Loading...

pulau bintan

Ilustrasi foto: Pixabay

Pulau Bintan adalah pulau terbesar di Kepulauan Riau. Lokasinya berada di dekat perbatasan antara Indonesia dan Singapura sehingga pulau ini sangat terkenal di kalangan traveler dari negara tetangga. Pulau Bintan terkenal dengan resort-resort mewah yang tersebar hampir di seluruh wilayahnya. Bentang alamnya yang mempesona menjadi daya tarik yang kuat pagi para wisatawan, nggak heran banyak yang menjadikan Pulau Bintan sebagai destinasi liburan kaum jetset. 

Keindahan Pulau Bintan yang Highly Recommended

Terkenal sebagai destinasi wisata mewah, keindahan Pulau Bintang memang nggak perlu diragukan lagi. Pulau Bintan punya bentang alam yang beragam sehingga nggak membosankan. Ada banyak tempat menarik yang recommended untuk dikunjungi di Pulau Bintan. Check this out!

Pantai Trikora

Kalau datang ke Pulau Bintan, mengunjungi Pantai Trikora sudah pasti jadi hal yang wajib kamu lakukan. Dari pusat Kota Tanjungpinang pantai ini berjarak kurang lebih 45 km. Pantai Trikora punya garis pantai yang sangat panjang, saking panjangnya pantai ini dibagi menjadi empat bagian yaitu Trikora 1, Trikora 2, Trikora 3, sampai Trikora 4. Untuk keindahannya nggak perlu diragukan lagi. Pantai Trikora adalah tempat yang sempurna untuk menikmati deburan ombak jernih di Kepulauan Riau. 

Gurun Pasir Busung dan Telaga Biru

pulau bintan

Foto: Shutterstock

Gurun memang jadi panorama yang identik dengan negara-negara Timur Tengah dan Afrika, namun kalau mau menikmati keindahan gurun pasir kamu nggak perlu pergi jauh-jauh ke sana kok. Indonesia juga punya gurun pasir yaitu Gurun Pasir Busung di Pulau Bintan. Kawasan ini punya lanskap yang agak asing dibandingkan bentang alam di Indonesia pada umumnya. 

Gurun Pasir Busung membentang seluas 6.000 ha. Saat pertama kali melihatnya kamu akan takjub dengan pemandangan yang kamu temui. Gundukan pasir bergelomang sejauh mata memandang terlihat sangat menawan. Hal lain yang nggak kalah unik yaitu keberadaan telaga di tengah hamparan gurun pasir. Air di Telaga Biru berwarna biru pakat, semacam jadi oase di tengah gersangnya padang pasir yang luas. Telaga ini terbentuk dari bekas cekungan tambang yang terisi air hujan. Menarik banget bukan?

Rumah Arang

Bentuknya memang mirip iglo, tapi tempat tinggal yang satu ini bukan terbuat dari es. Namanya Rumah Arang, bangunan yang mirip iglo tapi terbuat dari batu bata. Bangunan ini dibuat oleh suku asli Pulau Bintan, Suku Laut. Rumah Arang sebenarnya adalah dapur untuk membuat arang. Saat ini mungkin kamu akan kesulitan menemukan Rumah Arang di Pulau Bintan karena keberadaannya yang semakin langka. Banyak Rumah Arang yang sudah rusak karena bata-batanya sudah lapuk. 

Gunung Bintan

Hal lain yang membuat bentang alam Pulau Bintan menarik salah satunya karena keberadaan Gunung Bintan. Gunung Bintan memang nggak setinggi gunung-gunung di Jawa pada umumnya. Gunung yang berjarak 55 km dari Kota Tanjungpinang ini hanya memiliki ketinggian 400 meter di atas permukaan laut. Untuk mencapai puncaknya kamu hanya perlu mendaki selama 2 jam aja! Medannya yang relatif mudah cocok banget buat para pendaki pemula. 

Vihara Patung 100 Wajah (Vihara Ksitigarbha Bodhisattva)

pulau bintan

Foto: Shutterstock

Tempat unik lainnya yang bisa kamu temukan di Pulau Bintan yaitu Vihara Ksitigarbha Bodhisattva atau yang lebih dikenal dengan sebutan Vihara Patung 100 Wajah. Saat pertama kali menginjakkan kaki di komplek vihara kamu akan disambut oleh patung Budha besar berukuran 5 m. 

Kamu bisa menyusuri jalan sepanjang dinding vihara kemudian kamu akan menemukan ratusan patung Budha. Patung-patung ini punya ekspresi wajah yang berbeda-beda. Katanya ekspresi itu menunjukkan wajah Budha saat berwujud manusia. Meskipun jumlahnya sangat banyak tapi sebenarnya jumlah patung di Vihara Ksitigarbha Bodhisattva nggak sampai 1.000. Dinamakan demikian hanya untuk memudahkan penamaannya saja. 

Terbukti kan kalau Pulau Bintan punya bentang alam yang beragam serta wisata yang nggak ngebosenin! Pulau Bintan cocok banget dimasukkan ke dalam daftar tempat yang wajib kamu kunjungi. Kalau sudah merencanakan perjalanan ke Bintan, jangan lupa rencanakan juga tempat menginapnya. Kamu bisa pilih hotel di Pulau Bintan dekat pantai agar lebih leluasa menikmati keindahan pesisir Pulau Bintan. Atau kamu juga bisa pesan hotel lainnya yang lokasinya strategis. Dapatkan hotel yang kamu inginkan hanya di RedDoorz. Download aplikasi RedDoorz sekarang!

Press Enter To Begin Your Search
×