Loading...

istana bogor

Foto: Shutterstock

Selain Istana Merdeka yang ada di Jakarta, kediaman presiden yang lainnya ada di Bogor. Tempat itu dikenal dengan sebutan Istana Bogor. Jadi tempat tinggal presiden selama bertahun-tahun, Istana bogor punya beberapa fakta yang mungkin belum kamu ketahui. 

Fakta Unik Istana Bogor, Tempat Tinggalnya Presiden

Istana Bogor berada di kawasan dekat Kebun Raya Bogor sehingga lokasinya sangat asri dengan pepohonan yang cukup rindang. Udara Kota Bogor yang sejuk membuat banyak istana ini dipilih sebagai hunian bapak Presiden Joko Widodo dan keluarga. 

Menjadi hunian presiden demi presiden, ini fakta menarik seputar Istana Bogor. 

1. Dibuat pada masa kolonial

Sejarah Istana Bogor cukup panjang yaitu dimulai pada masa kolonial Belanda. Saat itu banyak orang-orang Belanda yang tinggal di Batavia merasa kota ini terlalu ramai dan penuh sesak.  

yang tinggal di Batavia mencari tempat peristirahatan. Kemudian mereka mencari tempat di luar Batavia yang tidak terlalu ramai dan udaranya sejuk. 
Gubernur Jenderal Belanda, G. W. Baron van Imhoff kemudian menemukan empat impiannya. Sebuah tempat bernama Kampung Baru yang udaranya sangat sejuk. Tempat itu lah cikal bakal Istana Bogor. 

2. Arsitekturnya terinspirasi dari Blenheim Palace

Setelah mendapatkan tempat yang strategis G. W. Baron van Imhoff membuat desain kasar tentang gaya bangunan yang ingin ia dirikan. Ia mencontoh gaya arsitektur Blenheim Palace, tempat tinggal Duke of Marlborough di Inggris. Bangunan itu dinamakan Buitenzorg yang artinya bebas kekhawatiran. 

3. Sempat hancur dan dibangun kembali dengan lebih megah

Dalam proses pembangunan Buitenzorg atau Istana Bogor, bangunan ini sempat rusak akibat perang Banten tahun 1750-1754. Kemudian pada tahun 1808-1811 pada masa pemerintahan Gubernur Jenderal Willem Daendels gedung ini diperbaiki dan diperluas. 

Perombakan Istana Bogor terus dilakukan hingga tahun 1826 oleh Gubernur Jenderal Baron van der Capellen. Ia mendirikan menara di tengah gedung utama dan menjadikan area sekeliling istana menjadi Kebun Raya. Kebun ini lah yang kita kenal sebagai Kebun Raya Bogor. 

Penyempurnaan Istana Bogor terus dilakukan oleh para Gubernur Jenderal Belanda. Terhitung ada 44 Gubernur Jenderal Belanda yang pernah menghuni istana ini. Batu pada masa kemerdekaan Istana Bogor mulai digunakan oleh pemerintah Indonesia. 

4. Istana Bogor sebagai galeri seni presiden

Istana Bogor memang kediaman presiden namun ternyata tempat ini juga menyimpan banyak karya seni. Presiden pertama Indonesia, Soekarno sangat menyukai karya seni. Ia punya banyak koleksi karya deni dan Istana Bogor lah yang menjadi galeri seninya. 

Ia menyimpan dan memajang karya koleksinya di sini. Ada lebih dari seribu karya dari lukisan, patung, kriya, hingga souvenir dari berbagai negara. 

5. Dikelilingi pepohonan dan aneka satwa

Setelah diperluas dengan membangun kebun raya di sekeliling Istana Bogor, kebun ini tidak didiamkan begitu saja namun dikelola dengan sangat baik. Kini Kebun Raya Bogor dikenal sebagai taman botani yang memiliki banyak koleksi tanaman. Di istana bogor pun banyak berkeliaran beberapa satwa cantik seperti kuda, angsa, kambing, hingga rusa. 

Keindahan Istana Bogor tidak hanya bisa dinikmati oleh pejabat negara aja. Kita sebagai masyarakat biasa juga bisa melihat keelokannya dengan mengunjungi Kebun Raya Bogor. Kamu bisa mencari hotel di Bogor dekat Kebun Raya Bogor untuk merasakan suasana tempat peristirahatan impian orang Belanda pada masa kolonial. 
Nggak perlu bingung cari hotelnya, kamu bisa temukan hotel di Bogor lewat RedDoorz. Download aplikasi RedDoorz dan booking hotelnya sekarang!

Press Enter To Begin Your Search
×