ilustrasi by Pixabay

Tulisan ini bukan hanya sekedar curhatan atau berbagi cerita saja. Tapi tulisan ini juga bentuk syukur nikmat rejeki yang diberikan Allah kepada aku dan keluarga kecil ku. Aku ke Malang bukan semata memang direncanakan untuk pergi liburan, namun bisa dibilang tugas kerja luar kota yang tapinya dijalani oleh seluruh staff yang bekerja di tempat ku bekerja.Yup, kantor ku di tempat ku bekerja dahulunya memang tiap tahun selalu mengadakan yang namanya “National Team Meeting (NTM)”. Itu merupakan kegiatan yang dilakukan setiap 1 tahun sekali untuk mempertemukan staff di seluruh penjuru lokasi wilayah kerja. Dan aku salah satu staff yang bekerja di wilayah Padang, Sumatera Barat.

Alhamdulillah, pada tahun 2018 adanya kebijakan baru dari SOP (Standar Operasional Prosedur) untuk perjalanan dinas bagi staff yang anaknya berumur di bawah 2 tahun yang masih ASI eksklusif, yaitu dibolehkan membawa anak dan seorang pendamping satu orang (agar bias mengasuh si anak disaat staff melakukan kegiatan kantor) dimana transportasi dan akomodasi ditanggung secara penuh oleh kantor. Karna kebijakan baru tersebutlah makanya aku bisa membawa anak dan suami ku untuk ikut ke Malang bersama ku. NTM berlangsung dari tanggal 13-16 Agustus 2018, dengan jadwal keberangkatan pada tanggal 12 Agustus 2018. Berhubung tanggal 18-19Agustus 2018 jatuh pada hari Sabtu dan Minggu, maka aku dan keluarga menunda kepulangan kami di tanggal 17 Agustus 2018 menjadi tanggal 19 Agustus 2018, dengan biaya akomodasi diluar tanggal NTM tersebut ditanggung secara pribadi. Dan hal tersebut juga banyak dilakukan juga oleh teman-teman kantor ku yang lainnya. Sayang kan udah jauh-jauh ke Malang kalau kita tidak eksplor tempat wisatanya. Bisa dibilang, sambil menyelam jalan-jalan. Hehehe...

Jauh-jauh hari sebelum keberangkatan, aku dan suami sudah searching tempat wisata mana saja yang akan kita kunjungi nantinya, transportasi apa yang bisa digunakan untuk ke tempat wisata dan tidak lupa juga mencari penginapan terdekat dengan tempat wisata selama tanggal 17-19 Agustus 2018. Kami tidak lupa juga menghitung perkiraan budget yang akan kami keluarkan selama kurang lebih 3 hari tersebut. Dan juga mempersiapkan apa saja yang perlu dibawa agar NTM plus liburan dapat berjalan lancar. Harap maklum kalau kami sedikit lebay, karna ini merupakan perjalanan keluarga kami untuk pertama kalinya keluar kota.

Sampai disaat hari kepergian ditanggal 12 Agustus 2018, kami dan teman-teman sekantor yang di Padang ambil penerbangan pertama di pagi buta, karna perjalanan dari Padang ke Malang adanya transit dan waktu transit dari Jakarta-Malang lumayan sedikit lama menunggu, dan agar kami semua sampai Malang bisa di Siang hari. Setelah sampainya di Malang, selama tanggal 12-17 Agustus 2018 kami menginap di suatu Cottage yang cukup terkenal di Kota Batu, Malang. Kegiatan NTM dari tanggal 12 Agustus 2018 malam sampai dengan tanggal 15 Agustus 2018 malam dilakukan di Cottage. Terkhusus tanggal 16 Agustus 2018 kami seluruh staff melakukan kegiatan berlibur bersama ke Coban Rondo. Coban Rondo merupakan salah satu tempat wisata di Malang, tepatnya terletak di Pujon sekitar 13 km sebelah barat kota Batu. Kami diberi kebebasan untuk melakukan aktivitas apa saja karna tidak ada kegiatan formal yang diadakan dari kantor. Di Coban Rondo ada Labirin besar, dimana kita mencari jalan untuk dapat mencapai titik tengah dari Labirin. Di tengah Labirin tersebut ada air mancur kecil dan ditepian diberi tempat duduk untuk pengunjung yang ingin melepas lelah. Di dekorasi seperti taman jadi bagus dijadikan spot-spot untuk berfoto oleh pengunjung. Disini kita akan merasakan sensasi tersesat mencari jalan, dan karna labirin dihiasi pohon-pohon sebagai dindingnya, jadi dijadikan untuk spot berfoto pun akan menghasilkan foto yang bagus. Kita juga bisa membuat permainan petak umpet bersama keluarga selama berjalan di Labirin.

