Loading...

Hi, aku Mohammad Taufik Hidayat seorang mahasiswa peternakan. Didalam hidupku mimpi menjadi suatu penyemangat dalam menjalani hidup. Mimpi menjadikan niat yang paling utama untuk melakukan sesuatu hal yang ingin dicapai. Perjalanan menjadikan suatu pengalaman dalam hidup, mengunjungi suatu tempat dan bersinggah menikmati suasana yang berbeda, mempelajari dan mendapatkan hal - hal yang unik, mengenal karakteristik yang khas, dan menjadikan suatu memori untuk dikenang. Backpacker menjadi pilihanku untuk menjelajahi suatu tempat untuk menikmati keindahan dan mengenal berbagai macam keberagaman. Dan berikut ini merupakan daftar tempat – tempat di Indonesia yang ingin aku explore:

1. Taman Nasional Gunung Leuser, Aceh

Harimau Sumatera di Taman Nasional Gunung Leuser (Sumber: www.twisata.com)

Taman Nasional Gunung Leuser merupakan suatu taman nasional yang berupa kawasan pelestarian alam di Indonesia yang berada di provinsi Aceh dengan luas 1.094.692 hektare. Taman nasional ini merupakan salah satu situs warisan dunia UNESCO yang ditetapkan pada tahun 2004 dengan nama resmi Warisan Hutan Hujan Tropis Sumatra. Ekosistem yang terdapat di taman nasional tersebut masih alami dan asri mulai dari pantai hingga pegunungan yang juga meliputi kawasan hutan hujan tropis. Selain itu di taman nasional ini menjadi habitat flora dan fauna endemik Sumatra seperti; Orangutan Sumatra, Badak Sumatra, Harimau Sumatra, Gajah Sumatra, Beruang Madu, Rangkong Papan, Ajag, Siamang yang notabennya merupakan satwa langka dan dilindungi.

Terdapat kegiatan yang dapat dilakukan di area Taman Nasional Gunung Leuser ini diantaranya ; berkemah, tracking dan hiking, arung jeram, canopi trail, penelurusan gua, pengamatan kehidupan liar.  Tarif masuk ke Taman Nasional Gunung Leuser ini berkisar antara Rp. 5000 – Rp. 7500.

2. Taman Nasional Way Kambas, Lampung

Terletak di Lampung, taman nasional ini merupakan pusat konservasi habitat Gajah Sumatra dengan jumlah 300 ekor hingga saat ini. Taman Nasional Way Kambas telah ditetapkan sebagai Taman Warisan ASEAN ( ASEAN Heritage Park). Ekosistem yang terdapat di taman nasional ini berupa hutan hujan, hutan pantai,hutan mangrove dan ekosistem riparian. Kawasan taman nasional ini menjadi kawasan pelestarian alam untuk melindungi berbagai macam satwa liar yang terancam punah seperti ; Gajah Sumatra, Tapir, Kijang, Harimau Sumatra, Beruang Madu, Badak Sumatra. Kegiatan yang dapat dilakukan di Taman Nasional Way Kambas diantaranya; berkemah, tracking dan pengamatan kehidupan liar serta hal yang paling unikadalah dapat bermain dan memandikan gajah di habiatnya.  Tarif masuk ke Taman Nasional Way Kambas berkisar antara Rp. 5000 – Rp. 7500.

3. Taman Nasional Ujung Kulon, Banten

Badak Jawa / Bercula Satu di Taman Ujung Kulon, Banten (Sumber: www.travelingyuk.com)

Memiliki kawasan seluas 122.956 hektare yang meliputi wilayah pulau – pulau kecil seperti Pulau Handeuleum, Pulau Panaitan dan Pulau Peucang. Taman nasional ini terletak dibagian barat pulau jawa paling ujung di Provinsi Banten. Taman nasional ini juga telah ditetapkan sebagai situs warisan dunia UNESCO pada tahun 1991. Taman Nasional Ujung Kulon menjadi pusat habitat badak jawa / badak bercula satu dengan populasi saat ini 50 – 60 ekor yang dikategorikan terancam punah. Ekosistem yang terdapat di taman nasional ini berupa hutan pantai, hutan mangrove, hutan rawa air tawar, hutan hujan tropis dan padang rumput.

