Loading...

Unsplash

Ada banyak tempat wisata yang menarik bisa dikunjungi. Salah satunya Taman Safari Prigen. Nama yang tidak asing bukan? Wisata keluarga ini sangat cocok jadi destinasi wisata setelah 6 bulan melewati masa pandemi. Meski begitu, kita dianjurkan tetap berhati-hati dan tetap siaga untuk tetap menggunakan protokol kesehatan: memakai masker, cuci tangan pakai sabun di air mengalir.

Di antara kebun binatang di Indonesia, kebun binatang yang satu ini menawarkan konsep yang berbeda. Jika biasanya hewan-hewan tersebut dikurung dalam kandang, justru di Taman Safari Prigen, hewan-hewan ini dibiarkan bebas dalam habitatnya.

Taman Safari Prigen - Sumber foto: dokumentasi pribadi

Kita yang melihat di Taman Safari Prigen melihat binatang atau hewan dari dekat memakai kendaraan mobil pribadi, dan tidak diperbolehkan membuka jendela atau memberi makanan.

Perasaan excited campur aduk, seru, deg-degan karena di alam hewan-hewan seperti singa, harimau sedang berjemur, tidak ada sekat ataupun pagar. Bisa saja mereka mendekat ke mobil dan tidak terduga.

Kalau ini kawasan yang sudah boleh melihat binatang dari dekat. - Sumber foto: dokumentasi pribadi

Lantas, apa saja yang harus dipersiapkan untuk merencanakan perjalanan ke Taman Safari Prigen? Yuk simak selengkapnya:  

1. Siapkan budget untuk akomodasi perjalanan

Saat melakukan perjalanan kita bisa menentukan akan memakai kendaraan apa, misalnya mobil pribadi, kereta api, bis atau yang lainnya. Kalau mobil pribadi atau sewa misalnya biaya sewa mobil untuk pulang pergi perjalanan misal memakan waktu 4-5 hari. Kemudian siapkan juga budgt biaya bensin, dan biaya tol. 

2. Biaya penginapan

Saat menentukan tempat tujuan wisata, maka penting menentukan tempat penginapan yang dekat dengan destinasi wisata. Misalnya ketika menentukan akan ke Taman Safari Prigen, maka kita bisa mencari penginapan yang dekat dengan tempat wisata memilih yang murah dan nyaman disesuaikan dengan budget. Hal ini penting karena bisa mempermudah ktika hari H, kita bisa lebih awal tiba di tempat tujuan dan bisa lebih lama menikmati tempat wisata.

Untuk memudahkan jauh-jauh hari pun bisa memesan / booking penginapan via aplikasi, sehingga bisa memilih kamar yang sesuai dan cocok dengan budget. Sehingga hari H tinggal check in dan bayar.

3. Biaya konsumsi

Hal yang penting juga saat akan merencanakan sebuah perjalanan adalah budget konsumsi. Biasanya, jika kita akan ke sebuah destinasi wisata, kita akan mencoba kuliner daerah setempat, maka persiapkan cost lebih. Untuk stok makanan di jalan juga kita bisa jauh hari menyiapkan bekal misalnya bekal pop mie, beli susu kotak untuk anak, bagi penyuka kopi bisa bawa bekal sendiri, beli roti sobek, jajanan kue kiloan atau juga buah-buahan yang langsung siap makan seperti pisang. 

4. Menyiapkan Dokumentasi

Hal yang tak boleh dilewatkan adalah mendokumentasikan perjalanan dan memotret tempat destinasi wisata, terlebih saat ini siapa saja bisa lho menjadi blogger dan vlogger. Dokumentasi selain sebagai arsip bagi pemilik, juga bisa bermanfaat ketika dibagikan. Berbagi pengalaman sepanjang perjalanan adalah hal yang menyenangkan.

Wahana bermain di Taman Safari Prigen - Sumber foto: dokumentasi pribadi

Bagi mereka seorang profesional, kamera pun disiapkan secara profesional yakni dengan menggunakan kamera DSLR, teknik fotografi pun dipergunakan secara maksimal dengan kamera yang mumpuni.

Bukan hal yang mustahil dengan kamera hp pun tetap bisa maksimal, asal memiliki timing yang tepat seperti memotret saat matahari terbit dari atas gunung atau dekat kaki gunung atau foto yang ‘berbicara’ misal ekspresi mengobrol dan bercakap-cakap ketika di meja makan, dan lain sebagainya.

Tapi ingat juga, ya! Jangan sampai esensi liburan jadi buyar karena kita lebih fokus memotret atau memegang handphone. Tapi kita coba menyeimbangkan dengan menghirup udara dari tempat kita berwisata, menikmati pemandangan daerah setempat.

Kita bisa menengok kebiasaan di daerah setempat, seperti kekayaan alam dan lokalitas yang kuat bisa kita rasakan. Jalan-jalan ke Taman Safari Prigen secara tidak langsung bisa mendengar bahasa daerah -percakapan bahasa Jawa – bisa menguatkan memori ketika masa kecil, misalnya.

Ke Prigen melihat binatang atau satwa lebih dekat dari hutan yang notabene merupakan habitat mereka langsung membuat saya berdecak kagum karena bisa berkeliling, melihat kebesaran-Nya, dengan menengok ciptaan-Nya yang sempurna.

5. Bekal pribadi

Jangan lupa membawa bekal pribadi seperti pakaian ganti / baju beberapa hari, baju tidur, alat mandi, obat-obatan, buku, cashan hp, dan kuota internet. 

6. Membeli Oleh-oleh

Setelah menikmati liburan bersama keluarga, hal yang tidak boleh dilewatkan juga adalah membeli oleh-oleh. Bukan suatu hal yang wajib, namun hal yang menyenangkan tentu dengan berbagi. Jika kita memiliki sesuatu, dengan memberi kita akan bahagia. Hal yang sama juga bahagia bagi yang menerima.

Yuk atur rencana liburan kamu ke Taman Safari Prigen, dan jadikan Prigen sebagai salah satu list tempat wisata yang wajib untuk kita kunjungi bersama keluarga. Pastinya liburan kamu terasa berbeda dan tak terlupakan!

 

Nama Penulis: Sri Al Hidayati

Instagram: https://www.instagram.com/srialhidayati/

Twitter: https://twitter.com/srialhidayati

Facebook: https://www.facebook.com/srial.hidayati/

Press Enter To Begin Your Search
×