Loading...

gunung padang

Ilustrasi Foto: Pixabay

Indonesia nggak hanya dikenal dengan pemandangan alamnya yang indah, lho. Indonesia ternyata juga dikenal dengan situs bersejarahnya yang mendunia. Salah satu situs bersejarah di Indonesia yang mengejutkan arkeolog dunia adalah Gunung Padang.

Situs Gunung Padang terletak di Kampung Gunung Padang, Kampung Cipanggulan, Desa Karyamukti, Kecamatan Campaka, Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat.

Penemuan situs Gunung Padang Cianjur tercatat pada tahun 1891. Pada saat itu peneliti dari Belanda telah menyebutkan nama Gunung Padang dalam tulisannya yang hanya terdapat 4 teras. Saat ini tertulis ada 5 teras di situs Gunung Padang.

Arkeolog mengatakan kalau situs Gunung Padang adalah piramida yang terkubur dan sudah ada sejak 8000 tahun sebelum masehi. Artinya, situs ini jauh lebih tua dibandingkan dengan Piramida Giza di Mesir yang usianya 2500 tahun sebelum masehi.

Selanjutnya, struktur piramida Gunung Padang ditemukan pertama kali pada abad ke-19. Pada temuan awalnya, situs tersebut menyimpan barisan pilar batu kuno. Struktur piramida itu menyimpan sisa kuil kuno yang tersembunyi selama ribuan tahun di bawah tanah. Bukit miring yang menyokong puncak situs ternyata dibuat oleh manusia pada masa lampau dan bukan bagian dari lanskap alam berbatu.

Gunung Padang juga disebut-sebut sebagai situs megalitikum terbesar di Asia Tenggara. Wah, Indonesia ternyata sangat kaya ya!

Terdapat misteri Gunung Padang yang diyakini kuat sebagai tempat pemujaan leluhur dan tempat upacara pada masa itu. Keyakinan itu dibuktikan dari hasil ekskavasi yang dilakukan para arkeolog Indonesia.

gunung padang

Ilustrasi Foto: Pixabay

Masyarakat setempat juga percaya kalau situs ini merupakan situs pemujaan tempat yang pernah ditinggali oleh Prabu Siliwangi pada zaman kejayaan Kerajaan Padjajaran.

Sampai saat ini misteri Gunung Padang masih belum terpecahkan, lho. Banyak yang bilang, jika menemui titik terang katanya akan mengubah tatanan sejarah yang telah berkembang di masyarakat.

Nah, kalau kamu ingin berkunjung ke situs ini, jaraknya hanya 32 km saja dari alun-alun Cianjur dengan perjalanan selama 1 jam. Kamu bisa mengakses jalan ini dengan kendaraan bermotor ataupun mobil.

Situs ini buka pada pukul 08.00 – 16.00 WIB. Kamu akan didampingi oleh pemandu setempat selama berada di sana. Untuk biaya masuknya sendiri, kamu hanya perlu mengeluarkan uang Rp5 ribu dan Rp10 ribu jika ingin didampingi oleh pemandu.

Untuk sampai ke puncak Gunung Padang, kamu akan menaiki tangga yang memiliki kemiringan 0 derajat. Tapi tenang aja, tangga ini kuat dan kokoh jadi nggak akan roboh ketika menaikinya.

Saat sampai pada pijakan pertama, kamu akan disajikan dengan bebatuan yang menjadi bukti peradaban saat itu. Di setiap pijakannya punya bentuk batu yang berbeda-beda dan sangat kuat. Pada pijakan ke lima, kamu akan dibuat takjub dengan batu ukiran yang unik khas Tanah Sunda, yaitu Kujang.

Keunikan lain dari situs Gunung Padang yaitu bisa mengeluarkan bunyi-bunyian pada beberapa bagian batunya, seperti alat musik dengan khas nada tersendiri. Sebagian besar batu di situs ini merupakan batuan andesit basaltis yang berwarna abu-abu gelap.

Nggak cuma budayanya, situs ini juga menawarkan pemandangan alam yang cantik dan eksotis. Cocok untuk kamu yang lagi nyari destinasi wisata anti mainstream dan pastinya worth it banget.

Kalau kamu memutuskan untuk datang ke sini, jangan lupa untuk selalu mematuhi peraturan yang ada ya. Karena bagaimanapun, kamu adalah pendatang yang memasuki kawasan asing.

Itu dia ulasan mengenai situs bersejarah Indonesia, Gunung Padang. Kamu tertarik untuk berkunjung tapi bingung sama tempat penginapan? Tenang aja kan ada RedDoorz. Tinggal download aplikasi RedDoorz dan bebas pilih penginapan kapan pun dan di mana pun!

Press Enter To Begin Your Search
×