Loading...

Sudah beberapa bulan terakhir ini tidak melakukan perjalanan lagi karena keadaan yang belum pulih. Sudah rindu sekali dengan suasana luar kota, rindu dengan perjalanan ke destinasi wisata bersama temana-teman. Semenjak pandemi kini hanya bisa memandang kembali foto-foto liburan di galeri smartphone. Ingin sekali kembali melakukan perjalanan, menuju ke kawasan alam terbuka. Memantau pesona alam yang Tuhan ciptakan di planet bumi ini. Kemudian beralih memantau berita mengenai keadaan saat ini, walau sudah memasuki masa new normal tetapi masih belum berani untuk melakukan perjalanan kembali saat ini.

Source: www.instagram.com/sinclairwalker/

Menuju ke 54 Pariwisata Taman Nasional Indonesia, Pulau Jeju, Maldives, ataupun ke Eropa. Salah satu di antara daftar tujuan yang sudah kutuliskan itu harus direalisasikan. Mengajak beberapa orang teman yang memang menyukai traveling untuk menuju ke sana. Membawa sebuah tas carrier, beserta perlengkapan yang dibutuhkan. Tak lupa dengan kamera untuk mengabadikan sebagian besar momen perjalanan itu. Menuju ke destinasi wisata yang belum pernah dikunjungi, mencari pengalaman bersama teman-teman baru, mencicipi kuliner enak, mengajak mereka bermain ataupun mendengarkan cerita khas daerah di sana. Sederhana saja impianku saat ini, mampu mewujudkan perjalanan yang aku dambakan sejak setelah menginjakkan kaki ke tempat yang menarik beberapa tahun lalu.

Bukan tentang seberapa jauh tujuannya, tetapi seberapa asik perjalanan yang kau lakukan itu. Seberapa banyak cerita yang kalian akan ulang kisahnya kembali sambil tertawa dan merindukan momen-momen itu. Mempersiapkan perlengkapan dari rumah, kemudian izin ke orang tua untuk melakukan perjalanan ke tempat yang sudah dijanjikan dengan beberapa teman. Menunggu teman-teman berkumpul untuk bersiap-siap, sambil menggerutu karena ada yang terlambat dengan banyak alasan. Bila sudah berkumpul, langsung kembali mengecek perlengkapan dan kemudian berdoa memohon keselamatan pada Tuhan dalam melakukan perjalanan.

Source: www.instagram.com/birgittebjordal/

Membangun tenda di alam, memasak mie instan atau merebus air untuk diseduh pada kopi. Menikmati pesona alam sepanjang hari, sambil menceritakan keluh kesah permasalahan diri. Menjelajah wisata alam mampu membuat mental dan jiwa kita menjadi tenang. Melepaskan tubuh ke alam dinilai efektif oleh ilmuwan untuk menjaga kesehatan mental. Alam menghadirkan pemandangan yang eksotis, serta mampu menjadikan kita lebih bersyukur atas nikmat yang Tuhan berikan. Alam hadir dengan berbagai macam keindahan yang bisa membuat mata kita kagum atas kemegahannya. Terlebih saat malam hari, bila cuaca sedang bagus, mata tak akan kecewa melihat ribuan bintang berjejer di langit.

Perjalanan yang paling kusukai adalah menuju ke pantai. Pergi ke pantai bersama teman-teman akan kulakukan pada hari-hari biasa bukan di hari libur, supaya pantai tidak terlalu ramai pengunjung. Mendengar suara ombak, angin dan aroma pantai sambil duduk di pasir memang menjadikan pikiranku lebih rileks. Jika sudah di pantai rasanya ingin memiliki rumah di dekat pantai agar bisa melihat laut setiap saat.

Source: www.instagram.com/fredericyanuarta/

Suara pantai di malam hari saat ini sangat aku rindukan, menghadap ke laut gelap yang menyediakan kesunyian. Kemudian teman-temanku memulai berbincang mengenai keresahannya, kegalauannya dan masalah yang mereka risaukan. Setiap perjalanan yang sering kami lakukan, akan selalu ada bagian untuk bercerita, menceritakan sebagian cerita yang ingin diungkapkan. Setelah mencurahkan semuanya hati menjadi sedikit lebih lega, ditambah suasana alam yang membuat jiwa semakin tenang. Pernah kami bercerita di dermaga sambil memandangi cahaya bulan di atas air laut hingga larut malam.

Duduk sambil membawa kisah maisng-masing. Menyeruput sedikit demi sedikit kopi di cangkir, bersama cemilan kesukaan di sebelahnya. Kemudian memandangi alam dan menyadari bahwa kita hanya bagian kecil dari alam, dan menjadikan diri bersyukur atas apa yang sudah dilalui hingga saat itu. Menyenangkan jika setiap perjalanan dilakukan untuk menghibur diri, mendekatkan diri pada alam dan mensyukuri kehidupan.

Semoga keadaan bumi lekas membaik, dan aku akan mewujudkan perjalanan yang sudah lama kuimpikan ini.

 

Nama Penulis: Hairunnisa

Instagram: Hairunnisa

Twitter: Hairunisa

Press Enter To Begin Your Search
×