Loading...

wisata palembang

Foto: Shutterstock

Meski kurang terkenal Palembang ternyata memiliki banyak destinasi wisata nggak bisa dipandang sebelah mata, lho. Banyak wisata Palembang yang menarik untuk dikunjungi. Cek daftar tempatnya di bawah sini. 

Wisata Palembang yang Nggak Kalah Keren dari Tempat Wisata di Kota Lainnya

Saat berkunjung ke Palembang, tempat wisata ini wajib banget kamu kunjungi!

Hutan Punti Kayu

Punti Kayu merupakan hutan yang berada di tengah Kota Palembang. Hutan ini didominasi pohon pinus dengan luas area mencapai 12 hektar. Hutan Punti Kayu biasanya dijadikan tempat wisata bagi masyarakat setempat karena lokasinya yang sangat mudah dijangkau. Tempat ini sering dijadikan area piknik bagi keluarga, teman, maupun berbagai komunitas. 

Hutan Punti Kayu berlokasi di Jalan Kol. Burlian km 6,5, Karya Baru, Alang-Alang Lebar, Kota Palembang. Jam operasionalnya mulai dari jam 09.00 hingga 16.00. Untuk tiket masuknya juga cukup terjangkau, Rp20 ribu untuk anak-anak dan Rp25 ribu untuk orang dewasa.

Bukit Siguntang

Pada abad XIV-XVII Bukit Siguntang merupakan tempat yang dianggap suci. Di sini terdapat makam para keturunan keluarga Kerajaan Sriwijaya. Tempat ini pun dianggap sebagai tempat yang sangat bersejarah bagi Kerajaan Sriwijaya yang pernah menjadi pusat penyebaran agama Budha di Nusantara. 

Bukit Siguntang memiliki luas mencapai 12,8 hekar. Lokasinya berada di Jalan Srijaya Negara, Bukit Lama, Ilir Barat I, Palembang. Bagi pecinta sejarah dan ingin melihat peninggalan kejayaan Kerajaan Sriwijaya, kamu wajib banget datang ke sini. 

Pulau Kemaro

wisata palembang

Foto: Shutterstock

Pulau Kemaro merupakan delta kecil yang terletak di tengah Sungai Musi. Di pulau ini terdapat sebuah bangunan yang sangat legendaris yaitu Klenteng Hok Tjing Rio. Pulau ini dinamakan kemaro karena pulaunya yang tidak pernah tenggelam meskipun Sungai Musi sedang pasang.  Selain namanya yang unik, ada legenda yang sangat populer tentang pulau ini, lho. 

Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya

Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya adalah sebuah situs yang berbentuk taman dan bekas pemukiman pada masa Kerajaan Sriwijaya. Di area ini ditemukan jaringan kanal, parit, dan kolam yang tersusun rapi seperti taman buatan manusia. Oleh karena itu tempat ini dikaitkan dengan taman pada masa kerajaan.

Selain taman, di sini juga ditemukan banyak benda peninggalan purbakala yang menunjukkan bahwa tempat ini dulunya adalah pemukiman penduduk yang penuh dengan aktivitas. 

Museum Al-Quran

Museum Al-Quran terletak di Jalan Moh. Amin, Gandus, Palembang. Tempat wisata di Palembang yang satu ini ternyata museum Al-Quran terbesar di dunia, lho. Museum Al-Quran atau lengkapnya bernama Museum Bayt Al-Qur'an Al-Akbar memiliki tinggi 15 m dengan dinding kayu yang dihiasi ukiran ayat suci al-quran yang dipahat langsung oleh orang Palembang. 

Karena dianggap tempat yang suci bagi pengunjung yang hendak ke sini dihimbau untuk menggunakan pakaian sopan dan tertutup. Khusus bagi wanita diwajibkan menggunakan jilbab. 

Agar tetap aman saat berkunjung ke wisata Palembang jangan lupa patuhi protokol kesehatan. Pilih juga hotel yang terjamin kebersihannya seperti RedDoorz. RedDoorz memiliki sertifikasi HygienePass yang menjamin hotel bersih dan mematuhi protokol kesehatan. Download aplikasi RedDoorz dan temukan hotel yang terjamin kebersihannya!

Press Enter To Begin Your Search
×