Loading...

Foto: Pikist.com/sawarna-beach

Kehidupan memang ada untuk dinikmati, tentu saja dinikmati bukan untuk kesenangan tidak berarti, namun harus terus mencari kenangan yang akan selalu melekat di hati.

Jadi menurut saya pribadi, kehidupan ini tidak hanya tentang bekerja-bekerja-dan terus bekerja. Bekerja untuk mencari uang karena takut tidak tercukupi, melainkan bagaimana kita bersyukur dan berusaha untuk menghibur diri akan prestasi. Yang pastinya prestasi karena bisa menghasilkan uang untuk diri sendiri.

Bagaimana caranya menghibur diri?

Tentu saja Go Travelling!!!!!

Memilih untuk jalan-jalan bersama keluarga ataupun teman-teman terkasih yang super bikin keki, tapi tentu mereka yang bisa membuat kita beraksi jadi diri sendiri.

Tidak perlu pakai topeng pertama, ke-dua, ke-tiga, ke-empat, sampai ke-seratus ataupun ke-seribu. Karena kita bisa melakukan aksi normal sampai gila sekalipun dan mereka terpaksa harus menjadi saksi kebahagiaan perjalanan itu, tanpa akan pergi dan menghakimi kita sebagai seorang pribadi.

Terus ke mana sih perjalanan yang kira-kira berkesan, yang walaupun lokal tapi rasanya bisa seperti Internasional gitu?

Indonesia adalah negara tercinta yang memiliki banyak tempat wisata untuk dinikmati, baik Gunung ataupun lautnya dari sabang sampai merauke. Nah, untuk Lautnya yang sering kita sebut sebagai pantai ini, ada beberapa macam. Misalnya saja seperti Pantai Pari di Kepulauan Seribu, Pantai Pink di Pulau Komodo, Tomini Bay di Sulawesi, Pantai Nihiwatu di Sumba, Pantai Pandawa di Bali, Pantai Derawan di Kalimantan Timur, Pantai Ora di Maluku Tengah, Pulau Belitung di Kepulauan Bangka Belitung, Pantai Tanjung Bira di Sulawesi Selatan, dan Pantai Sawarna di Banten. Pantai-pantai ini bisa menjadi pilihan untuk kita semua yang mau menghabiskan waktu sejenak untuk mencari pengalaman berkesan. Karena pemandangannya tidak kalah jauh dengan pemandangan alam Internasional.

Selain tips untuk berjalan bersama orang terkasih dan memilih tempat indah di Indonesia untuk berjalan-jalan, tips selanjutnya adalah mempersiapkan rute tujuan dan barang-barang yang diperlukan. Tentu saja terakhir adalah kita harus mempersiapkan mental untuk berpetualang bersama orang terkasih dan menikmati waktu untuk tersesat serta tertawa bersama mereka.

Apakah ada saran atau review tentang salah satu pantai di atas yang telah disebutkan?

Tentu saja ada!!!

Pada kesempatan ini, aku akan berbagi tentang pengalaman pribadi tentang perjalanan ke Pantai Sawarna yang ada di Banten, pantai yang menjadi tempat berkesan karena tempat itu menjadi tempat aku dan saudaraku melakukan perjalanan bersama untuk pertama kalinya. Ada drama dan kejadian unik yang terjadi di dalamnya.

8 agustus 2013 adalah tanggal kepergian kami untuk pertama kalinya bersama dengan teman kakak ke Pantai Sawarna. Teman kakak ini orang yang sangat supel dan sederhana, dia orang yang suka berpetualang sehingga mengajak kami bersaudara untuk pergi jalan-jalan dengan mobil barunya menuju Pantai Sawarna. Walaupun saya tidak pernah jalan-jalan sebelumnya secara pribadi, saya percaya dengan teman kakak saya, karena dia orang yang baik dan sering berjalan-jalan ke luar kota. Pada hari yang cerah itu, dimulailah pertualangan kami menuju pantai Sawarna hanya dengan bermodalkan kendaraan beroda empat dan peta online yang masih sangat jarang di pakai.

Dari kota Jakarta, kami asal masuk tol dan kemudian menuju ke Bekasi, karena sudah sampai Bekasi, kami menyempatkan diri untuk jalan sebentar dan kembali menuju arah yang benar yaitu ke arah Banten. Kami hanya berharap pada teman kakak saya, karena kami tidak tahu jalan sama sekali.

Ternyata setelah itu, peta yang kami baca, membawa kami ke arah puncak bukit, yang akhirnya membuat teman kakak saya bingung karena kita tujuannya bukan ke gunung, namun perjalanan malah di arahkan naik terus ke bukit. Sampai akhirnya ada satu warung di tengah bukit, dan kita bertanya kepada mereka. Mereka berkata jika kita terus naik, maka tidak ada jalan untuk kembali karena itu adalah arah menuju jurang. Kami semua yang ada di dalam kendaraanpun serentak kaget dan menghela nafas lega. Ternyata bertanya pada penduduk setempat adalah hal yang sebaiknya dilakukan.

Akhirnya kami semua putar balik menuju dataran rendah, serta menemukan jalan yang tepat dan sampailah kami pada Pantai Sawarna!!! Pantai yang begitu Indah, bersih dengan laut biru serta udara yang segar. Kamipun akhirnya merapat ke restoran untuk makan sebentar.

Waktu menjelang sore, tantangan kami selanjutnya adalah mencari tempat untuk beristirahat. Namun, karena hari itu menjelang weekend sehingga sangat ramailah hotel dan penginapan. Sampai akhirnya kami diarahkan untuk menginap di rumah penduduk yang membuka jasa menginap. Senangnya bukan main, kami akhirnya dapat beristirahat.

Keesokan harinya, kami diinformasikan untuk bermain ke pantai berbentuk bulat seperti guci, yang konon jika bermain dan mandi di sana, maka akan mendapatkan jodoh lebih cepat. Karena saya lupa nama pantainya mungkin bisa ditanyakan pada penduduk setempat.

Selain itu, ada Goa yang terletak di Sawarna namanya adalah Goa Lalay. Semakin masuk ke dalam,akan bertambah gelap dan pemandangan eksotis alamnya semakin terlihat. Untuk masuk ke dalam goa, kita sangat memerlukan pemandu wisata ya, karena jalan goa agak berat dan panjang.

Foto: Anakbackpacker.wordpress.com

Pantai Sawarna sangat berkesan karena pantai ini adalah pantai lokal yang pemandangannya Indah layaknya Pantai yang ada di Manca Negara. Keunggulannya tempat lokal ini di bungkus juga dengan cerita rakyat yang menggoda kita untuk mendatangi tempat sekitar dan menikmati pemandangan yang berharga.

Tidak lupa untuk tersenyum menghadap pantai dan membagi cerita serta menyimpan kenangan dalam sebuah rekaman dari jepretan-jepretan berharga pada kamera kita.

Foto: Dokumentasi Pribadi

Apakah kamu siap untuk menjadi petualang selanjutnya ke Pantai Sawarna ini?

Jangan lupa untuk : Siapkan mental petualang, Teman atau keluarga yang gokil, Perlengkapan travelling, dan Keberanian untuk bertanya pada penduduk setempat, karena mereka yang akan lebih tahu banyak tentang tempat-tempat indah yang tidak diketahui turis lainnya loh!

 

Penulis: cornelia franciska

Instagram: @cornfranciska

Facebook: cornelia franciska

Cropped fav logo@2x
Press Enter To Begin Your Search
×