Loading...

Sumber: www.unsplash.com

Sebelumnya saya orang yang lebih senang berpergian sendiri. Saya punya tiket kebebasan mau ke mana, tanpa perlu berpikir tentang orang lain akan ke mana. Bebas! Ke mana pun saya yang mengendalikan. Dan saya selalu berpikir untuk selalu menikmatinya.

Namanya perjalanan, pasti membawa cerita baru. Meski perginya sendiri, tapi selalu merasa ramai. Itu lah makanya saya sangat senang menonton pertandingan sepak bola dari satu kota ke kota lain. Ada keriuhan dan sorak-sorai orang di sana. Setelah itu pengalaman baru tak terduga kan datang. Dan, teman baru juga pastinya. Senang bisa ketemu orang-orang dengan karakter yang berbeda-beda.   

Tapi itu dulu, sekarang beda. Solo traveling harus saya akhiri. Bedanya kini saya merencakanan untuk bepergian dengan orang. Yap, istri. Saat ini masih calon istri. Rencana itu sudah pernah kami bahas. Dia tidak keberatan dengan itu. Dia mau ikut berpergian berkeliling Indonesia, bahkan luar negeri hanya untuk menonton bola. Itu hadiah yang saya tawarkan untuk dia setelah kami sah nanti menjadi sepasang.

Awalnya dia memang keberatan. Perlahan melemah dengan segala bujuk rayu. Satu syarat darinya: pantai. Cewek banget! Jadi kami, tepatnya saya merencakanan honeymoon berbeda dengan cara maraton menonton pertandingan sepak bola dari satu stadion ke stadion lainnya. Semua harus disesuaikan jadwal pertandingan.

Perkiraan awal start dari Medan. Mungkin kami akan memulai langsung dari Malaysia karena letak geografisnya dan tiket relatif murah. Kamu belum pernah kan ke Malaysia, kan, sayang? Di sana ada Stadion Bukit Jalil, Sah Alam, maupun stadion megah milik klub kaya raya Johor Darul Ta’zim FC. Tiga hari cukuplah di sana. Sebagai alternatif, opsi ke Singapura juga bisa. Dari Johor Baru lewat jalur darat tidak sampai sepuluh menit sampai Singapura berpose sekelak di National Stadium.

Pelabuhan selanjutnya sudah pasti Jakarta. Menyaksikan Persija main di Gelora Bung Karno atau barangkali bila beruntung bisa melihat Timnas Indonesia lagi main di sana. Udah nggak kebayang bagaimana ramainya stadion. Kamu pasti suka, sayang! Kita beli jersey lah nanti di sana biar terasa suporternya. Hampir lupa, di sana ada juga Stadion PTIK markasnya Bhayangkara FC. Kalau sempat pasti ke sana lah.

Ok, lanjut Bogor! Naik kereta aja. Di Bogor ada klub sepak bola PS Tira Persikabo. Akhirnya bisa ke Pakansari Bogor. Stadionnya juga bagus. Sering dipakai Timnas Indonesia juga latihan dan tanding di sana. Pokoknya, harus ke sana! Tenang, istirahat sehari cukup kita cuus lanjut Yogyakarta. Ada PSIM Yogyakarta, bisa juga Persis Solo. Mulai ramai stadion di sana. Ngiler.

Selanjutnya ke Semarang. Stadion Citarum milik PSIS Semarang ini lagi top-topnya. Stadionnya baru jadi, pakai rumput sintesis. Minimal harus foto di depan stadionnya. Ya-ya-ya! Selanjutnya naik kereta lagi, lanjut Surabaya nonton Persebaya. Lalu ke Malang lihat Arema FC.

Terakhir ini permintaan langsung dari sang belahan hati, katanya harus ada Bali. Oke, tetap tujuan utama nonton bola di Stadion Kapten I Wayan Dipta. Kabarnya juga Bali United sedang bangun fasilitas sepak bola berlabel internasional. Menarik juga Bali ini.

Selesai nonton bola, mubazir kalau tidak ke pantai yang ada di Bali sana. Bali dan pantainya memang tidak terpisahkan, bahkan sudah diakui dunia. Rasanya perjalanan melelahkan pas diakhiri dengan mandi-mandi di pantai sebelum mengakhiri honeymoon.

Perjalanan itu sudah kami rencanakan nantinya. Tentunya sepak bola menjadi prioritas, lalu makanan khas setiap daerah yang kami singgahi wajib dicicipi. Terakhir, pantai memang layak menjadi penutup sebelum malamnya hangat dalam pelukan kita berdua. Nabung yuk, sayang!

Saat saya mendukung Timnas Indonesia di Stadion MPS Selayang, Selangor pada  SEA Games 2017, Malaysia. Di perjalanan selanjutnya harus bareng pasangan!

Aktor Chicco Jerikho bersama istrinya, Putri Marino saat menonton Timnas Indonesia di Asian Games 2018. Foto begini bakal seru lah nanti sama pasangan.

(Sumber foto: www.instagram.com/chicco.jerikho)

Saat menonton Timnas Indonesia putri di Stadion Jakabaring Palembang pada Asian Games 2018

 

Nama Penulis: Christopel Naibaho

Instagram: topelnow

Twitter: bang_bahok

Facebook: christopel naibaho

Press Enter To Begin Your Search
×