Loading...

taman nasional bunaken

Foto: Shutterstock

Taman Nasional Bunaken terletak di Manado, Sulawesi Utara. Taman Nasional ini dikenal punya pesona bawah laut yang sangat menakjubkan bahkan keindahan ini sudah diakui secara internasional, lho. Balai Taman Nasional Bunaken diresmikan pada tahun 1975. Sebelum diresmikan, ada cerita menarik antara penduduk setempat dengan penyelam. 

Pada tahun 70an masyarakat yang tinggal di sekitar Bunaken masih sangat percaya dengan kekuatan magis dan roh-roh jahat. Suatu hari ada sekelompok penyelam ingin menyelam ke dasar laut kawasan Bunaken, namun dilarang oleh masyarakat setempat karena belum lama berselang ada seorang nelayan mati saat menyelam. 

Kisah nelayan yang meninggal saat menyelam di Bunaken dihubungkan dengan hal-hal magis yang mereka percayai namun para penyelam nggak percaya begitu saja. Akhirnya beberapa penyelam nekat untuk tetap menyelam dan mereka terkejut dengan keindahan bawah laut Bunaken. Akhirnya para penyelam ini menceritakan ke pemerintah tentang surga tersembunyi di bawah laut yang mereka temukan lalu dibentuklah Taman Nasional Bunaken. 

Sampai membuat para penyelam terpesona memangnya sekeren apa sih biota laut Taman Nasional Bunaken? Balai Taman Nasional Bunaken sangat kaya dengan biota laut. Terumbu karang di Taman Nasional Bunaken sangat banyak jenisnya, kurang lebih ada 58 jenis. Selain itu ada 90 macam spesies yang menghuni terumbu karang di sini. 

taman nasional bunaken

Foto: Shutterstock

Selain itu, di Bunaken terdapat spesies penyu yang hanya bisa kamu temukan di sini aja, lho, namanya penyu sisik hawksbill. Penyu ini tidak sulit dijumpai karena mereka biasa berenang di sekitar terumbu karang bersama ikan-ikan lainnya seperti damselfish, clownfish, angelfish, dll. 

Letak Taman Nasional Bunaken mencakup wilayah seluas 280 mil. Di area seluas ini kekayaan ekosistemnya sangat melimpah. Saat menyelam di sini kamu bisa menjumpai aneka ragam ikan seperti ikan kuda gusumi, lolosi ekor kuning, goropa, oci putih, ila gasi, dan pseudanthias. 

Kawanan ikan yang berwarna sangat cantik ini biasanya jadi objek yang menarik perhatin penyelam untuk dipotret. Jika beruntung kamu juga bisa menemukan hewan lain yang nggak kalah menarik seperti galak, udang, mauskuska, burung camar, merpati laut, bangau, monyet hitam sulawesi, polecat, hingga rusa. 

Ada pula aneka ragam mangrove di pesisir pantai seperti mangrove jenis rhizopora sp., lumritzera sp., sonneratis sp., dan Brugukera sp. Tentunya ada beberapa tumbuhan menghiasi pesisir Bunaken selain mangrove seperti pohon palem, solar, kelapa, dan woka. 

taman nasional bunaken

Foto: Shutterstock

Di area Balai Taman Nasional Bunaken setidaknya ada 20 spot untuk menyelam dan 12 diantaranya persis berada di Pulau Bunaken itu sendiri. Hal yang memikat para penyelam dari Bunaken yaitu kejernihan airnya. Air di area Bunaken sangat jernih sehingga jarak pandang penyelam bisa mencapai 20 meter. Bahkan pada waktu-waktu tertentu jarak pandangnya bisa mencapai 35 km, lho. 

Taman Nasional Bunaken juga memiliki karang raksasa berbentuk melengkung dan vertikal. Karang raksasa ini menjadi tempat makan para ikan-ikan kecil di lautan. Pesona Bunaken semakin mendunia didukung dengan keramahan masyarakat setempat. Banyak dari mereka yang fasih menggunakan bahasa Inggris bahkan bahasa asing lainnya, hal ini membuat komunikasi dengan turis mancanegara jadi lebih baik sehingga para wisatawan ini jadi lebih nyaman saat berkunjung ke Bunaken. 

Gimana, seru kan menjelajah Bunaken serta menelisik cerita unik dibalik pesonanya? Kini Taman Nasional Bunaken sudah dijadikan situs warisan dunia oleh UNESCO, lho. Itu artinya kita harus menjaga kelestariannya dan menjauhkan dari tangan-tangan jahat yang merusak alam. 

Penasaran pengen melihat pesona Taman Nasional Bunaken lebih dekat? Datang langsung aja ke Bunaken! Siapkan segala akomodasi dari tiket pesawat hingga tempat menginap. Untuk urusan penginapan kamu bisa serahkan ke RedDoorz. Jalan-jalan ke Bunaken bisa lebih simple dan praktis dengan booking hotelnya via aplikasi RedDoorz. Download aplikasi RedDoorz dan rencanakan perjalanan yang tak terlupakan!

Press Enter To Begin Your Search
×