Loading...

(photo source: pixabay.com)

Perkembangan wisata minat khusus semakin hari menunjukkan minat wisatawan terus meningkat, sejalan publisitas promosi obyek yang didukung oleh peranan enterpreneurship pariwisata seperti Kabupaten Banyuwangi (Discover Banyuwangi) telah merambah sebagai destinasi wisata dunia. Berikut beberapa obyek sebagai trending topik bahasan wisata yang telah mampu menyedot wisatawan untuk mengunjungi lokasi keberadaannya.

Perjalanan wisata yang saya lakukan diakhir tahun 2014 saat menggali potensi wisata N12 terkait destinasi wisata unggulan Jawa Timur khususnya di Banyuwangi yang menjadi buah bibir wisatawan.

Ibarat harta karun atau emas, lokasi Kebun Sungai Lembu dan Kebun Sumber Jambe mempunyai arti strategis terhadap pengembangan obyek wisata baru di Kabupaten Banyuwangi seperti Pulau Merah (Red Island), Teluk Ijo (Green Bay) dan tentunya Sukamade yang sudah mendahului dikenal oleh wisatawan mancanegara khusunya dari Negeri Belanda.

1. Pulau Merah (Red Island)

(photo source: dokumentasi pribadi)

Pulau Merah letaknya di Kabupaten Banyuwangi bagian selatan, untuk menjangkau tempat ini dibutuhkan sekitar 2-3 jam dari Kota Banyuwangi dan berjarak 36 km dari kota Jajag, rute dan medan jalan yang ditempuh sangat mulus, karena pada setiap tahunnya rute ini dilewati dalam penyelenggaraan acara balap sepeda internasional “Tour de Ijen”.

Pantai dengan pasir putih siap menyambut kedatangan pengunjung yang berkunjung di Pulau Merah tersebut, desiran ombak laut yang besar sangat indah dan mengasyikkan untuk dinikmati. Dan seperti namanya, Pulau Merah, terdapat sebuah pulau kecil di seberang pantai yang menjulang seperti bukit degan tanah berwarna merah. Ombak dan panoramanya sanggup menarik wisatawan betah untuk berada di lokasi. Dan sempat diadakan perlombaan selancar berskala internasional pada 2013 & 2014 di Pulau Merah tersebut.

Pemberdayaan masyarakat sekitar dengan tumbuhnya homestay, pujasera dan jasa transportasi wisata perahu, ojek dan pemandu wisata.

  1. Teluk Ijo (Green Bay) dan Teluk Damai

(photo source: dokumentasi pribadi)

Teluk Ijo dengan air lautnya berwarna hijau dengan panorama hutan tropis merupakan view of point daya tarik wisata berbasis echo wisata, meskipun dengan akses jalan tanah berbatu tak merubah minat wisatawan untuk mencapai lokasinya.

Teluk Ijo merupakan teluk yang menjorok ke laut dengan pantai pasir putih bersih yang indah. Pemberdayaan masyarakat sekitar dengan tumbuhnya homestay, pujasera dan jasa transportasi wisata perahu, ojek, trekking dan pemandu wisata.

Teluk Damai dengan hamparan bebatuan bulat dan batu karang yang sangat besar dengan kesejukan pohon-pohon yang rindang. Sebelum mencapai teluk ijo akan melewati teluk damai.

  1. Rajegwesi

Pantai Rajegwesi merupakan pantai yang indah dengan aktivitas nelayan dan menjadi tempat pelelangan ikan. Sebelum mencapai teluk ijo, teluk damaiakan melewati pantai Rajegwesi

  1. Sukamade

Sukamade sudah menjadi destinasi wisata internasional khususnya wisatawan mancanegara asal negara Belanda. Sukamade merupakan pantai yang indah dengan aktivitas penangkaran penyu dan lokasi penyu bertelur dari empat spesies dunia: penyu sisik; penyu slengkrah; penyu blimbing dan penyu hijau.

Dalam kepariwisataan dunia Sukamade sangat terkenal sebagai eko wisata & adventure, karena untuk mencapai lokasinya sangat susah dengan akses jalan tanah berbatu. Sebelum mencapai Sukamade akan melewati pantai Rajegwesi dan teluk Ijo.

Dampak positif terhadap perusahaan untuk menyemangati kebun-kebun tersebut di atas sebagai emas yang terpendam dalam harta karun pendapatan lain-lain PTPN XII, semoga akan membawa barokah dan manfaat.

 

Penulis: Agus Supriadi

Instagram: hadhie_entertainment

Facebook: Agus Supriadi Hadhie

Press Enter To Begin Your Search
×