Loading...

Pernah dengar kalau Indonesia dijuluki sebagai negara seribu pulau? Yap. Jumlah pulau yang ada di negeri tercinta ini sekitar 17.504 pulau. Banyaknya pulau di Indonesia menjadikan sektor pariwisata terutama pantai menjadi daya tarik tersendiri baik bagi wisatawan asing maupun domestik.

Bali menjadi pulau yang seolah mewakili wajah Indonesia di kancah Internasional. Melihat potensi tersebut, Kemenparekraf mencanangkan wisata sepuluh Bali baru salah satunya adalah Pulau Belitung. Atas dasar itulah, Pulau Belitung menjadi destinasi impian meski sampai saat ini belum kesampaian.

Ada apa saja di Pulau Belitung, hingga saya atau mungkin kamu juga tertarik untuk berkunjung kesana? Psst, satu hal menarik yang ada di Pulau Belitung, konon rumah masyarakat di sana tidak berpagar untuk menjaga kerukunan dan kedamaian.

1. Menikmati Senja di Pantai Tanjung Kelayang

(Photo Source: www.tanjungkelayang.indonesia-tourism.com)

Berkunjung ke Pulau Belitung tanpa mampir ke Pantai Tanjung Kelayang itu seperti makan bakso tanpa sambal; hambar. Pantai yang melintas di semenanjung utara Pulau Belitung ini, faktanya menjadi primadona para wisatawan. Selain karena pantai ini dijadikan tempat singgah wisatawan sebelum island hoping ke pulau kecil di sekitarnya, pantai ini memiliki daya tarik bebatuan raksasa yang ada di sebelah barat. Di sisi timurnya, terdapat hamparan pasir putih yang seolah siap memanjakan telapak kaki dengan kelembutannya.

Jika dilihat dari maps, lokasi Pantai Tanjung Kelayang menghadap ke arah barat laut. Saya tertarik untuk menikmati jingganya langit di sini saat senja tiba dan matahari pulang ke peraduan.

2. Island Hoping Bukti Indonesia kaya akan Pulau

(Photo Source: www.piknikdong.com)

Setelah menikmati keindahan Pantai Tanjung Kelayang, island hoping bisa jadi pilihan untuk wisatawan. Ada sekitar lima pulau yang lokasinya tidak jauh dari Pantai Tanjung Kelayang, di antaranya Pulau Lengkuas, Pulau Pasir, Pulau Kepayang, Pulau Garuda, dan Pulau Berlayar.

Pulau Lengkuas adalah destinasi wajib jika melakukan island hoping. Pulau ini terkenal dengan bangunan putih menjulang tinggi, yaitu mercusuar yang konon masih aktif hingga saat ini. Mercusuar yang ada di Pulau Lengkuas adalah saksi sejarah karena sudah berdiri sejak tahun 1882.

Pulau Pasir konon menjadi destinasi wisata yang unik, sebab wisatawan yang ingin mengunjungi pulau ini harus berpatokan dengan pasang-surut air laut. Jika air laut sedang pasang, maka Pulau Pasir akan tertutup air laut, begitu sebaliknya. Sesuai namanya, Pulau Pasir hanyalah daratan kecil dan sejauh mata memandang hanya ada pasir.

Pulau-pulau lain yang mungkin akan dituju, tentu tidak berbeda jauh dari Pulau Lengkuas dan Pulau Pasir. Dari island hoping ini, saya ingin melihat langsung betapa negeri tercinta memang diisi dengan ribuan pulau unik yang selalu menyimpan keindahan tak terduga.

3. Pantai Tanjung Tinggi sebagai Lokasi Syuting Film

Tidak asing mendengar film Laskar Pelangi dan Sang Pemimpi, kan? Kedua film itu ternyata menjadikan Pantai Tanjung Tinggi sebagai lokasi syutingnya. Saya jadi teringat Ikal dan kawan-kawannya bermain kejar-kejaran diantara bebatuan granit raksasa.

Keinginan saya mengunjungi Pantai Tanjung Tinggi tidak sebatas pada lokasi tersebut pernah dijadikan lokasi syuting film, tapi lebih dari itu keindahan granit raksasa membuat saya penasaran untuk mengeksplor pantai ini. Selain itu, Pantai Tanjung Tinggi yang membentuk sebuah teluk tentu cocok dijadikan sebagai tempat bermain air karena pasang-surut ombak yang tak begitu kentara.

4. Museum Kata: Dari Kata Jadi Cerita

(Source: pinterest.com/rahmashinta)

Andrea Hirata lewat novelnya yang berjudul Laskar Pelangi berhasil meramu kata-kata menjadi sebuah cerita. Sebagai seorang penulis yang amatiran, berkunjung ke Pulau Belitung akan terasa lebih lengkap jika saya menyempatkan diri untuk mampi ke Museum Kata Andrea Hirata.

Museum yang dari foto-foto yang bertebaran di internet ini terlihat penuh warna dan ceria, didirikan sendiri oleh Andrea Hirata. Di dalamnya terdapat berbagai macam literatur mulai dari film, seni dan musik, serta literatur anak-anak. Quote menarik juga bisa ditemukan di dinding museum. Dan yang tidak kalah penting, ada warung Kopi Kuli yang unik.

Mengutip kata-kata Andrea Hirata “Bermimpilah, karena Tuhan akan memeluk mimpi-mimpimu," maka melalui artikel ini saya menggantung impian untuk berkunjung ke Pulau Belitung. Dan saya yakin, Tuhan akan mengabulkan impian saya untuk segera menginjakkan kaki ke sana. Kamu juga punya mimpi yang sama?

 

Penulis: Nita Maediana

Instagram: Nita Maediana

Twitter: Nita Maediana

Press Enter To Begin Your Search
×