Loading...

dataran tinggi dieng

Foto: Unsplash

Dataran Tinggi Dieng punya panorama alam yang indah. Nggak heran, kawasan ini menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Indonesia. Ketinggian Dataran Tinggi Dieng yaitu sekitar 2.158 meter di bawah permukaan laut.  Buat kamu yang suka pegunungan dan suasana dingin, lokasi ini wajib kamu masukin ke wishlist sebagai destinasi wisata yang akan dikunjungi nanti.

Keindahan Dataran Tinggi Dieng dan Keunikannya

Dataran Tinggi Dieng terletak di provinsi Jawa Tengah tepatnya di antara kabupaten Wonosobo dan Banjarnegara. Ada banyak jenis wisata yang berada di kawasan ini dan pastinya worth it banget untuk refreshing. Kira-kira ada apa aja ya? Berikut pilihan destinasi wisata Dataran Tinggi Dieng yang indah dan juga unik.

Telaga Warna

dataran tinggi dieng

Ilustrasi Foto: Unsplash

Telaga Warna Dataran Tinggi Dieng punya warna air yang berubah-ubah tiap harinya. Telaga ini kadang berwarna hijau, kuning, dan juga pelangi. Hal itu terjadi karena telaga tersebut mengandung sulfur dan kalau terkena sinar matahari akan mengeluarkan warna yang berbeda.

Telaga warna berada di ketinggian dua ribu di atas permukaan laut dan merupakan telaga terluas yang ada di dataran tinggi. Kalau kamu mau menikmati keindahan telaga ini, kamu bisa melihat dari atas bukit Ratapan Angin. Dari situ kamu bisa menyaksikan panorama indah sambil menikmati semilir angin dari atas bukit.

Waktu yang paling cocok untuk berkunjung ke sini yaitu pada pagi sampai siang hari. Karena pada saat tersebut, sinar matahari sedang terik-teriknya sehingga kamu bisa melihat telaga yang benar-benar berwarna.

Bukit Sikunir

dataran tinggi dieng

Foto: Unsplash

Salah satu daya tarik Dataran Tinggi Dieng adalah golden sunrise nya. Buat kamu yang suka melihat matahari terbit, Bukit Sikunir adalah pilihan yang tepat. Bukit Sikunir berada di Desa Sambungan, Wonosobo, Jawa Tengah.

Selain terkenal dengan golden sunrise nya, bukit ini juga punya delapan gunung di sekitar Bukit Sikunir. Kamu akan dimanjakan dengan panorama indah yang bisa membuat kamu terpana. Pemandangan gunung-gunung tersebut akan terlihat lebih jelas saat cuaca cerah.

Untuk mencapai puncak bukit ini, kamu hanya perlu mendaki sekitar 30 – 45 menit saja dengan akses jalan yang sudah memadai. Ada tangga dan juga pegangan di sekitar tangga yang bisa kamu gunakan saat mendaki.

Gunung Prau

dataran tinggi dieng

Foto: Unsplash

Buat kamu yang punya jiwa petualang, Dataran Tinggi Dieng Wonosobo punya destinasi pendakian yang cukup digemari banyak wisatawan. Gunung Prau punya puncak ketinggian 2.565 mdpl di bawah permukaan laut dan cocok untuk kamu yang ingin mendaki untuk pertama kalinya.

Jika Bukit Sikunir punya panorama sunrise nya yang cantik, Gunung Prau sebaliknya. Gunung Prau menawarkan panorama matahari terbenam yang nggak kalah spektakuler. Saat mendaki, kamu akan melihat hamparan bunga yang cantik yang bisa kamu jadikan spot untuk foto.

Selain itu, kamu juga bisa melihat telaga warna dari puncak gunung ini. Sangat indah, bukan?

Komplek Candi Arjuna Dieng

dataran tinggi dieng

Ilustrasi Foto: Unpslash

Selain panorama alamnya, Dataran Tinggi Dieng juga punya lokasi sejarah yang bisa kamu kunjungi ketika berada di kawasan ini. Ada lima buah candi dalam komplek Candi Arjuna ini, yaitu Candi Arjuna, Candi Semar, Candi Srikandi, Candi Puntadewa, dan Candi Sembrada. Kelima candi tersebut terletak sejajar lurus satu sama lainnya.

Candi-candi tersebut merupakan peninggalan dari Kerajaan Mataram Kuno yang ada di Dieng. Kamu akan dikelilingi dengan rerumputan dan pemandangan yang asri saat berada di sana.

Gardu Pandang Dieng

dataran tinggi dieng

Foto: Unsplash

Lokasi yang satu ini sering dijadikan alternatif untuk melihat golden sunrise tapi nggak sempat mendaki ke Bukit Sikunir. Hampir tiap paginya, lokasi ini banyak dikunjungi untuk menikmati indahnya matahari terbit.

Kamu akan menikmati pemandangan perbukitan kebiruan yang diselimuti kabut tipis dan juga pedesaaan dari arah timur. Di arah selatan kamu akan menyaksikan salah satu pegunungan yang menjulang tinggi di Dieng, yaitu Gunung Sindoro.

Ketika berada di sini kamu akan seperti berada di atas awan. Jadi wajar saja kalau Dieng dijuluki dengan nama negeri di atas awan.

Kawah Sikidang

dataran tinggi dieng

Ilustrasi Foto: Unsplash

Kawah Sikidang terbentuk dari letusan Gunung Prau bertahun-tahun yang lalu. Kawah ini berada di tanah yang datar sehingga mudah dijangkau oleh para wisatawan yang ingin melihat aktivitas vulkanik yaitu lumpur panas meletup-letup dan gas yang berwarna putih berkumpul di udara.

Selain karena aktivitas vulkaniknya, kawah ini terkenal dengan kolam kawahnya yang berpindah-pindah setiap empat tahun sekali. Kawah utama akan seolah-olah melompat dalam satu area seperti hewan kijang yang suka melompat. Sehingga banyak wisatawan yang datang untuk menyaksikan fenomena unik tersebut.

Buat kamu yang ingin mengunjungi Dataran Tinggi Dieng jangan lupa untuk mempersiapkan semuanya dengan matang ya, terutama penginapan. Kamu bisa memilih penginapan yang berada di sekitaran Dieng agar lebih dekat.

Untuk urusan penginapan kamu bisa temukan di RedDoorz. Tinggal booking penginapan yang kamu mau dari aplikasi RedDoorz. Yuk, install sekarang juga!

Press Enter To Begin Your Search
×