Loading...

kota lama semarang

Foto: PIxabay

Mengalami masa penjajahan sampai ratusan tahun membuat banyak kota di Indonesia memiliki bangunan khas kolonial. Salah satunya di Kota Lama Semarang. Dulunya kawasan ini merupakan pusat perdagangan, lho. Pada abad ke 19 sampai 20, Kota Lama Semarang sangat ramai. Untuk melindungi aktivitas perdagangan, pemerintah kolonial Belanda sampai mendirikan benteng Vijhoek. Bukan cuma itu aja, ada banyak bangunan lain dengan gaya khas Eropa yang didirikan di sini. 

Area seluas 31 hektar ini ternyata masih menyimpan kenangan di masa gemilangnya dulu. Banyak bangunan peninggalan Belanda yang masih berdiri. Sebagian memang sudah usang namun masih banyak bangunan yang masih berdiri kokoh. Bangunan-bangunan ini lah yang menjadi incaran para traveler ketika datang ke Kota Lama Semarang. 

5 Lokasi Buat Hunting Foto Keren di Kota Lama Semarang

Foto-foto memang jadi aktivitas wajib buat sebagian besar traveler. Selain untuk dokumentasi, foto juga bisa bikin kamu lebih eksis di sosial media. Makanya sekarang banyak banget orang yang cari spot foto instagramable saat pergi liburan. Nah, kalau kamu berencana ke Kota Lama Semarang, ada beberapa lokasi yang cocok banget buat hunting foto. 

1. Stasiun Tawang

Tempat pertama yang bisa kamu datangi pertama kali untuk hunting foto adalah Stasiun Tawang. Kalau kamu ke Kota Lama Semarang naik kereta, kamu bisa sekalian turun di stasiun ini. Dari bentuk bangunannya sudah kelihatan banget kalau Stasiun Tawang merupakan bangunan lama. Gaya khas kolonial Belanda masih sangat kental soalnya Stasiun Tawang dibangung oleh arsitek Belanda bernama JP de Bordes. 

Butuh waktu enam tahun untuk menyelesaikan pembangunan stasiun. Stasiun ini dibangun mulai tahun 1964 sampai 1970 dan diresmikan langsung oleh Gubernur Jenderal Hindia Belanda, Baron Sloet Van de Beele. Ternyata Stasiun Tawang sangat kaya sejarah kan, RedTraveler!

2. Jendela Akar

Salah satu hal yang menarik di Kota Lama Semarang adalah banyak bangunan yang rusak dan ditumbuhi pohon. Namanya juga bangunan tua, terlebih nggak terawat, jadi wajar aja kalau banyak ditumbuhi tanaman liar. Meskipun bentuknya udah gak karuan, tapi ternyata banyak yang suka dengan bangunan seperti ini. Bangunan tua yang sebagian sisinya ditumbuhi pepohonan justru jadi hal unik yang diburu para pecinta foto.

Jendela Akar, salah satu spot foto yang harus kamu datangi. Sebenarnya Jendela Akar hanyalah bangunan tua yang memiliki jendela besar. Namun yang membuatnya beda, di samping jendela terdapat akar pohon besar yang usianya sudah ratusan tahun. Tempat ini udah terkenal banget lho, jadi kalau lagi di Kota Lama Semarang jangan lupa foto di Jendela Akar. 

3. Gereja Blenduk

Ini nih salah satu icon Kota Lama Semarang, Gereja Blenduk. Nama aslinya sebenarnya Gereja GPIB Immanuel, tapi masyarakat Semarang lebih suka menyebutnya Gereja Blenduk. Apa yang bikin Gereja Blenduk jadi ikonik? Jawabannya adalah kubahnya!

Gereja Blenduk punya kubah yang mirip dengan St Peters Basilica di Roma. Arsitekturnya sangat klasik seperti bangunan Eropa di Abad Pertengahan. Gereja Blenduk memiliki luas 400 meter persegi dan termasuk salah satu gereja tertua di Jawa Tengah, lho. Meskipun sudah berusia cukup tua, namun bangunan gereja masih berdiri kokoh. Gereja ini masih sangat terawat dan rutin digunakan untuk acara keagamaan. 

4. Gedung PT Perkebunan XV

Gedung PT Perkebunan XV berdiri sejak tahun 1999 dan digunakan oleh Pemerintah Kolonial Belanda untuk melakukan tanam paksa. Saat masih beroperasi, gedung ini dinamakan NV Cultuur Maatschapipij Der Vorstenlanden yang artinya perusahaan milik pemerintah Belanda di bidang pertanian dan perkebunan. Lama tidak diurus, akhirnya pada tahun 2012 Gedung PT Perkebunan XV dikonservasi. 

Mirip dengan gedung-gedung tua lainnya di Kota Lama Semarang, gedung ini juga masih bergaya Eropa. Banyak lengkungan di bangunannya. Ada dua menara pula di samping kanan dan kirinya. Gedung PT Perkebunan XV terletak di Jalan Empu Tantular No.5, Kota Lama, Semarang. 

5. Gedung Marba

Kalau gedung yang satu ini mungkin udah nggak asing lagi, ya. Namanya Gedung Marba. Terletak di Jalan Let. Jend. Suprapto No.33, Kota Lama, Semarang. Gedung ini sering banget dijadikan lokasi shooting maupun lokasi foto prewedding. Salah satu hal yang membuat gedung ini mudah diingat yaitu warna catnya yang merah marun serta arsitekturnya yang unik. 

Meskipun bangunannya masih berdiri tegak, namun usia Gedung Marba sebenarnya sudah sangat tua, lho. Gedung ini dibangun pada pertengahan abad ke 19 oleh Marta Badjunet, seorang saudagar kaya asal Yaman. Nama Marba diambil dari kependekan namanya. Sebelum berfungsi sebagai gudang seperti sekarang, dulunya Gedung Marba digunakan sebagai kantor usaha pelayaran dan ekspedisi kapal laut. Selain itu, gedung ini juga sempat dijadikan sebuah toko yang dinamakan De Zeikel.  Keren banget, kan? 

Nggak usah bingung cari spot foto keren saat ke Kota Lama Semarang. Ada banyak tempat yang akan memanjakan mata kamu. Agar lebih mudah menjelajahi area Kota Lama, kamu bisa cari hotel yang dekat dari sana. Selain memudahkan kamu untuk menelusuri berbagai tempat, memilih hotel dekat lokasi wisata yang ingin kamu tuju juga akan menghemat budget liburan. Cari tempat menginap di Kota Lama Semarang akan sangat mudah kalau kamu carinya di RedDoorz. Traveling jadi makin simple, menginapnya di RedDoorz aja!

Press Enter To Begin Your Search
×