Loading...

(photo source: pixabay.com)

Ketika orang bertanya pada saya seperti apa traveling impianmu, saya akan menjawab backpacker keliling Amerika Selatan, India, dan Norwegia selama satu tahun. Mengapa? Tak hanya soal pemandangan, tetapi juga keunikan budaya, masyarakat, dan peninggalan sejarah tiap negaranya. Di saat kebanyakan orang memilih untuk melakukan perjalanan dengan keluarga, sahabat, ataupun pasangan; saya memilih untuk melakukan perjalanan sendiri alias solo backpacker. Melakukan perjalanan sendiri merupakan suatu hal unik bagi saya karena kita berada di antah berantah (in the middle of nowhere) sendirian tanpa mengenal siapa pun, bisa bebas melakukan apa saja yang kita mau, dan bisa berbaur dengan turis maupun warga lokal; bertukar pikiran dan pengalaman yang dialami masing-masing individu.

Impian pertama saya adalah berkeliling Amerika Selatan, terutama negara Peru bagian Cusco dengan peninggalan sejarah suku Inca yang bagi saya sangat luar biasa indahnya, Machu Picchu. Flora dan fauna yang ada di Machu Picchu pun membuat saya tertarik untuk ikut merasakan keragaman dan keindahannya. Salah satu yang ingin saya temui adalah Alpaca.

Hewan lucu nan imut yang masih satu famili dengan Ilama ini banyak ditemui di sekitar Machu Picchu. Tak jarang banyak traveler membagikan foto mereka bersama dengan Alpaca yang memang doyan selfie. Ketentuan free visa selama sebulan yang diterapkan Peru untuk turis Indonesia membuat saya berpikir untuk melakukan perjalanan berkeliling Peru selama 2 minggu. Persiapan yang saya butuhkan selain tiket dan uang, adalah persiapan fisik karena agenda wisata di Peru akan lebih banyak dihabiskan dengan berjalan kaki melewati medan tanjakan dan turunan. Melihat foto-foto orang yang sudah pernah mengunjungi Machu Picchu saja membuat saya merinding, apalagi mengunjunginya langsung, bukan?

Alpaca di Machu Picchu (photo source: smith.edu)

Negara kedua yang ingin saya kunjungi tentu saja India. Mendengar kata India, mungkin sebagian besar traveler enggan untuk mengunjunginya. Berita mengenai kumuh dan tingkat pemerkosaan yang tinggi tentu membuat para traveler terutama solo traveler wanita berulang kali berpikir bahkan mencoret negara India dari wish list mereka. Bagaimana dengan saya? Tentu saja tidak. Saya melihat negara India sebagai negara yang indah dan romantis terutama India bagian utara, seperti Kashmir. Julukan seperti The Most Beautiful Place in the World memang cocok untuk Kashmir.

Pemandangan danau, pegunungan dan lembah yang bertebaran di Kashmir sangat memanjakan mata para traveler yang memang ingin mengintip sisi lain negara India. Kita juga dapat menikmati sensasi tinggal diatas rumah perahu di Danau Dal sambil menikmati manisnya apel Kashmir. India juga sangat terkenal dengan megahnya bangunan-bangunan yang ada di Agra seperti Taj Mahal dan Agra Fort. Siapa yang tidak tahu Taj Mahal? Melihat dari foto saja, saya sudah bisa merasakan betapa besar dan tulusnya cinta Kaisar Mughal Shah Jahan kepada istrinya.

Kashmir (photo source: minews.id)

Tempat terakhir yang ingin saya kunjungi adalah Norwegia, tepatnya di bagian Tromsø. Tromsø merupakan tempat terbaik di antara tempat lain yang sangat cocok bagi para traveler untuk berburu Aurora Borealis atau yang sering disebut northern lights. Saya berencana untuk berburu Aurora antara bulan September hingga Maret karena itu adalah bulan terbaik untuk melihat Aurora secara langsung. Hal lainnya yang dapat kita rasakan di Tromsø adalah mengunjungi rumah penangkaran husky dan merasakan pengalaman meluncur bersama kawanan husky. Saya sangat menantikan pengalaman liburan ketiga negara tersebut. Sungguh benar benar tempat impian saya untuk ber-solo traveling maupun traveling dengan pasangan suatu hari nanti.

Aurora Borealis (photo source: theaurorazone.com)

 

Penulis: Raden Roro Asterzizia Amygdala

Instagram: rr.aster

Facebook: Asterzizia Amygdala

Press Enter To Begin Your Search
×