(Foto: Dokumentasi Pribadi, diambil tanggal 16 Agustus 2018 di Coban Rondo, Malang)

Di Coban Rondo banyak spot-spot foto yang bagus, karna ada Taman yang dihiasi bunga-bunga dan lampion-lampion warna-warni. Ada salah satu spot foto yang sering di share oleh banyak orang ke instagram yaitu belah ketupat yang berjejer berwarna-warni seperti pelangi. Selain itu di Coban Rondo juga difasilitasi outbond yang menyenangkan seperti flying fog, paint ball, tembak sasaran dan masih banyak lainnya. Hamparan lapangan yang dikelilingi dengan hutan pinus dan Eucalyptus, Coban Rondo sangat pas untuk kegiatan kemping bersama keluarga dan teman-teman. Setelah selesai beraktivitas sampai sore hari, akhirnya kami kembali ke penginapan dan beristirahat.

Besok harinya tanggal 17 Agustus 2018, setelah sarapan kami berkemas untuk check-out dari penginapan karna teman-temna dari kota lain yang akan kembali ke daerah masing-masing mengambil penerbangan siang hari, dan bagi yang mengambil extend boleh melakukan perjalanan ke penginapan masing-masing yang telah di pilih. Saya dan keluarga pun keluar dari penginapan tepat jam12 siang dan berhubung hari itu bertepatan hari Jum’at, maka saya dan anak saya menunggu suami di resepsionis selama melakukan solat Jum’at sebelum melakukan perjalanan ke penginapan kami selanjutnya.

Setelah sampai di penginapan yang kedua, kami segera siap-siap untuk langsung melakukan liburan wisata yaitu ke Jawa Timur Park 2. Alasan kami memilih tempat wisata ini, karna objek wisata yang merupakan Kebun Binatang, dan pastinya anak saya yang masih berumur 11 bulan akan merasa senang. Karna tanggal 17 Agustus 2018 merupakan Hari Kemerdekaan Indonesia dan merupakan hari Libur Nasional, maka harga tiket kami pun dikenakan harga tiket weekend yang sedikit lebih mahal dari harga tiket weekdays. Dan kami membeli Tiket Terusan yaitu Batu Secreet Zoo + Museum Satwa yang seharga Rp.120.000,-/orang. Di Batu Secreet Zoo yang merupakan kebun binatang, banyak macam-macam binatang yang dapat kita lihat. Dan yang membuat saya merasa sangat senang, setiap sudut bisa dijadikan spot foto yang bagus. Karna memang dekorasi kebun binatangnya luar biasa menurut saya bagus banget dan juga terawat. Selain itu juga akan ditemuin papan informasi yang ada berisikan teka-teki atau tebak-tebakan, ada juga pengetahun tentang binatang dengan desain dan kata-kata yang menarik. Jadi pas banget dijadikan tempat wisata untuk keluarga karna juga mengedukasi.