Taman nasional ini memiliki pulau kecil yang terpisah letaknya dan digunakan sebagai konservasi serta objek wisata. Ada Pulau Panaitan terletak di paling barat kawasan Taman Nasional Ujung Kulon, memiliki daya tarik berupa pantai yang memiliki ombak sukup besar dan biasanya digunakan untuk berselancar. Kawasan pulau ini juga masih asri dan terdapat berbagai habitat hewan liar. Lalu ada Pulau Handeleum, dipulau ini terdapat habitat rusa. Pesona alam yang dapat dinikmati dipulau ini adalah area padang penggembalaan cigenter yang terdapat habitat hewan liar seperti rusa dan banteng jawa. Terdapat sungai cigenter yang airnya tenang dan bewarna tosca dapat diarungi / dijelajah dengan perahu / kano. Selanjutnya ada Pulau Peucang merupakan pulau yang terkenal dan ramai dikunjungi terdapat berbagai macam fasilitas yang cukup lengkap mulai dari penginapan hingga pusat informasi wisatawan. Dipulau juga terdapat padang penggembalaan cidaon yang terdapat habitat banteng jawa, rusa, merak, dan babi hutan. Serta dipulau ini memiliki keindahan pantai yang memiliki pasir putih dan hamparan yang luas. Dan yang terakhir yaitu Semenanjung Ujung Kulon yang menjadi letak konservasi habitat badak jawa.

4. Pulau Bawean

Pulau Noko Salah Satu Pulau Kecil di Pulau Bawean (Sumber: www.jejakpiknik.com)

Terletak di kawasan laut jawa, 120 km sebelah utrara Kabupaten Gresik, Jawa Timur dan termasuk dalam administrasi Kabupaten Gresik. Memiliki wilayah yang terdiri dari 2 kecamatan yaitu Sangkapura dan Tambak. Pulau ini memiliki potensi wisata yang mempesona mulai dari perairan, pantai, pulau kecil hingga dataran tingginya. Pulau ini dihuni oelh masyarakat mayoritas suku bawean dan beberapa suku diantaranya suku jawa, suku madura, suku bugis. Dengan mata pencaharian berupa nelayan dan petani dan TKI di Malaysia dan Singapura. Bahasa yang digunakan dalam kehidupan sehari – har yaitu bahasa bawean. Mayoritas penduduk di pulau ini menganut kepercayaan islam dan uniknya pulau ini dijuluki pulau putri dikarenakan para lelaki banyak yang merantau menjadi TKI. 

Objek wisata yang paling terkenal dipulau bawean yaitu Pulau Gili, sebuah pulau kecil berpasir putih dikelilingi oleh perairan biru yang jernih dan wisatawan dapat menikmati sunrise serta sunset di pulau ini. Selain itu terdapat Pulau Noko yang berseberangan dengan Pulau Gili, di pulau ini kita bisa bermain pasir putihnya yang halus serta menikmati keindahan pulau kecil sekitarnya dan menikmati indahnya perairan bewarna biru tosca bergradasi biru tua yang indah. Selanjutnya ada Pulau Noko Selayar, di pulau ini wisatawan dapat dimanjakan dengan keindahan bawah lautnya.

Di Pulau Bawean terdapat suatu danau tersembunyi yang masih asri dan begitu menawan, untuk mencapai danau tersebut harus melakukan tracking sejauh 500 meter. Danau Kastoba memiliki air bewarna hijau dan perairan yang tenang dikelilingi hutan dengan pepohonan yang rindang. Keunikan di Pulau Bawean ini yaitu merupakan habitat rusa bawean di Indonesia. Selain itu terdapat objek wisata seperti pantai, air terjun, hutan mangrove dan wisata budaya. Transportasi untuk menuju Pulau Bawean dapat menggunakan kapal dari pelabuhan Gresik dan pesawat perintis dari bandara Juanda, Surabaya.

