Loading...

(Photo source: Unsplash.com)

Indonesia adalah negeri yang kaya yang dianugerahi berjuta keberagaman. Keberagaman budaya yang begitu kaya, keberagaman masyarakat yang hidup harmonis, serta keberagaman alam yang indah dan memukau. Indonesia memiliki sekitar 17.504 pulau, di mana di setiap pulau tersebut memiliki keberagaman yang sangat kaya.

Sulawesi Utara atau dikenal dengan bumi nyiur melambai, adalah salah satu destinasi wisata yang tidak boleh dilewatkan. Selain kaya akan kekayaan alam, Sulawesi Utara juga kaya akan budaya dan kulinernya. Meskipun jarang diekspos, Sulawesi Utara memiliki surga yang tersembunyi.

Apabila Anda berencana untuk keliling Sulawesi Utara, berbagai tempat wisata yang indah, harus Anda kunjungi selama di Sulawesi Utara. Hal ini juga telah menjadi pengalaman liburan saya yang dipastikan sangat menyenangkan.

Taman Nasional Laut Bunaken. Mengawali pengalaman liburan, saya berkunjung ke Taman Nasional Laut Bunaken. Bunaken menjadi habitat bagi 390 spesies terumbu karang dan juga berbagai spesies ikan, molusca, reptil dan mamalia laut. Taman Nasional ini meliputi 97% habitat laut dan 3% daratan dengan luas sekitar 890.65 km². Keindahan bawah laut yang ada di Taman Nasional ini sangatlah memukau. Kita dapat menikmati indahnya ekosistem laut yang sangat beragam.

(Photo source: Indonesia.go.id)

Taman Nasional Laut Lembeh. Keindahan alamnya juga tidak kalah memukau. Warna airnya yang biru kehijauan menandakan bahwa Pulau Lembeh ini kaya akan kekayaan bawah laut terutama terumbu karang. Di Taman Nasional ini, Anda juga dapat melakukan diving di lebih dari 95 titik. Tak kalah menarik juga, Pulau Lembeh juga menjadi tempat bagi kuda laut pygmy yang unik.

Puas berkeliling menikmati keindahan laut Sulawesi Utara, Anda bisa berkeliling Kota Manado. Tempat-tempat yang wajib Anda kunjungi di Kota Manado adalah Monumen Yesus Memberkati yang memiliki tinggi sekitar 50 meter serta mengunjungi Jembatan Soekarno yang juga menjadi destinasi wisata favorit.

Apabila Anda akan mengunjungi Sulawesi Utara, waktu yang tepat untuk berkunjung adalah ketika bulan Agustus. Ketika bulan Agustus, Tomohon surga kecil di Sulawesi Utara selalu mengadakan festival bunga yang dikenal dengan Tomohon International Flower Festival. Festival ini sangat terkenal dan diikuti oleh berbagai lembaga, peserta lokal, bahkan peserta internasional.

Pada kisaran bulan Agustus, Kota Tomohon adalah tempat yang sangat indah untuk dikunjungi. Selain adanya TIFF tersebut, bulan Agustus adalah bulan berkat sehingga masyarakatnya merayakan pengucapan syukur. Selain itu, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang ada di Kota Tomohon, juga turut memeriahkan perayaan HUT Republik Indonesia dengan mengadakan pawai marching band.

(Photo source: www.triptrus.com)

Berwisata di Kota Tomohon dapat dimulai dengan mendaki di Gunung Lokon. Gunung dengan ketinggian sekitar 1.580 meter ini, menjadi salah satu gunung yang wajib ditaklukan oleh pecinta alam yang ada di Sulawesi Utara. Kesejukan dan ketenangan jiwa dapat Anda rasakan di sini, karena suasananya yang sejuk dan tenang.

Di ujung Kota Tomohon, anda juga dapat mengunjungi Danau Linow. Danau yang terletak di Kelurahan Lahendong ini, merupakan salah satu danau yang unik. Danau ini merupakan daerah danau yang mengandung geothermal atau panas bumi. Keunikan danau ini menjadi daya tarik bagi para wisatawan untuk mengabadikannya dalam foto ataupun video. Namun, Anda harus berhati-hati ketika mengunjungi danau ini, karena di permukaan danau terdapat geothermal yang memiliki suhu relatif tinggi.

Di sekitar Danau Linow, terdapat dua area pemandian air panas yang langsung dari sumbernya. Pertama adalah Pemandian Air Panas Leilem, dan yang kedua adalah Pemandian Air Panas Lahendong. Lokasi Pemandian Air Panas Leilem lebih dekat dengan Danau Linow meskipun telah berada di lokasi yang berbeda, yaitu di Kabupaten Minahasa.

