Loading...

pantai klayar

Foto: instagram.com/@pantaiklayarpacitan

Mau menikmati suasana pantai nggak harus jauh-jauh ke Bali kok, RedTraveler, kamu bisa mengunjungi Pantai Klayar di Pacitan, Jawa Timur yang nggak kalah indahnya. Pantai Klayar berlokasi di Desa Sendang, Kecamatan Donorojo dan berbatasan dengan Wonogiri, Jawa Tengah. Ketika berkunjung ke pantai ini, kamu akan disuguhkan pemandangan yang sangat mempesona. Hamparan pasir putih, pepohonan khas pantai, laut berwarna biru dan bebatuan karang yang cantik di pinggir pantai membuat kamu nggak tahan untuk mengabadikan pemandangan tersebut ke dalam foto. 

Walaupun terkenal dengan pemandangan dan objek wisatanya yang unik, rute jalan yang harus dilalui untuk mencapai pantai ini terbilang cukup sulit. Maka dari itu, kamu harus mengetahui kondisi daerah di sekitar tempat wisata untuk menentukan kendaraan yang akan kamu gunakan untuk mencapai ke sana. Biar nggak bingung, ada beberapa hal seputar Pantai Klayar yang mesti kamu tau sebelum pergi ke sini. 

Sejarah Pantai Klayar 

Nama Klayar sendiri berasal dari istilah Jawa Klayar Kluyur yang artinya adalah jalan-jalan. Mereka menamai pantai ini Klayar karena tujuan banyak orang mendatangi pantai ini adalah untuk jalan-jalan. Versi kedua dari asal usul nama pantai ini yaitu dipercaya bahwa dulu terdapat sebuah kapal yang diterjang ombak besar dan mendarat di pantai ini. Dalam Bahasa Jawa, kondisi perahu yang diterjang ombak disebut dengan glayar. Maka dari itu pantai ini dinamakan Pantai Glayar yang kemudian berubah menjadi Pantai Klayar. 

Rute Jalan yang Harus Ditempuh

Sebelum pergi ke pantai ini, kamu harus tau bahwa kondisi jalanan menuju ke sana masih sangat curam. Kamu harus melalui area perbukitan dengan tikungan tajam serta masih banyak jalanan yang sempit dan rusak. Untuk sarana transportasi, kamu disarankan menggunakan kendaraan pribadi seperti motor dan juga mobil. Pastikan, kamu berhati-hati saat melewati rute jalan tersebut ya, RedTraveler. Kamu membutuhkan sekitar 1 sampai 1,5 jam waktu tempuh untuk bisa sampai ke Pantai Klayar dari Kota Pacitan. 

Fasilitas yang Ada di Pantai Klayar 

Dikarenakan wilayah sekitar daerah ini terbilang masih tradisional, maka fasilitas yang ada pun tidak selengkap wisata pantai lainnya, seperti tempat berjemur, penginapan atau cafe dekat pantai. Namun, kamu masih bisa menemukan fasilitas pantai lainnya seperti lahan parkir, kamar mandi, tempat beribadah, dan juga warung pinggir pantai yang akan menemani liburanmu. Kamu juga tidak perlu mengeluarkan uang banyak untuk menikmati makanan di sini karena harganya sangat terjangkau. 

Rekomendasi Objek Wisata yang Bisa Kamu Nikmati di Sekitar Pantai Klayar 

Selain pasir putih, Pantai Klayar juga identik dengan ombaknya yang besar. Maka dari itu, para pengunjung pun tidak diperbolehkan untuk berenang maupun melakukan aktivitas olahraga air. Walaupun begitu, kamu jangan sedih dulu nih, karena masih banyak objek wisata di sekitar Pantai Klayar yang bisa kamu nikmati. Mulai dari lagunanya yang indah sampai fenomena seruling samudra bisa kamu nikmati di sini. 

1. Batu Karang Sphinx 

pantai klayar

Foto: instagram.com/@pantaiklayarpacitan

Pantai Klayar memiliki bebatuan karang besar yang tersebar di sekitar pantai. Uniknya, terdapat batu karang yang bentuknya mirip dengan patung Sphinx di Mesir, lho, RedTraveler. Kalau penduduk setempat sih menyebutnya dengan Watu Lumbung. Wah, jadi nggak usah jauh-jauh ke Mesir dong ya buat bisa foto dengan patung Sphinx! Terlebih lagi, batuan karang ini terbentuk secara alami alias tanpa campur tangan manusia. 

2. Laguna Pantai yang Indah 

pantai klayar

Foto: instagram.com/@pantaiklayarpacitan

Di ujung timur Pantai Klayar, kamu akan melihat sebuah laguna kecil yang indah dan diapit dengan dua gugusan batu karang. Sebelumnya, kamu sudah tau belum apa itu Laguna? Lagoon atau laguna merupakan sekumpulan air asin yang terpisah dari laut oleh penghalang yang berupa pasir, batu karang atau semacamnya. Pemandangan di sekitar laguna ini semakin indah ketika ombak laut menghantam bebatuan karang dan menimbulkan efek air terjun di dindingnya. 

3. Seruling Samudra 

pantai klayar

Foto: instagram.com/@pantaiklayarpacitan

Salah satu fenomena yang bisa kamu lihat di Pantai Klayar adalah Seruling Samudra. Jangan kaget ketika kamu sedang asik bermain di pinggir pantai, tiba-tiba ada air mancur yang menyembur ke atas di belakang kamu. Efek air mancur ini muncul dari bebatuan karang di sekitar pantai yang memiliki celah. Ketika ombak besar datang, sebagian airnya masuk ke dalam celah atau lubang di bebatuan karang dan menyembur ke atas hingga mencapai ketinggian 10 meter. Disebut Suling Samudra oleh penduduk setempat karena efek suara seruling yang dihasilkan ketika air menyembur ke permukaan. 

4. Sumur di Belakang Tebing Batu

pantai klayar

Foto: instagram.com/@pantaiklayarpacitan

Kamu akan menemukan tiga sumur yang terletak di belakang tebing batu Pantai Klayar. Dua dari tiga sumur tersebut bernama Sumur Sunyarata dan Sumur Cinderalas. Terdapat mitos yang dipercayai oleh penduduk setempat mengenai dua sumur tersebut. Misalnya, wajah kamu akan memancarkan aura kebaikan jika membasuh menggunakan air sumur tersebut. Selain itu, penduduk setempat juga percaya bahwa air di sumur tersebut juga membawa berkah. 

Pantai Klayar di Pacitan, Jawa Timur merupakan destinasi pantai wajib yang harus kamu kunjungi. Walaupun tidak memiliki penginapan di sekitar pantai, kamu masih bisa menghemat energi, waktu, dan juga budget dengan menginap di hotel yang berada di sekitar kota Pacitan. Untuk hotel dengan paket komplit, kamu bisa pesan di RedDoorz. Ada sertifikasi HygienePASS di hotel RedDoorz yang membuat perjalananmu lebih aman di tengah pandemi. So, tunggu apalagi? Download aplikasi RedDoorz sekarang!

Press Enter To Begin Your Search
×