5. Kepulauan Kangean

Kepulauan Kangean, Sumenep, Jawa Timur (Sumber : www.jejakpiknik.com)

Memiliki luas wilayah 668 km2 secara administratif termasuk dalam Kabupaten Sumenep, Jawa Timur. Kepulauan terletak 120 km sebelah utara Pulau Bali dan 120 km sebelah timur Pulau Madura yang memiliki gugusan pulau sebanyak 60 pulau. Potensi wisata yang ada di kepulauan ini adalah Pulau Mamburit, sebuah pulau yang menawarkan keindahan bawah lautnya yang cocok digunakan untuk snorkeling dan diving. Lalu ada Goa Kuning, merupakan sebuah goa buatan. Goa ini dibuat pada masa penjajahan Belanda yang berfungsi sebagai tempat persembunyian. Selanjutnya ada pantai teluk Sapoong yang memiliki pasir putih dan memiliki spot selfi berupa jembatan yang berbentuk tulisan I <3 U di seberang pantai. Dan ada pemandian Celgung yang merupakan pemandian dengan mata air alami dan terletak dipinggir laut, dan uniknya mata air ini tidak dapat bersatu dengan air laut. Selain objek wisata diatas masih ada objek lainnya yang juga mempesona diantaranya yaitu jembatan ajaib, pulau saebus, pulau paliat, pantai batu guluk, dll. Transportasi untuk menuju Kepulauan kangean dapat menggunakan kapal ferry / kapal express dari pelabuhan di Sumenep.

6. Nusa Penida

Kelingking Beach, Nusa Penida, Bali (Sumber : www.Journeyera.com)

Bali merupakan destinasi favorit turis mancanegara maupun domestik. Di pulau Bali masih terdapat lagi pulau – pulau kecil di sekelilingnya, salah satunya pulau Nusa Penida. Terletak di tenggara Bali yang dipisahkan oleh selat Badung, Nusa Penida menyimpan keindahan alam yang luar biasa. Perairan Nusa Penida terkenal dengan kawasan penyelaman dan yang paling terkenal adalah Manta Point, di kawasan tersebut sering dilakukan kegiatan diving untuk melihat hewan manta / ikan pari besar. Selain itu terdapat beberapa lokasi wisata yang juga indah dan mempesona diantaranya adalah crystal bay, kelingking beach, angel billabong, broken beach, atuh beach, bukit teletubbies, dll. Transportasi menuju Nusa Penida dari Bali dapat menggunakan kapal ferry maupun express yang dapat ditemukan di pelabuhan sanur, pelabuhan padangbai dan pelabuhan tanjung benoa.

7. Labuan Bajo

Pulau Padar, Labuan Bajo, NTT (Sumber : www.Kabartravel.com)

Siapa yang tak kenal dengan destinasi wisata satu ini, Labuan Bajo menjadi destinasi favorit, hits, mewah yang menjadi perbincangan dari tahun 2019 lalu. Terletak di Nusa Tenggara Timur, Labuan Bajo menjadi surga wisata elit dan mewah dengan kapal phinisi yang berlayar diperairannya. Bahkan saat ini pengembangan pariwisata di Labuan Bajo terus digencarkan untuk mendukung meningkatnya pengunjung. Labuan Bajo memiliki beberapa dwstinasi wisata diantaranya yaitu Taman Nasional Komodo, merupakan habitat asli kadal terbesar di dunia yang merupakan makhluk purbakala / sering disebut Komodo. Lalu ada Padar Island, pulau yang memiliki pemandangan yang luar biasa indahnya seperti padang savana dipinggir lautan, selanjutnya ada Pink Beach, dinamakan Pink Beach karena pasir pantainya yang bewarna pink / merah muda dan pantai ini memiliki keindahan yang mempesona, dan yang terakhir ada Pulau Rinca, pulau yang tidak jauh letaknya dari pulau komodo dan menawarkan keindahan yang mengagumkan. Transportasi untuk menuju Labuan Bajo dapat dilalui dengan 2 cara yaitu via jalur laut dengan kapal feryy dan via udara dengan pesawat. Dan saat ini Labuan Bajo memiliki bandara Internasional yang belum lama ini disahkan statusnya.

