Loading...

Pegunungan Ijen bukan hanya danau tosca dan blue firenya yang terkenal hingga mancanegara. Tetapi Ijen mempunyai banyak pesona keindahannya salah satunya yaitu kawah wurung sebuah hamparan tanah atau bisa di sebut sabana yang sangat luas nan hijau sangat memanjakan mata. Kawah wurung  terletak di ketinggian 1500 mdpl di lereng gunung ijen sehingga suhu udara disini tetep adem dan sangat nyaman untuk sekedar menepi sejenak karena tidak membutuhkan tenaga yang extra untuk menuju di atas perbukitan tersebut hanya trekking anak tangga yang hanya membutuhkan waktu tak sampai 15 menit saja kita uda sampai atas.

Perjalanan menuju kawah wurung

Perjalanan menuju kawah wurung ini saya tempuh melalui kabupaten Banyuwangi. Akses perjalanannya pun sangat mudah hanya mengikuti jalanan menuju kawah Ijen karena memang searah dengan kawah wurung. Hanya saja kita harus meneruskan perjalanan dari pos paltuding kawah ijen menuju ke arah Bondowoso tepatnya di daerah sempol. Perjalanan menuju kawah wurung tidak membuat saya bosan, view selama perjalanan sangat memanjakan mata mulai dari memasuki hutan belantara di pegunungan ijen, perbukitan, hingga perkebunan kopi dan beberapa kebun milik warga.

Jalan menuju kawah wurung setelah melewati pos paltuding kawah ijen

Setelah melewat lebatnya hutan di gunung ijen, jalanan naik dan turun kini perjalanan saya di hadapkan oleh indahnya perbukitan serta gunung raung di ujung sana kami pun berhenti sejenak tepat di pinggir jalan untuk beristirahat sekaligus menikmati panorama alam pegunungan. 

Selama 15 menit kemudian kami pun mulai melanjutkan perjalanan kembali menuju lokasi di mana kawah wurung berada. 

Foto ini kami abadikan tepat di pinggir jalan

Ternyata ujung timur Jawa ini mempunyai banyak sekali panorama alam yang sangat mempesona bukan hanya gunung dan pantai, perbukitan pun sangat indah sekali. Selama perjalanan menuju kawah wurung tak henti-hentinya saya mengucapkan “indah sekali” karena memang banyak sekali panorama alam yang disuguhkan di kanan dan kiri jalan.

Setelah melewati beberapa desa kita akan menemukan sebuah petunjuk arah kawah Wurung dari situ lah kita akan melewati jalanan yang beralaskan semen dan di kiri kanan terdapat pohon kopi arabica yang tumbuh sangat subur nan hijau.

Petunjuk arah menuju kawah wurung yang selalu kita jumpai di sepanjang jalan

Setelah melewati pepohonan kopi kita akan menjumpai satu desa lagi yaitu desa Sempol yang menjadikan desa tersebut adalah desa terakhir sebelum menuju kawah Wurung. Perjalanan dipagi ini saya disambut oleh ramahnya anak-anak yang hidup di pedesaan. Lambaian tangan dari wajah-wajah yang masih polos seolah-olah saya mengingat masa lalu dimana sayapun juga hidup di pedesaan yang jauh dari pusat kota yang juga di daerah wisata begitu menjumpai wisatawan asing hati pun sangat senang.

Tidak perlu khawatir untuk kalian yang sedang ingin berkunjung di kawah wurung. Desa sempol ini masih banyak sekali penduduknya sehingga desa tersebut masih menyediakan minuman seperti aqua dan jajanan lainnya seperti halnya toko-toko yang kita jumpai. Namun perjalanan menuju kawah wurung tidak berhenti disitu saja. Kita harus melanjutkan perjalanan lagi dan melewati jalanan tanah yang bergelombang bercampur bebatuan kecil. 

Tidak membutuhkan waktu yang lama melewati ladang warga kita akan disuguh oleh tulisan besar bertuliskan “kawah wurung” dan gundukan tanah dengan rerumputan hijau, di puncak situlah tempat kita bisa melihat hamparan tanah yang sangat luas. Hanya Rp10 ribu saja untuk tiket masuk sekaligus parkir kendaraan sepeda motor kita bisa puas menikmati panorama alam yang sangat indah nan memesona.

Tidak sabar rasanya untuk bisa menikmati panorama alam yang sangat indah ini dari atas sana,  setelah parkir sepeda motor kami langsung menaiki anak tangga hanya membutuhkan 15 menit saja saya sudah sampai puncak.

Menaiki anak tangga yang terletak disamping parkir area.

Puncak

Puas rasanya setelah menumpuh perjalanan jauh melewati berbagai vegetasi yang ada di kawasan pegunung Ijen. Udara sejuk dan adem membuat saya sangat betah untuk berlama-lama di sini selain sepi tempat ini pun begitu bersih tidak ada sampah yang berserakan.

Nah, buat kalian yang sedang ingin berkunjung kesini yuk jaga kebersihan untuk tempat seindah ini dan taati peraturan yang ada di kawasan tersebut.

Penulis: anwar nuris

Instagram: norissanwar

Twitter: anwarnoriss

Facebook: anwarnoriss

Cropped fav logo@2x
Press Enter To Begin Your Search
×