Selanjutnya, Anda dapat melanjutkan perjalanan untuk mengekspos kekayaan Sulawesi Utara, khususnya Kabupaten Minahasa. Di ujung Desa Leilem di atad bukit, Anda dapat mengunjungi Puncak Lengkoan. Anda dapat melihat pemandangan indah Kota Tomohon dari atas sini. Di sekitar tempat ini juga terdapat Perkebunan Tember, Perkebunan Wowis, dan Perkebunan Talun yang menjadi tempat masyarakat sekitar untuk menanam hasil bumi.

Perjalanan dapat dilanjutkan untuk mengunjungi Pantai Mahembang yang terletak di Kakas, Kabupaten Minahasa. Pantai ini memiliki air yang jernih dengan pasir yang putih. Di samping itu, Anda juga dapat naik ke atas bukit yang berada di sekitar pantai ini, untuk menikmati pemandangan yang indah. Namun, untuk dapat menikmati pemandangan yang indah ini, Anda harus melewati perjalanan yang panjang dan juga akses jalan yang tidak begitu bagus.

Selain Pantai Mahembang, di daerah Kakas juga memiliki berbagai pantai-pantai yang tak kalah indah. Pantai Tanjung Tumpaan adalah salah satu pantai yang wajib Anda kunjungi. Daerah bukit di belakangnya juga dapat menjadi objek foto yang indah. Di sekitar Pantai Tanjung Tumpaan juga terdapat Pantai Lakban. Namun, pantai Lakban telah masuk dalam wilayah Kabupaten Minahasa Tenggara. Di Pantai Lakban, Anda dapat menikmati indahnya sunrise, hutan bakau, dan tentunya indahnya pantai itu sendiri.

Perjalanan selanjutnya adalah dengan mengunjungi Air Konde Ratahan. Suasana yang terdapat di tempat ini sangatlah tenang, udaranya sangat segar, serta kicauan burung yang menenangkan. Selain itu, air di sini begitu jernih dan bersih. Keindahan tempat wisata ini menjadi daya tarik tersendiri, karena lokasinya yang begitu indah.

(Photo source:manado.tribunnews.com)

Trip Sulawesi Utara selanjutnya adalah dengan mengunjungi berbagai pantai yang ada di wilayah Bolaang Mongondow Timur. Meskipun daerah ini merupakan daerah yang terkenal dengan perkebunan cengkeh, akan tetapi pantai yang terdapat di sini sangat cantik. Pasirnya putih, suara desiran ombak yang menyejukan, serta keadaan pantai yang tidak tercemar membuat Anda ingin berlama-lama disini. Beberapa pantai pasir putih yang begitu indah di sini adalah Pantai Jiko, Pantai Tanjung Silar, Pantai Abadi, dan Pantai Patokan.

Penjelajahan Sulawesi Utara tidak akan pernah selesai. Selalu ada peluang adanya tempat wisata baru yang menarik perhatian. Namun, itulah pengalaman berharga yang saya lakukan selama melakukan perjanan di Sulawesi Utara. Bila Anda ingin melakukan perjalanan ke Sulawesi Utara, pastikan melengkapi hal-hal berikut:

  • Keperluan sandang selama travelling: Meliputi tas travel, pakaian, sandal, sepatu, dan keperluan lainnya.
  • Perlengkapan mandi: Meliputi sabun, shampoo, dan keperluan lainnya.
  • Perlengkapan sanitasi: Dikarenakan pandemi covid-19, salah satu syarat untuk dapat berwisata adalah menggunakan masker dan memenuhi perlengkapan sanitasi, khususnya hand sanitazer.
  • Perangkat elektronik: Untuk mengabadikan perjalanan Anda, siapkan handphone, charger, kamera, dan berbagai perangkat elektronik lainnya yang dibutuhkan.
  • Makanan: Agar supaya perjalanan Anda menyenangkan, siapkan makanan besar maupun makanan ringan untuk mengatasi perut Anda selama melakukan perjalanan.
  • Obat-obatan: Berwaspada akan hal yang akan terjadi harus Anda lakukan. Usahakan untuk terus menyediakan obat-obatan dan keperluan medis lainnya.
  • Uang tunai: Uang tunai dapat digunakan apabila beberapa keinginan belum terpenuhi. Gunakan uang tunai sebaik mungkin, dan terus siap siaga menghadapi kemungkinan apapun.

Apabila semua hal tersebut telah terpenuhi, maka perjalanan dapat dilakukan dengan tenang dan aman. Menjelajah Sulawesi Utara, Negeri Nyiur Melambai yang memukau adalah pengalaman berwisata yang luarbiasa. Dengan berwisata kita telah melakukah hal yang berguna. Selain mengurangi stress, Anda juga memanfaatkan waktu Anda sebaik mungkin.

 

Nama Penulis: Yohanes Alvitto Pua

Instagram: www.instagram.com/alvitto.__/ 

Facebook: Alvitto Pua

Press Enter To Begin Your Search
×