan Tiket Masuk

Lokasi Brown Canyon Semarang berada di Rowosari, Tembalang, Semarang, Jawa Tengah. Kamu bisa berkunjung kapan pun karena wisata ini buka 24 jam setiap harinya. Namun, waktu yang disarankan yaitu saat weekend pada sore dan pagi hari.

Pada waktu tersebut, aktivitas penambangan tidak terlalu banyak, jadi kamu nggak perlu khawatir akan terkena debu dan pasir dari penambangan.

Untuk tiket masuk Brown Canyon Semarang dikenakan Rp0 alias gratis. Cocok banget untuk kamu yang ingin liburan ke tempat aesthetic tapi nggak nguras kantong.

Sebelum berencana untuk ke destinasi ini, kamu harus mempersiapkan semuanya secara terperinci, seperti menyediakan kacamata dan masker. Terutama jika datang pada saat weekdays.

Rute menuju Brown Canyon Semarang

brown canyon semarang

Ilustrasi Foto: Unsplash

Nah, untuk rute ke Brown Canyon Semarang, kamu bisa mengambil dari tiga jalur, yang pertama dari arah Solo, Yogya, dan Semarang Atas. Kamu bisa melewati Banyumanik, Tembalang, UNDIP dan lalu turun ke sigar bencah hingga ke perempatan Pasar Meteseh, setelah itu langsung mengambil jalan lurus.

Jika kamu dari arah Batang, Kendal, dan Simpang Lima, kamu bisa Melewati pertigaan Pasar Kambing, lalu Mrican, Kedung Mundu, Sambiroto, pertigaan Intan Permai belok kiri (Jalan Elang), setelah itu tiba perempatan Pasar Meteseh dan belok kiri.

Lalu dari arah Semarang Timur, kamu bisa melewati jalan Fatmawati menuju RSUD Kota Semarang, lalu mengambil arah kiri (arah perum Klipang) dan menuju lokasi Klipang Golf, setelah tiba di Klipang Golf, arah selanjutnya yaitu melewati jembatan besi.

Setelah jembatan besi ketiga, terdapat pertigaan ke arah selatan. Kamu bisa mengambil jalan lurus sejauh kurang lebih 2 km dan kamu akan melihat keindahan Brown Canyon Semarang.

Kondisi jalan di kawasan ini bergelombang dan belum terlalu bagus, jadi akan lebih baik kalau kamu menggunakan sepeda motor. Kalau kamu suka tantangan, kamu bisa menggunakan sepeda, pastinya akan memacu adrenalin.

Setelah seharian menikmati Brown Canyon Semarang, pastinya tubuh akan terasa lelah. Karena itu, kamu butuh istirahat di tempat yang nyaman. Untuk yang satu ini kamu bisa mencari penginapan di sekitar Brown Canyon Semarang untuk tempat kamu beristirahat.

Ada SANS Hotel Empress Simpang Lima dan SANS Hotel Victory Semarang yang bisa kamu pilih untuk menginap dan pesan melalui RedDoorz. Tinggal pilih yang terdekat dan sesuai dengan selera kamu. Download aplikasi RedDoorz supaya lebih mudah, karena kamu bisa booking kapan pun dan dimana pun kamu berada!

Press Enter To Begin Your Search
×