Loading...

lawang sewu semarang

Foto: Shutterstock

Lawang Sewu Semarang merupakan salah satu bangunan bersejarah dan legendaris di Kota Semarang. Biasanya para traveler selalu menyempatkan diri mengunjungi Lawang Sewu. Ternyata dibalik kemegahannya, Lawang Sewu menyimpan beberapa fakta unik, lho. 

Fakta Unik Dibalik Kemegahan Lawang Sewu Semarang

Areanya yang luas serta bentuk bangunannya yang khas membuat Lawang Sewu selalu menarik di mata traveler. Ini dia fakta di balik kemegahan Lawang Sewu Semarang. 

Sudah berusia ratusan tahun

Lawang Sewu Semarang merupakan sebuah bangunan peninggalan Belanda yang dibangun pada tahun 1904. Meskipun sudah berusia sangat tua namun Lawang Sewu sampai saat ini masih berdiri kokoh. Pada mulanya Lawang Sewu adalah kantor perusahaan kereta api swasta bernama Indische Spoorweg Maatschappij (NIS). Namun setelah Indonesia merdeka Lawang Sewu berubah fungsinya. 

Pintunya sebenarnya nggak sampai 1000

Dalam bahasa Indonesia Lawang Sewu artinya pintu seribu, tapi memangnya benar lawang Sewu punya seribu pintu? Ternyata, pintu di Lawang Sewu nggak sampai seribu lho RedTraveler. Dinamakan Lawang Sewu oleh masyarakat setempat karena bangunan ini memang punya banyak sekali pintu. Selain itu karena memiliki jendela yang cukup besar, jendela-jendela di sana sering dikira pintu jadi gedung ini terkesan punya pintu yang sangat banyak. 

Tidak seseram cerita yang beredar

Banyak cerita di masyarakat yang mengisahkan tentang seramnya area Lawang Sewu. Terlebih bangunan ini sudah berusia ratusan tahun dan peninggalan Belanda pula. Tapi memangnya Lawang Sewu seseram itu? Ternyata nggak begitu kok. Meskipun sering dijadikan tempat uji nyali, Lawang Sewu tidak seseram yang kamu bayangkan. Apalagi bangunannya sangat terawat dan sempat direnovasi beberapa kali jadi udah nggak ada kesan angker lagi tuh. 

Dijadikan Museum Sejarah Perkeretaapian Indonesia

Setelah Indonesia merdeka dari penjajahan Belanda, gedung Lawang Sewu Semarang kini dijadikan Museum Perkeretaapian Indonesia. Di sepanjang dinding di Lawang Sewu terdapat banyak foto yang menampilkan penampakan kereta api zaman dulu. Selain itu sejarah kereta api indonesia juga tersusun lengkap di sini. Jadi buat kamu yang suka lokomotif kamu wajib datang ke Lawang Sewu!

Dijadikan spot foto keren

Bagi yang sedang liburan atau memang menyukai fotografi, Lawang Sewu pasti jadi tempat yang menarik buat kamu. Bangunannya yang punya arsitektur khas membuat Lawang Sewu jadi spot foto yang unik. Buat anak muda biasanya mereka menyempatkan diri berfoto di sini sambil berpose sekeren-kerennya. Namun, ada juga lho yang sengaja menjadikan Lawang Sewu sebagai spot foto prewedding.

Itu dia fakta-fakta seputar Lawang Sewu Semarang. Kalau kamu kebetulan sedang ke Semarang atau memang merencanakan liburan ke sana, jangan lupa mampir ke Lawang Sewu untuk berwisata. Lalu kamu juga bisa pesan hotel dekat Lawang Sewu, lho. Cari hotelnya bisa di RedDoorz. Ada banyak pilihan hotel di Semarang dekat Lawang Sewu yang bisa kamu pesan. Yuk, download aplikasi RedDoorz sekarang.

Press Enter To Begin Your Search
×