Loading...

Jika mendengar nama Pompei mungkin kita sudah familiar karena kisahnya identik dengan kisah Tuhan membinasakan kota Sodom dan Gomora karena penduduknya banyak yang melakukan kejahatan, zina dan perbuatan tidak terpuji di mata Tuhan. Pompei adalah kota di zaman romawi kuno yang sekarang berada di wilayah Campania, Italia. Letak Pompei berada 25 km dari Kota Napoli dan Gunung Vesuvius.

Pada tahun 79 SM Gunung Vesuvius meletus menyebabkan batu apung, debu letusan dan puing-puing volkanik berjatuhan di Pompeii dan dengan cepat menutupi kota hingga lebih dari 3 meter dan menyebabkan banyak atap rumah runtuh. Kemudian diikuti dengan peristiwa hujan abu yang lebat, sehingga menyebabkan kota Pompei semakin tertimbun dalam hingga 6-7 meter. Pompei ditemukan secara tidak sengaja ketika sedang melakukan konstruksi pembangunan Istana Bourbon milik Raja Charles III. Saat ini Pompei merupakan salah satu situs Warisan Dunia UNESCO yang dilestarikan.

Salah satu spot ikonik di Pompei

Beruntung Saya berkesempatan mengunjungi Pompei pada bulan Agustus 2019 dan menjadi pengalaman Saya yang paling menakjubkan karena bisa melihat langsung sisa peradaban Romawi kuno yang sebelumnya hanya bisa melihat dari gambar saja. Dalam blog ini, Saya akan berbagi rencana perjalanan secara lengkap termasuk beberapa kota di sekitar Napoli yang menarik untuk dikunjungi.

Rute perjalanan rekomendasi dari Saya adalah Napoli, Pompei, Positano, Amalfi dan jika ada waktu lebih bisa mengunjungi Gunung Vesuvius dan Pulau Capri.

Untuk menuju ke Pompei akses paling cepat adalah menggunakan kereta Circumvesuviana dari Central Stazion Napoli/Napoli Garibaldi tujuan Sorrento, dan turun di stasiun Pompei Scavi. Stasiun Pompei Scavi berjarak sekitar 25 km dari Napoli Central dan ditempuh dalam waktu sekitar 30 menit. Harga tiket kereta satu arah menuju stasiun Pompei Scavi sekitar €2,5 - €3,0, bisa dibeli on the spot menggunakan mesin penjual otomatis. Gerbang pintu masuk Pompei hanya berjarak 5 menit dari stasiun. Disarankan apabila Anda bepergian ke Eropa supaya transaksi lebih mudah dan cepat, selalu membawa kartu kredit contactless Visa atau Mastercard dan uang cash.

Sesampainya di Pompei Ruins, Anda bisa membeli tiket seharga €18 dan tersedia juga audio guide dalam beberapa bahasa. Pompei dibuka dari jam 09.00 pagi sampai 17.30 sore. Untuk menghindari antrian, sangat disarankan anda membeli tiket skip the line secara online.

Korban Letusan dan Guci Peninggalan yang ditemukan di Pompei

Luas wilayah Pompei adalah 440.000 m2 yang pada jaman Romawi adalah kota dengan fasilitas yang sangat lengkap dan mewah. Membutuhkan waktu 3 hari apabila Anda akan eksplor seluruh area Pompei maka sangat disarankan supaya mengikuti panduan Top 10 Pompei Area yang disarankan untuk dikunjungi. Petunjuk dan peta dapat diunduh pada situs tersebut. Saran Saya supaya dapat menikmati Pompei dengan efektif luangkan waktu khusus mengunjungi Pompei 1 hari dan siapkan fisik, tabir surya, topi, sepatu yang nyaman, makanan dan air minum,  karena Anda akan berjalan kaki seharian.

Berikut adalah spot rekomendasi yang Anda wajib lihat di Pompei :

  1. Teatro Grande / Great Theater Of Pompei atau theater yang dipergunakan untuk pertujukan seni.
  2. Amphiteatre Of Pompei yaitu area gladiator pada jaman Romawi Kuno
  3. Forum at Pompei, semacam tempat/area umum yang dulu digunakan sebagai pusat aktivitas masyarakat
  4. Terme Del Foro / Public Bath, tempat pemandian umum di era Romawi Kuno
  5. The Sanctuary of Venus, salah satu tempat ikonik Pompei, yaitu Venus sebagai pelindung Pompei dengan pemandangan menghadap ke Gunung Vesuvius.

Apabila Anda berencana mengunjungi Italia, tidak ada salahnya memasukkan Pompei ke dalam bucket list Anda. Karena Anda bisa melihat langsung bagaimana sisa kebudayaan masyarakat Romawi Kuno yang masih ada, dan apabila Anda bayangkan, Pompei adalah kota yang sangat makmur, hal ini terlihat dari fasilitas publik yang sangat memadai pada zamannya seperti pusat kota/forum, teater seni, tempat olahraga, tempat mandi, pertokoan, dan rumah penduduk yang cukup besar, sebelum dihancurkan oleh letusan gunung Vesuvius.

Setelah selesai mengunjungi Pompei, rencana selanjutnya Anda bisa mengunjungi Positano dan Amalfi, yaitu dengan cara menggunakan kereta dari Pompei Scavi ke Sorrento, harga tiket kereta dari stasiun Pompei Scavi ke Stasiun Sorrento sekitar €2,5 - €3,0 dan melanjutan perjalanan dengan menggunakan Bus Menuju Positano dan Amalfi, harga tiket bus menuju Positano dan Amalfi €2,0 / orang, anda bisa menunggu bus tersebut persis di depan stasiun Sorrento. Total perjalanan adalah sekitar 2 dari Pompei Scavi menuju Positano dan sekitar 2,5 jam ke Amalfi.

Positano dan Amalfi adalah kota pantai di wilayah Campania yang memiliki arsitektural yang unik yaitu tebing di tepi pantai dengan susunan rumah bertingkat ke bawah dan cat berwarna-warni. Perjalanan menuju Positano dan Amalfi memang tidaklah mudah, tetapi ketika sudah sampai, Anda akan langsung jatuh cinta dengan keindahan kota ini yang telah diakui oleh UNESCO. Pada tahun 1997, UNESCO memasukkan Amalfi sebagai salah satu situs warisan dunia.

Pemandangan di Positano

Kota Positano dan Amalfi terkenal akan lemon. Anda dapat menemukan souvenir dengan tema lemon dan olahan buah lemon yang dibuat menjadi lemonade liquor, ice cream, minuman soda, dll. Salah satu liquor yang terkenal di Italia adalah Pallini Limoncello. Tipe lemon yang digunakan untuk liquor ini adalah Sfusato Amalfitano atau yang lebih dikenal dengan lemon Amalfi karena hanya dapat tumbuh di kota Amalfi. Kualitas lemon Amalfi tidak perlu diragukan lagi, karena ditanam dengan tidak menggunakan pestisida.

Anda perlu menyiapkan anggaran lebih untuk bermalam di Positano/Amalfi karena rate hotel / villa di sini tergolong mahal terutama pada musim panas, saya sarankan booking jauh hari apabila akan berkunjung ke Positano/Amalfi pada musim panas karena hampir semua penginapan sold out. Apabila ingin menekan anggaran hotel/villa. Saya sarankan untuk menginap / bermalam di Sorrento yang hanya berjarak 16km ke Positano dan 30km ke Amalfi.

 

Nama Penulis: Ardian

Instagram: ardiankaka

Twitter: ardiankaka

Facebook: Ardian Kaka

Press Enter To Begin Your Search
×