Loading...

gunung di Indonesia

Foto: Shutterstock

Indonesia memiliki banyak gunung yang tersebar di seluruh wilayahnya. Jumlah gunung di Indonesia sendiri mencapai lebih dari 500 yang terdiri dari gunung aktif maupun yang sudah tidak aktif. Dengan jumlah gunung yang sangat banyak, tidak heran Indonesia menjadi surga bagi para pendaki. 

Mendaki gunung merupakan olahraga ekstrem yang memiliki banyak penggemar. Olahraga ini cukup ekstrem karena jalur yang harus ditempuh untuk mendaki sebuah gunung tidaklah mudah. Meskipun sulit dan berbahaya, pesona alam dari gunung yang didaki jauh lebih menggoda. Para pendaki rela untuk melintasi jalur yang berbahaya untuk menikmati pemandangan dari atas gunung. 

Gunung di Indonesia dengan Panorama Terindah

Ngomongin soal pemandangan dari atas gunung, ada beberapa gunung-gunung di Indonesia yang memiliki pesona alam yang sangat indah. Keindahannya tidak hanya menarik pendaki lokal tapi juga mancanegara. Ini dia daftar nama gunung di Indonesia yang punya panorama indah. 

Gunung Rinjani

Gunung Rinjani merupakan wisata gunung di Indonesia yang berada di Nusa Tenggara Barat. Gunung ini memiliki ketinggian mencapai 3.726 mdpl. Bagi masyarakat setempat Gunung Rinjani dianggap sebagai pusat dari alam semesta dan juga menjadi pelindung Pulau Lombok. 

Di sekitar area Gunung Rinjani kita juga bisa menemukan keragaman hayati. Di sini terdapat sekitar 500 spesies tanaman endemik. Selain itu ada pula Segara Anak, sebuah danau vulkanik yang berada di Gunung Rinjani. Segara Anak berada di ketinggian 2.003 mdpl dan permukaan danau cukup hangat, suhunya mencapai 22 derajat celcius. 

Danau Segara anak adalah danau vulkanik terbesar di dunia dan danau ini juga menambah pesona dari Gunung Rinjani. 

Gunung Merbabu

gunung di Indonesia

Foto: Shutterstock

Pemandangan gunung di Indonesia yang memukau selanjutnya yaitu Gunung Merbabu. Gunung ini terletak di Jawa Tengah dan memiliki ketinggian 3.145 mdpl. Keindahan Gunung Merbabu sudah diakui oleh banyak orang. Gunung Merbabu memiliki 3 puncak yaitu Puncak Trianggulasi, Puncak Kentensongo, dan Puncak Syarif. 

Dari atas puncak-puncak ini kita bisa melihat gunung lain yang ada di Jawa Tengah. Selain itu keindahan yang dinanti-nantikan para pendaki saat mendaki Gunung Merbabu adalah keindahan matahari terbitnya. 

Gunung Semeru

Nama gunung di Indonesia yang satu ini pasti udah nggak asing lagi. Gunung Semeru merupakan salah satu gunung di Indonesia yang sangat terkenal sekaligus menjadi gunung tertinggi di Indonesia. Gunung ini terletak di dua kabupaten sekaligus yaitu Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang. 

Area wisata Gunung Semeru menyuguhkan wisata alam yang menarik sehingga gunung ini tidak hanya dikunjungi pendaki tapi juga ramai dengan wisatawan. 

Gunung Bromo

Gunung Bromo merupakan salah satu dari daftar gunung di Indonesia yang berlokasi di Jawa Timur. Dalam Bahasa Suku tengger, suku asli yang mendiami kawasan Gunung Bromo, Bromo sering disebut Gunung Bromo merupakan gunung yang memiliki kaldera terbesar di dunia, luasnya mencapai 10 km! Di kaldera ini kamu akan mendapati lautan pasir yang membentang sangat luas dan berwarna kelabu. 

Gunung Ijen

gunung di Indonesia

Foto: Shutterstock

Gunung Ijen juga jadi salah satu gunung di Indonesia yang terkenal di mancanegara, lho! Daya tarik utama dari Gunung Ijen yaitu kawahnya. Kawah Ijen terletak di puncak Gunung Ijen. Kawah ini berbentuk danau yang terbentuk akibat letusan gunung. 

Danu Ijen berwarna hijau kebiruan dan memiliki tingkat keasaman yang sangat tinggi. Selain itu ada pula fenomena blue fire yang sering terlihat di area penambangan belerang Gunung Ijen. Keindahan ini lah yang diburu wisatawan, nggak heran Gunung Ijen selalu ramai oleh para pendaki. 

Bagi kamu yang suka mendaki daftar gunung di Indonesia tersebut nggak boleh dilewatkan. Rencanakan pendakian dengan matang agar perjalanan kamu aman dan dan berjalan lancar. Kamu juga bisa memesan penginapan yang lokasinya dekat gunung tujuanmu agar lebih dekat.

Untuk hal itu kamu bisa temukan penginapannya di RedDoorz. RedDoorz memiliki ribuan penginapan di seluruh Indonesia. Pastikan pesan hotel via aplikasi RedDoorz biar lebih gampang bookingnya. Yuk, instal aplikasi RedDoorz sekarang!

Press Enter To Begin Your Search
×