Loading...

Festival Filipina yang sambung menyambung hampir sepanjang tahun adalah salah satu daya tarik Filipina sebagai destinasi wisata. Di awal tahun saja, ada lebih dari dua festival Filipina seru yang akan diselenggarakan.

Jika RedTraveler berencana untuk traveling ke Filipina awal tahun nanti nggak ada salahnya untuk memasukkan festival ini ke itinerary, lho. Nah, festival apa saja yang bisa kamu kunjungi? Catat nama festival, lokasi, beserta tanggalnya di bawah ini!

###Ati-Atihan Festival

Disebut sebagai "The Mother of All Philippine Festivals", Ati-Atihan memang festival yang paling dikenal dan diadaptasi secara luas di negara tersebut. Ati-Atihan berlangsung di Provinsi Aklan, setiap hari Minggu ketiga di bulan Januari. Festival ini adalah sebuah penghormatan untuk Santo Nino. Ati-Atihan berarti menjadi Ati, diambil dari istilah lokal 'Aetas' yang menetap di Pulau Panay.

Cari RedDoorz di Aklan, Filipina di sini.

###Sinulog Festival

Sinulog Festival PhilippinesSinulog Festival. Photo by Herbert Kikoy on Unsplash

Di waktu yang sama namun di tempat yang berbeda, yakni di Cebu, ada Sinulog Festival. Festival ini memadukan budaya dan nilai-nilai agama Katolik dalam sebuah parade meriah yang dihadiri masyarakat dari seluruh penjuru Filipina. Parade Sinolog Festival berlangsung di jalanan dengan kostum yang berwarna-warni, sepanjang hari!

Cari RedDoorz di Cebu, Filipina di sini.

###Dinagyang Festival

Selang seminggu dari dua festival yang disebut di atas, ada Sinagyang Festival di Iloilo. Sama seperti Ati-Atihan dan Sinulog, Dinagyang Festival juga mengangkat nilai-nilai Katolik yang jadi agama mayoritas di Filipina. Bedanya, Dinagyang festival juga merupakan perayaan sejarah saat Aeta menjual Panay ke Malay ratusan tahun lalu. Festival Dinagyang dibagi menjadi tiga bagian, yakni Ati Tribe Competition, Kasadyahan Cultural Competition, dan Mis Iloilo Dinagyang.

Cari RedDoorz di Iloilo, Filipina di sini.

###Panagbenga Festival

Photo by Eric Muhr on UnsplashFlower Festival Illustration. Photo by Eric Muhr on Unsplash

Akhir Februari, tepatnya 26 Februari, ada Panagbenga Festival di Baguio City yang nggak lain dan nggak bukan adalah Festival Bunga! Tahun 1990, Luzon dilanda gempa berkekuatan 7,7 sr yang meluluhlantakkan kota dan menimbulkan banyak korban. Festival Panagbenga yang berlangsung selama sebulan ini diadakan sebagai sebuah simbol kebangkitan!

Cari RedDoorz di Baguio, Filipina di sini.

Biar liburan asik nontonin festival-festival seru ini tetap on budget, nginepnya di RedDoorz aja. Booking hotel via reddoorz.com atau aplikasi RedDoorz sekarang, jangan lupa cek-cek promo menariknya, ya!

Cropped fav logo@2x