Loading...

sirkuit mandalika

Foto: Shutterstock

Tepat pada tanggal 12 November 2021 kemarin, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo meresmikan Sirkuit Mandalika yang berlokasi di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

Sirkuit Mandalika Lombok ini direncanakan akan menjadi tuan rumah untuk ajang balap kelas dunia pada tahun 2022 mendatang.

Ada banyak fakta menarik seputar sirkuit ini yang belum banyak orang tahu. Kira-kira apa aja ya? Yuk, intip selengkapnya di bawah ini.

Panjang Sirkuit Mandalika

Sirkuit ini mempunyai panjang sekitar 4,3 km dengan 17 tikungan, 11 mengarah ke kanan, dan 6 mengarah ke kiri yang memang sudah dipersiapkan untuk pembalap kelas dunia.

Hal menarik lainnya yaitu pada area garasi (paddock), mempunyai total sebanyak 40 garasi. Garasi-garasi tersebut memiliki atap yang bisa dipakai untuk ruang pers dan liputan yang dibangun secara permanen.

Motif batik unik di lintasan

sirkuit mandalika

Foto: Shutterstock

Desain Sirkuit Mandalika ini menggunakan konsep nusantara yaitu motif batik pada pengecatan lintasannya. Desain ini menggunakan motif geometris dengan dasar warna merah dan berhias putih pada tikungan 15 dan 16.

Motif batik yang digunakan adalah motif batik Meander dengan bentuk dasar huruf T. motif ini sering digunakan pada sisi tepi kain batik.

Proses pengecatan motif ini nggak dilakukan dengan sembarangan, begitupun dengan warna yang digunakan. Warna dasar pada motif tersebut telah disesuaikan dengan standar Federasi Motor Internasional.

Pengecatannya pun dilakukan oleh tim professional dengan peralatan khusus yang menggunakan jenis cat dengan kualitas baik dan aman dari cuaca maupun pembalap yang melintas.

Punya view yang cantik

sirkuit mandalika

Foto: Shutterstock

Sirkuit Mandalika punya view yang pastinya akan memanjakan mata. Terdapat pemandangan perbukitan yang dikelilingi oleh lautan yang luas.

Kalau kamu mengunjungi tempat ini saat sore hari, kamu bisa menikmati sunset yang indah juga lho dan pastinya nggak ada duanya. Asyik banget kan? Selain bisa nonton balapan, kamu bisa juga menikmati indahnya ciptaan Tuhan.

Kapasitas penonton yang banyak

Fakta menarik selanjutnya adalah sirkuit ini dapat menampung hingga ratusan ribu penonton, lho! Ada tiga kategori tempat duduk yang disediakan.

Pada Grans Seating Street Circuit Mandalika memiliki lebih dari 50 ribu tempat duduk. Non-Seated Area atau area tribun yang berdiri punya dapat menampung sekitar 138 ribu orang. Sementara itu, pada Hospitality Suites pada penyelenggaraan MotoGP nanti rencananya mempunya kapasitas sampai 7 ribuan orang.

Dekat dengan berbagai destinasi wisata

Sirkuit Mandalika saat ini berada di kawasan yang dikelilingi oleh banyak destinasi wisata. Nggak cuma bisa menikmati ajang balap motor dunia saja, kamu juga bisa mengunjungi beberapa wisata di sekitarnya seperti, Pantai Seger, Pantai Gerupuk, Pantai Tanjung Aan, Bukit Merese, dan masih banyak lagi.

Kamu juga bisa mengunjungi salah satu desa yang berada di kawasan ini yaitu Desa Adat Sade dan Desa Adat Ende yang kental dengan budayanya.

Kamu nggak hanya dapat sensasi memacu adrenalin saat menonton balap internasional ini aja, tapi bisa juga sekalian dapat bonus menikmati pemandangan yang indah ketika berada di Sirkuit Mandalika ini.

Apalagi lokasinya juga strategis banget dengan berbagai destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi. Nah, kalau kamu sedang dan akan merencanakan perjalanan ke sana, jangan lupa untuk mempersiapkan penginapan yang bikin kamu nyaman.

Booking aja penginapannya melalui RedDoorz. Ada banyak pilihan penginapan yang bisa kamu pilih sesuai dengan selera kamu. Biar makin mudah, pesannya lewat aplikasi RedDoorz supaya bisa pesan di mana aja dan kapan aja. Download sekarang juga!

Press Enter To Begin Your Search
×