Loading...

pantai di indonesia

Ilustrasi Foto: Unsplash

Indonesia adalah negara kepulauan yang punya banyak pantai dan ombak yang tinggi untuk olahraga air terutama surfing. Pantai di Indonesia sendiri jumlahnya sangat banyak, mulai dari Sabang sampai Merauke. Buat kamu pecinta surfing, RedDoorz kasih rekomendasi nih, spot pantai untuk berselancar di Indonesia yang pastinya sudah diakui oleh mancanegara.

Pantai Sorake, Nias

pantai di indonesia

Ilustrasi Foto: Unsplash

Pantai di Indonesia yang indah ini sering dijadikan lokasi kejuaraan surfing internasional. Pantai Sorake punya ombak yang tinggi dan menghadap langsung ke Samudera Indonesia. Ombaknya bisa bergulung utuh sampai ke bibir pantai dan punya gelombang 11 kali gelombang sebelum pecah. Selain itu, ombak di sini selalu ada di setiap saat dan nggak ada jeda waktunya.

Waktu yang tepat untuk berselancar di sini pada bulan April hingga September karena ombaknya bisa setinggi 15 meter. Apalagi saat bulan purnama, lebih challenging!

Tenang aja, buat pemula juga bisa kok surfing di sini! Kamu bisa minta tolong warga lokal untuk ngajarin kamu teknik dasar berselancar.

Pantai Nihiwatu, Sumba Barat

pantai di indonesia

Ilustrasi Foto: Unsplash

Salah satu pantai di Indonesia yang wajib dikunjungi yaitu Pantai Nihiwatu. Pantai ini belum tersentuh oleh industri-industri yang ada di kota, sehingga masih terjaga alamnya.

Pantai Nihiwatu menghadap langsung ke arah Samudera Hindia dan merupakan salah satu tujuan para surfer untuk mencoba ombaknya yang terkenal ganas. Bahkan para surfer menyebutnya dengan sebutan God’s Left.

Ombak di pantai ini merupakan salah satu ombak terbaik di Indonesia dan juga ombak tercepat di dunia. Tapi, nggak sembarang orang bisa berselancar di sini. Hanya 10 orang saja yang boleh berselancar di pantai dalam satu waktu, sisanya harus menunggu giliran. Selain itu, pantai ini juga sangat private, cuma tamu dari resort yang berada di sana saja yang bisa berkunjung.

Pantai Plengkung, Banyuwangi

pantai di indonesia

Ilustrasi Foto: Unsplash

Jumlah pantai di Indonesia ada banyak banget. Tapi, nggak banyak yang tahu kalau Banyuwangi punya spot surfing yang nggak kalah dari pantai di Indonesia lainnya. Pantai Plengkung atau lebih dikenal dengan nama G-Land merupakan salah satu dari tujuh tempat surfing dengan ombak terbaik di dunia. Lokasinya yang menghadap langsung Samudera Hindia menjadikan pantai ini sebagai destinasi wajib untuk berselancar.

Ombak di pantai ini termasuk ombak yang menantang dengan bentuk memanjang, tinggi, dan punya kecepatan tinggi. Selain itu pantai ini punya tiga tingkatan ombak, yaitu many track waves dengan tinggi 3-4 meter, speedis waves dengan tinggi 5-6 meter, dan kong waves yang tingginya mencapai 6-8 meter.

Gulungan ombak yang dihasilkan konsisten dalam satu waktu, yaitu tujuh gulungan sekali hempasan. Ombak tersebut terbentuk dari arus Antartika yang terbawa oleh Samudera Hindia. Untuk menikmati ombak terbaiknya, kamu harus berkunjung pada bulan Juli – September memasuki bulan baru setiap tahunnya.

Pantai Tanjung Setia, Lampung

pantai di indonesia

Ilustrasi Foto: Unsplash

Daftar pantai di Indonesia yang cocok untuk dijadikan tempat surfing selanjutnya adalah Pantai Tanjung Setia. Pantai ini berada di pesisir barat Provinsi Lampung.

Pantai Tanjung Setia sudah diakui oleh pelancar seluruh dunia dengan ombaknya yang bergulung cukup besar dan rapi. Ketinggian ombaknya bisa mencapai 6 – 7 meter dengan panjang mencapai 200 meter. Ombak yang besar ini bisa kamu temui pada bulan Juni – Agustus.

Ombak di pantai ini juga berhadapan langsung dengan Samudera Hindia dan termasuk salah satu ombak tertinggi di dunia.

Pantai Nemberala, Rote

pantai di indonesia

Ilustrasi Foto: Unsplash

Di ujung selatan Indonesia, terdapat pantai yang menjadi satu-satunya destinasi bertaraf internasional, yaitu Pantai Nemberala. Pantai ini terletak di Kabupaten Rote Ndao, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Pantai Nemberala nggak cuma punya pasir putihnya saja, tapi juga punya gulungan ombak yang tinggi dan menjadi spot terbaik untuk berselencar.

Gulungan ombak pantai ini terkenal tinggi tetapi tidak ganas dan telah diakui para surfer mancanegara. Tiap tahunnya pantai ini mengadakan festival untuk para peselancar pada bulan Agustus hingga Oktober. Pada bulan-bulan tersebut ketinggian ombak bisa mencapai 7 meter.

Itu dia nama-nama pantai di Indonesia yang jadi surganya pecinta surfing. Ternyata pantai di Indonesia nggak kalah keren dari pantai di luar negeri yang dijadikan spot untuk surfing. Nah, kalo memutuskan untuk ke pantai-pantai di atas, jangan lupa untuk menyiapkan semuanya dengan matang, ya! Termasuk soal penginapan.

Kamu bisa memilih penginapan melalui RedDoorz. Download aplikasi RedDoorz di smartphone kamu sekarang juga!

Press Enter To Begin Your Search
×