Loading...

Foto: Unsplash.com

Swedia merupakan sebuah negara yang sangat indah dan memiliki segudang keajaiban di setiap sudutnya. Negara yang terletak di daratan Eropa Utara, bersama dengan Finlandia dan Norwegia ini juga memiliki beragam ciri khas baik itu dari segi alamnya maupun budayanya. Misalkan kalau kita melihat dari segi keindahan alamnya, Swedia didominasi oleh gunung-gunung es di bagian utara dan kumpulan pulau-pulau kecil (archipelago) yang terdapat di bagian selatan. Tentu banyak hal yang bisa dilakukan apabila negara tersebut memiliki kekayaan kenampakan alam yang beragam. Dilansir dari visitsweden.com, para pelancong bisa melakukan berbagai hal terkait dengan alam. Di Laplandia, anda bisa melihat betapa menakjubkan dan ajaibnya Aurora Borealis sang cahaya utara setiap musim dingin atau melihat fenomena midnight sun setiap musim panas, di mana matahari tetap terlihat meskipun sudah tengah malam. Di daerah selatan, karena didominasi oleh sungai dan kumpulan pulau kecil maka aktivitasnya tidak jauh-jauh dari mendayung kayak atau trekking.

Kalau penulis yang masih bermimpi untuk pergi ke Swedia, sepertinya kalau pergi ke daerah yang berhubungan dengan alam butuh jangka waktu yang lama. Maka dalam ulasan kali ini penulis lebih mengulas kota Stockholm. Berbeda dengan ibu kota lainnya di Eropa, Stockholm menawarkan keunikan tersendiri. Ibu kota negara Swedia ini dijuluki sebagai “Venice of the North” karena lokasi ibu kotanya meliputi kumpulan 14 pulau yang berbatasan langsung dengan Laut Baltik. Jadi, kota tersebut dilingkupi juga oleh badan air. Dikutip dari laman visitsweden.com dan worldnomads.com, Swedia masih menjadi salah satu kota teraman di dunia, sehingga faktor inilah yang menjadi pertimbangan penulis untuk mengunjungi kota ini. Berhubung juga penulis anak teknik, Swedia dan kota Stockholm pada umumnya menjadi tempat pesatnya inovasi teknologi, misalnya aplikasi musik kesayangan kita, Spotify, lahir di kota ini.

Sebagai destinasi impian penulis di masa yang akan datang, ada banyak tempat di Stockholm yang suatu hari nanti ingin dikunjungi. Namun, penulis memilih dua kandidat utama yang akan dijadikan tempat pertama yang akan dikunjungi. Gamla Stan adalah kandidat pertama yang akan penulis kunjungi ketika tiba di Swedia. Tempat ini bisa dikatakan adalah kota tua Stockholm yang dibangun sejak abad ke-13, sebagai embrio awal dari Stockholm. Ketertarikan penulis terhadap bentuk-bentuk arsitektur kuno dan ambience kota tua zaman dahulu membuat penulis memilih Gamla Stan sebagai tempat yang masuk ke barisan prioritas jika kelak bisa pergi ke sana. Kawasan ini memiliki banyak sekali tempat yang bisa dikunjungi, ada Royal Palace yang merupakan istana terbesar di dunia dengan jumlah ruangan sebesar 600 ruangan. Penulis lebih suka menikmati kesendirian sambil menulis dan menikmati ambience dari kawasan ini di sekitar Österlånggatan yang terdapat banyak kafe untuk beristirahat sejenak atau duduk-duduk di Stortorget sebagai titik tengah dari kawasan ini. Di distrik tersebut banyak sekali ditemukan rumah-rumah berarsitektur kuno dengan warna-warni yang sangat jarang ditemukan di negara manapun, sehingga mata bisa termanjakan dengan segala keindahan yang ada. Apalagi kotanya yang bersih dan terjaga, itu bisa menjadi nilai plus.

Foto: Unsplash.com

Sebagai penulis yang butuh segudang ide, maka butuh tempat yang tidak terlalu ramai untuk menepi sejenak agar pikiran tidak beradu dan inspirasi bisa didapat dengan lancar. Maka penulis juga memilih pinggiran Kota Stockholm yang mengakomodir segalanya yang telah disebut di atas. Pinggiran Kota Stockholm di dominasi oleh daerah pepohonan hijau dan pulau-pulau yang mengarah langsung ke Laut Baltik. Di kawasan ini banyak hal yang bisa dilakukan mulai dari hiking, trekking, bersepeda, mendayung, atau menikmati hasil laut yang sangat lezat. Ada kawasan Landsort di pesisir Stockholm yang menawarkan keindahan alam sekaligus sejarah. Ciri khasnya adalah sebuah mercusuar tua dengan pemandangan laut yang sangat indah. Supaya lebih menikmati suasana yang ditawarkan, alangkah baiknya untuk menginap di hostel atau resort yang ada serta menikmati aktivitas yang ditawarkan.

Foto: Unsplash.com

Pergi ke Swedia, khususnya menikmati hari-hari indah di Stockholm merupakan suatu keinginan penulis yang sangat didambakan. Namun semua itu masih dalam angan-angan dan mimpi belaka, ditambah dengan kondisi dunia yang tidak menentu membuat kita semua harus banyak menunda semua rencana, termasuk dalam traveling. Dengan usaha dan terus yakin, mimpi kita pasti terwujud termasuk penulis dalam keinginannya pergi ke Stockholm. Semoga suatu hari nanti akan terkabul dan bisa menikmati semua rencana yang telah dibuat. 

 

Nama Penulis: Adiyaksa Pratama

Instagram: www.instagram.com/fotositama

Twitter: www.twitter.com/coretanAP

Facebook: Adiyaksa Pratama

Press Enter To Begin Your Search
×