8. Raja Ampat

Gugusan Pulau di Raja Ampat, Papua Barat (Sumber : www.Zubludiving.com)

Merupakan sebuah kepulauan yang terdiri dari 4 gugusan pulau yaitu Pulau Waigeo, Pulau Misooi, Pulau Salawati dan Pulau Batanta. Raja Ampat terletak di kabupaten Raja Ampat, Papua Barat. Raja Ampat terkenal dengan wisata bawah lautnya yang memiliki keindahan sangat luar biasa dan mempesona, tidak heran jika banyak penyelam yang mengunjungi salah satu destinasi terindah di Indonesia ini. Selain keindahan bawah lautnya Raja Ampat juga memiliki keindahan lainnya seperti hutan hujan tropis yang kita bisa temui disana dengan suguhan pepohonan yang rindang, udara yang segar dan kemolekan burung cenderawasih yang merupakan burung endemik Papua. Selain itu Raja Ampat juga memiliki kawasan pantai berpasir putih dan tekstur pasirnya yang halus hampir mendekati halusnya tepung. Selain keindahan alamnya Raja Ampat juga memiliki keindahan kebudayaan yang beragam dan khas serta sejarahnya yang kental akan kemagisannya. Untuk menuju Raja Ampat dapat ditempuh menggunakan pesawat dan kapal ferry. Dan Raja Ampat merupakan salah satu destinasi wisata mewah di Indonesia yang menawarkan keindahan alam Papua.

9. Derawan Island

Pulau Derawan, sebuah kepulauan di kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Menyajikan keindahan wisata baharinya, Derawan Island memiliki destinasi wisata favorit para turis diantaranya yaitu Pulau Kakaban, pulau yang memiliki salah satu danau ikonik yaitu danau air tawar yang didalamnya terdapat habitat ribuan ubur – ubur jinak / yang sama sekali tidak memiliki racun / tidak menyengat yang aman untuk dipegang. Selanjutnya ada Pulau Maratua yang memiliki keindahan goa yang bernama goa haji mangku, yang mana goa ini menyimpan keindahan sebuah danau biru dengan air yang sebening kaca didalamnya jika air laut surut, lalu ada Kehe Daing yang merupakan sebuah laguna yang memiliki air tenang dan bewarna biru jernih. Selanjutnya ada danau Labuan Cermin, sebuah danau yang airnya bening seperti kaca dan adanya bias bayangan yang indah di airnya bahkan dasar danau pun terlihat sangat indah dan nyata beningnya, dan terakhir ada Pulau Sangalaki yang merupakan sebuah pulau digunakan sebagai tempat konservasi penyu, disana kita bisa melihat habitat penyu secara langsung dengan mengamati kehidupan mereka saat bertelur dan telur – telur yang menetas.

10. Taman Nasional Tanjung Puting, Kalimantan Barat

Sebuah taman nasional yang terletak di kecamatan Kumai, kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Barat dengan luas wilayah 415.040 hektare. Ekosistem yang terdapat di taman nasional ini berupa hutan tropis, hutan tanah kering, hutan rawa air tawar, hutan rawa gambut, hutan pantai, dan hutan mangrove. Yang menjadi daya tari Taman Nasional Tanjung Puting ini adalah sebagai habitat asli Orangutan yang ada di Kalimantan. Hutan yang ada di taman nasional ini mayoritas di huni oleh kawanan Orangutan, primata, dan hewan yang terancam punah lainnya. Kegiatan wisata yang dapat dilakukan disini adalah tracking di area hutannya dan yang paling mengasyikan yaitu menyusuri hutan melalui jalur sungai dengan menggunakan kapal klothok, hal ini membutuhkan waktu hingga berhari – hari dan kita bisa merasakan sensasi menginap di dalam kapal klothok dan menikmati suasana dan keindahan hutan Kalimantan dari pagi hingga malam hari.

 

Nama Penulis: Mohammad Taufik Hidayat

Instagram: www.instagram.com/fiks.id/ 

Twitter: www.twitter.com/fiks72

Facebook: Taufiks Taufik's

Cropped fav logo@2x
Press Enter To Begin Your Search
×