Loading...

(photo source: pixabay.com)

Pada hari Selasa, aku dan Lusi (pacarku) jalan-jalan ke Jembatan Gantung Situ Gunung yang ada di kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi. Kita berencana berwisata ke sana untuk merayakan Anniversary yang ke-1 tahun dan juga kita belum pernah sama sekali berkunjung ke sana.

Kita berangkat naik sepeda motor dari kost Lusi (pacarku) yang berada di kota Depok sekitar jam 08:00 WIB, lalu sampai di Taman Nasional Konservasi Gunung Gede-Pangrango sekitar jam 12:35 WIB, dikarenakan pada hari itu jalan raya Cicurug dan Cibadaknya cukup macet.

Kemudian kita membeli dua tiket masuk Taman Konservasinya saja yaitu: Per orang harganya Rp16 ribu dan tiket parkir motornya Rp5 ribu, lalu kita masuk ke dalam Taman Konservasinya, kemudian aku parkirkan motorku di tempat parkir yang telah disediakan. Karena pas banget bertepatan dengan jam makan siang, lalu kita makan siang dulu di rumah makan yang ada di Taman Konservasi tersebut.

Setelah makan siang sekitar jam 13:40 WIB kami menuju pintu masuk lokasi Jembatan Gantung Situ Gunung. Dari depan pintu masuknya kita juga sambil membuat video vlog. Selanjutnya kita membeli 2 tiket masuknya yaitu: Per orang harganya Rp50 ribu sudah termasuk tiket Jembatan Gantung Situ Gunung, Curug Sawer dan snack ala-ala Sunda gitu.

Sebelum masuk kita harus scan terlebih dahulu tiket masuknya yang berbentuk gelang kertas berbarcode yang discan menggunakan infrared. Lalu kita masuk ke dalam lokasi wisata. Kemudian kita jalan lagi menuju pos area snack yang lokasinya tidak terlalu jauh dari pintu masuk, hanya saja jalanannya masih jalan setapak gitu.

Setelah itu sekitar jam 13:50 WIB sampailah kita di pos area snack, di sana snacknya ala-ala Sunda gitu. Seperti singkong rebus, pisang rebus dan keripik singkong, lalu untuk minuman hangatnya tersedia teh manis hangat dan kopi hitam. Kemudian kami jalan lagi sambil membawa snack dan minuman hangat menuju teater alam Situ Gunung yang tidak jauh dari pos area snack, dikarenakan kita berkunjung pada saat weekday, jadi theater alamnya tidak beroperasi. Kemudian kita duduk di bangku-bangku yang terbuat dari kayu gitu, sambil menikmati snack dan teh hangat di depan teater alam tersebut.

(photo source: dokumentasi pribadi)

Setelah itu kami jalan kembali menuju lokasi tempat Jembatan Gantung Situ Gunung, kemudian sampailah di sana sekitar jam 14:10 WIB. Sebelum masuk ke lokasi kita harus memakai alat pengaman seperti mau naik Flying Fox gitu, supaya lebih safety. Selanjutnya kita masuk ke Jembatan Gantungnya, di sana kita berjalan-jalan, berfoto-foto dan memandangi pemandangan alam Situ Gunung dan Gunung Gede-Pangrango yang sangat indah dari atas Jembatan Gantung.

Sekedar informasi saja Jembatan Gantung Situ Gunung terkenal dengan Jembatan Gantung Terpanjang dan Tertinggi seAsia Tenggara, juga lagi ngehits banget nih, karena pemandangan dan tempatnya yang Instagramable banget pokoknya.

(photo sorce: dokumentasi pribadi)

Setelah itu kita jalan lagi menuju Curug Sawer, untuk akses jalananya masih jalan setapak berbatu dan naik turun gitu, pokoknya sedikit melelahkan karena cukup jauh jalan menuju Curug Sawernya. Dan juga sebelum sampai di tempat Curug Sawer ada Kantin atau tempat jajanan gitu. Kemudian sampailah kita di Curugnya sekitar jam 15:40 WIB, lalu kita menikmati udara yang segar, suara gemercik air terjun, suara-suara serangga dan pemandangan indah Curug Sawer, serta kami juga berfoto-foto di atas dermaga kayu di depan Curug Sawernya.

Untuk peraturan di Curug Sawer tidak boleh berenang atau mendekati air terjun, karena cukup berbahaya dan di sana difasilitasi kayak dermaga dari lantai kayu gitu, supaya pengunjung tetap aman untuk melihat dan menikmati Curugnya dari sana. Pokoknya tempat ini cocok banget buat refreshing, liburan dan jalan-jalan. Setelah itu sekitar jam 16:50 WIB kita keluar dari tempat wisata Jembatan Gantung Situ Gunung, kemudian sekitar jam 17:00 WIB kita pulang kembali menuju Kostan Lusi (pacarku) yang berada di Kota Depok.

 

Penulis: Sopian Hadi

Instagram: @vian_felix

Twitter: @vian_felix

Facebook: Sopian Had

Press Enter To Begin Your Search
×