Batu Secree Zoo, merupakan kebun binatang yang luasnya mencapai 15 hektar. Dan setiap area didedikasikan untuk jenis hewan tertentu, seperti area reptile, area aquarium, area savannah, area pasar Afrika, area fantasy land, area adventure land, dan area tiger land. Untuk area aquarium, terdapat berbagai macam jenis hewan yang tinggal di air. Sama seperti sea world kita bisa melihat binatang yang hidup di air laut dan di air tawar. Dan banyak spot-spot foto yang bagus juga di dalamnya. Kalau area savannah merupakan lorong panjang dimana nanti kita bisa melihat langsung ekosistem fauna Afrika, sekaligus dengan binatang-binatang khas lainnya. Disini habitat lokasinya didesain mirip dengan suasana Afrika. Selain itu Jawa Timur Park 2 juga menyediakan fasilitas penunjang bagi kenyamanan pengunjungnya yaitu seperti Mushola, E-bike station, Food court, Charging station, Fun house, Baby Care, Pusat informasi, Pusat oleh-oleh dan juga fasilitas permainan lainnya untuk anak-anak maupun dewasa yang menguji adrenalin ataupun yang tidak.

Selanjutnya kami masuk ke Museum Satwa, ketika baru memasuki kita dapat melihat sangkar burung raksasa. Di dalam sangkar burung raksasa ini pengunjung dapat berfoto-foto pada berbagai objek yang disediakan. Di Museum Satwa kita dapat melihat fosil maupun patung dari hewan-hewan yang telah punah maupun yang masih ada. Di Museum juga terdapat koleksi serangga lebih dari 5.000 yang didatangkan dari berbagai penjuru. Dan juga ada edukasi yang diberikan tentang kehidupan hewan-hewan purba dahulunya.

Foto: Dokumentasi pribadi, diambil tanggal 17 Agustus 2018, Batu Secreet Zoo

Setelah sampai pukul 18:00 jam operasional Jawa Timur Park 2 pun telah selesai kami pun bergegas kembali ke penginapan. Malamnya kami hanya beristirahat di penginapan saja, karna besok seharian kami akan eksplore 2 destinasi objek wisata.

Tanggal 18 Agustus 2018 pukul 08:00 setelah sarapan kami langsung menuju tempat wisata selanjutnya. Kami memilih untuk ke Jawa Timur Park 1 yang merupakan salah satu tempat rekreasi keluarga yang menawarkan berbagai wahana permainan yang menakjubkan. Jawa Timur Park 1, tempat rekreasi yang mengusung konsep edukasi untuk anak-anak. Menurut saya tempat ini cocok dijadikan untuk kegiatan sekolah yang memiliki nilai pendidikan. Untuk harga tiket weekend kami membeli tiket paket 1 yaitu untuk Jawa Timur Park 1 dan Museum Tubuh seharga 120.000/orang. Awalnya kami masuk ke Museum Tubuh atau bisa dikenal dengan The Bagong Adventure yang merupakan wisata berbau edukasi. Di Museum Tubuh terdapat zona-zona, seperti zona mata, zona  telinga, zona mulut, zona hidung dan lainnya. Tempat wisata ini secara tidak langsung mengajarkan anak-anak ataupun kita tentang anatomi tubuh, karna disetiap zonanya akan ada pemandu yang menjelaskan kepada pengunjung. Dan di dalam kita bisa mendapatkan spot-spot foto yang bagus yang bisa dimintain tolong pengambilannya sama kakak pemandunya langsung.

Foto: Dokumentasi pribadi, diambil tanggal 18 Agustus 2018, The Bagong Adventure Museum Tubuh

