Loading...

danau toba

Foto: Pixabay

Danau Toba adalah danau terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara. Danau ini tidak sekedar luas tapi juga sangat indah. Danau seluas 1.145 kilometer ini memiliki kedalaman 450 meter. Saking luas dan dalam bahkan banyak yang menyebut bahwa Danau Toba lebih mirip lautan daripada danau. Danau Toba sendiri terletak di Provinsi Sumatera Utara dan mencakup beberapa kabupaten sekaligus yaitu Kabupaten Samosir, Toba Samosir, Simalungun, Karo, Tapanuli Utara, Humbang Hasundutan, dan Dairi. 

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan Sambil Menikmati Keindahan Danau Toba 

1. Memancing ikan batak, ikan yang hanya ada di Danau Toba

Punya area yang sangat luas serta berada di tengah Pulau Sumatera membuat Danau Toba terisolasi dalam waktu yang sangat lama. Hal ini membuat ekosistem Danau Toba memiliki keunikan, salah satunya spesies ikan yang hanya ada di sana. Ikan Batak, ikan yang hanya bisa kamu jumpai di Danau Toba. 

Ikan ini biasa dikonsumsi masyarakat setempat dan dimasak menggunakan rempah-rempah lokal. Nah, buat kamu yang suka memancing kamu bisa coba memancing ikan batak saat ke Danau Toba. Tapi kamu harus ekstra sabar ya soalnya jumlah ikan batak kini semakin langka. 

2. Menyusuri Danau Toba dengan kayak

Melihat danau yang seluas ini rasanya sanyang banget kalau nggak nyobain berlayar diatasnya. Kalau kamu pengen coba berlayar di Danau Toba kamu bisa lho menyewa kayak untuk menyusuri danau. Di sekitar danau ada beberapa penyewaan kayak yang bisa dengan mudah dijumpai. Waktu yang ideal untuk berlayar di Danau Toba sekitar pukul 8 hingga 10 pagi. Pada waktu ini ombak cukup tenang sehingga sangat aman untuk orang yang belum pernah naik kayak sebelumnya. 

3. Berkemah di Bukit Holbung untuk melihat Danau Toba dari ketinggian

danau toba

Foto: Pixabay

Di dekat Danau Toba ada sebuah bukit yang tidak terlalu tinggi yaitu Bukit Holbung. Bukit ini terletak di Desa Janjimarhatan, Kabupaten Samosir. Karena ketinggian Bukit Holbung tidak sampai 1.350 mdpl bukit ini sering disebut Bukit Teletubbies. 

Buat orang yang suka mendaki, bukit ini sering dijadikan lokasi untuk camping. Memang medannya tidak terlalu menantang adrenalin tapi pemandangan dari puncak bukit luar biasa indah. Dari sana kamu bisa langsung menikmati hamparan Danau Toba dari ketinggian. 

4. Bersepeda mengelilingi Danau Toba

Di beberapa titik dekat Danau Toba ada medan yang sangat cocok bagi para pesepeda seperti di Berastagi, Tigaras, Tuktuk, Samosir, dll. Lokasi ini punya trek datar, naik, dan turun di sepanjang 87 km! Trek yang bervariasi serta sangat panjang ini dimanfaatkan para pesepeda untuk bersepeda sambil menikmati udara di sekitar Danau Toba. Buat pesepeda yang nggak biasa dengan medan yang berat, kamu bisa pilih trek yang relatif datar sehingga lebih aman.

5. Main di Air Terjun dekat Danau

Ternyata Danau Toba dikelilingi oleh 12 air terjun, lho! Air terjun di sekeliling Danau Toba juga nggak kalah cantik. Destinasi ini bisa jadi alternatif wisata kalau kamu sudah puas menjelajah Danau Toba.  

Air terjun yang bisa kamu kunjungi antara lain Air Terjun Hadabuan Naisogop, Air Terjun Efrata, Air Terjun Sigarantung, Air Terjun Situmurun, Air Terjun Sigura Gura, Air Terjun Tonduhan, Air Terjun Sipiso Piso, Air Terjun Siboruon, Air Terjun Janji, Air Terjun Sampuran, Air Terjun Hadabuan Naisogop, Air Terjun Efrata, Air Terjun Sigarantung, Air Terjun Situmurun, Air Terjun Binanga Bolon, Air Terjun Siboruon, Air Terjun Janji, Air Terjun Sampuran, Air Terjun Hadabuan Naisogop,  Air Terjun Hadabuan Naisogop, Air Terjun Efrata, Air Terjun Sigarantung, Air Terjun Situmurun, Air Terjun Sigura Gura, Air Terjun Tonduhan, Air Terjun Sipiso Piso, dan Air Terjun Simanimbo. 

Memang nggak ada habisnya ngomongin soal keindahan Danau Toba. Berhubung sebentar lagi libur panjang kamu bisa siapkan rencana liburan ke Danau Toba. Pilih hotel dekat Danau Toba di RedDoorz aja. Kamu bisa pilih hotel RedDoorz yang memiliki sertifikasi HygienePass agar menginap bebas dari rasa khawatir. Download aplikasi RedDoorz dan menginap jadi #SiapLebihAman!

Press Enter To Begin Your Search
×