Setelah itu kami pun lanjut ke Jawa Timur Park 1. Disini kita dapat menemukan alat peraga ilmu terapan baik indoor maupun outdoor dan ada banyak wahana-wahana yang dapat dicoba untuk anak-anak maupun untuk dewasa, dari yang menguji adrenalin maupun yang tidak. Beberapa wahana-wahananya yaitu superman coaster, pendulum 360o, sky ride, volcano coaster, flying tornado, sky swinger dan waterboom yang dilengkapi dengan wahana air lainnya. Selain itu di Jawa Timur Park 1 juga ada wahana edukasi yang namanya Galeri Etnik dan Science Centre Jatim Park 1 . Di Galeri Etnik kita bisa melihat berbagai macam suku yang ada di Nusantara, mulai dari makanan khas, rumah adat, pakaian adat dan seni budaya lainnya. Sementara di Science Centre kita dapat belajar unsur-unsur kimia, hukum-hukum fisika dan morfologi makhluk hidup serta disediakan alat peraga dan papan informasi area pembelajaran yang bersangkutan agar kita dapat lebih memahami. Jawa Timur Park  1 juga dilengkapi fasilitas lainnya seperti mushola, toilet, baby care, food court dan toko souvenir untuk membeli oleh-oleh. Setelah pukul 16:00 kami pun memutuskan untuk pulang agar bisa istirahat karna malam harinya kami akan mengunjungi objek wisata yang dekat dengan penginapan kami, yang pastinya kami pulang setelah puas menjelajahi seluruh wahana di Jawa Timur Park 1.

Malam harinya pukul 19:00 kami mengunjung Batu Night Spectacular (BNS) dengan berjalan kaki, karna jaraknya hanya beberapa meter dari penginapan. Kami membeli tiket regular yang seharga 35.000/orang. Disini kita bisa melihat air mancur yang menari dan menjulang tinggi seolah-olah menari, air mancur akan bergerak bergantian dengan lasernya sehingga menyajikan pertunjukan yang mengagumkan. BNS terkenal dengan lampion gardennya, kita akan melihat berbagai lampion yang indah dan menawan. Dan disini bisa banyak spot foto yang bagus-bagus yang bisa diambil disetiap lampionnya. Sangat cocok untuk membawa anak berekreasi kesini.

Foto: Dokumentasi Pribadi, diambil tanggal 18 Agustus 2018, Batu Night Spectacular

Selanjutkan kami juga mengunjungi rumah kaca yang di dalamnya merupakan labirin-labirin kaca yang dimana kita harus mencari jalan keluar. Wahana rumah kaca ini menurut saya menyenangkan, selain dipenuhi kaca-kaca dan lampu serba biru yang membuat rumah kaca jadi semakin menarik dijadikan tempat untuk berfoto. Setelah puas menikmati gemerlapnya lampion dan kami pun bergegas ke wahana permainan. Tepat jam 22:30 kami pun kembali ke penginapan untuk beristirahat. Besok paginya tanggal 19 Agustus 2018, kami check-out dari penginapan karna kami mengambil penerbangan yang tidak terlalu siang dan tidak terlalu pagi, agar bisa sampai di Padang sebelum magrib, dan supaya malamnya bisa full beristirahat karna besok paginya saya dan suami sudah masuk kerja kembali seperti biasa.

Kota Malang benar-benar kota yang memberikan banyak kesan. Malang merupakan kota pelajar, bisa dilihat dari berbagai objek wisatanya yang banyak mengandung unsur edukasi. Saya dan suami pun bertekad kalau nantinya ada kesempatan kembali, kami ingin kembali berlibur ke Malang. Kami ingin mengeskplore Jawa Timur Park 2 yang belum semua wahana dapat kami kunjungi karna waktu kesana sudah sangat siang. Dan masih banyak tempat wisata yang ingin kami kunjungi di Malang yaitu Eco Green Park yang ada di Jawa Timur Park 2, Jawa Timur Park 3, Museum Angkut, Predator Fun Park,  Selecta dan lainnya. Tak ada kata menyesal untuk mengeluarkan banyak dana untuk berlibur ke  Malang, karna kita benar-benar akan puas dengan semua tempat wisata yang ada disana. Bakal banyak dapat foto-foto yang cantik dan video-video yang menarik yang bisa buat orang jadi ikutan kepingin ke Malang. Aku tak pernah merasa malang telah ke Malang. Malang, bukan liburan ku yang Malang !!!