Loading...

pulau bali

Foto: Shutterstock

Pulau Bali merupakan destinasi wisata kelas dunia yang sudah sangat terkenal. Tidak heran pulau ini setiap tahunnya dikunjungi ribuan turis dari mancanegara. Terkenal karena keindahannya, Pulau Bali juga punya fakta menarik yang mungkin masih belum kamu tahu. Ini dia fakta menariknya. 

Fakta Menarik tentang Pulau Bali

Biar nggak cuma mengagumi keindahannya, cari tau yuk fakta tentang Pulau Bali. Simak fakta-faktanya di bawah sini, 

1. Garuda Wisnu Kencana menjadi panting tertinggi kedua di dunia

Destinasi wisata Garuda Wisnu Kencana mungkin udah nggak asing lagi buat kamu. Patung berukuran besar ini bahkan bisa dilihat ketika kita landing di Bandara Ngurah Rai. Tapi tahukan kamu bahwa patung Garuda Wisnu Kencana adalah patung tertingi kedua di dunia! 

Untuk membangun patung sebesar, setinggi, dan semegah ini membutuhkan watu hingga 28 tahun. Waktu yang panjang itu terbayarkan dengan keidahannya yang bisa kita nikmati kini. 

2. Memiliki tol terapung pertama di Indonesia

Pulau Bali memiliki tol Bali Mandara yang menghubungkan Benoa, Ngurah Rai Tuban, dan Nusa Dua. Berbeda dengan tol pada umumnya yang berada di daratan, tol Bali Mandara berada mengapung di atas laut.  

Tol ini merupakan jalan tol pertama di Indonesia yang berada di atas air. Panjang tolnya sendiri mencapao 12,7 km. 

3. Memiliki hari libur lokal terbanyak di Indonesia

pulau bali

Foto: Shutterstock

Salah satu yang membuat RedDoorz menarik wisatawan asing karena kebudayaan masyarakat Bali yang masih sangat kental. Banyak ritual adat yang berlangsung sepanjang tahun, ternyata banyaknya upacara adat membuat Bali memiliki banyak hari libur lokal. 

Pulau Bali memiliki 21 hari libur lokal dan merupakan provinsi terbanyak di Indonesia yang memiliki hari libur lokal. 

4. Memiliki desa terindah se-Indonesia

Selain pantai di Pulau Bali yang terkenal dengan panoramanya yang ini, ternyata desa terindah di Indonesia juga ada di Bali. Desa Penglipuran di Bali dinobatkan sebagai desa terindah di Indonesia dan telah menyabet beberapa penghargaan bergengsi seperti Kalpataru, Indonesia Sustainable Tourism Award, dan Sustainable Destinations Top 100 versi Green Destinations Foundation. 

Kelestarian alam di Desa Penglipuran sangat dilindungi sebab kendaraan bermotor dilarang di sini. Berjalan kaki adalah cara terbaik untuk menikmati kelestarian alam Desa Penglipuran.

5. Subak Bali dinobatkan sebagai Situs Warisan Dunia oleh Unesco

Selain memiliki desa terindah di Indonesia, Pulau Bali juga memiliki sistem Subak yang dinobatkan menjadi salah satu Situs Warisan Dunia oleh UNESCO. Subak adalah sistem pengelolaan sayah khas masyarakat Bali yang memanudak keseimbangan antara Tuhan, manusia, dan alam. 

Ciri khasnya berupa area persawahan yang berundak. Sistem pertanian Subak dianggap sebagai salah satu teknologi pertanian tradisional yang penting bagi kelangsungan hidup masyarakat dan penyediaan bahan pangan. 

6. Turis asing yang mengunjungi Pulau Bali paling banyak dari Australia

Seluruh daerah Pulau Bali punya daya tariknya tersendiri, oleh karena itu sejauh mata memandang turis asing mudah ditemui. Tapi kamu tau nggak sih turis asal mana yang paling banyak datang ke Pulau Dewata Bali? Jawabannya adalah turis asal Australia. 

Secara geografis Australia cukup dekat dengan Indonesia. Bahkan di Tahun 2017 jumlah turis asal negara kanguru ini mencapai 1.117.933 orang, lho. 

7. Memiliki tempat pengisian air minum gratis

Demi menjadikan Pulau Bali menjadi destinasi wisata yang sustainable, ada inisiatif dari sekelompok masyarakat untuk mengurangi limbah plastik dari botol air kemasan. Caranya dengan membuat suatu gerakan yang dinamakan Refil My Bottle. 

Gerakan ini menyediakan stasiun pengisian air minum yang bisa digunakan oleh siapa saja. Sudah ada lebih dari 30 fasilitas pengisian air minum yang tersebar di seluruh daerah Pulau Bali. 

Fakta-fakta menarik tentang Pulau Bali bikin pengen buru-buru liburan kesana, deh. Buat kamu yang udah nggak sabar pengen menikmati bentang alam Pulau Bali yang menawan, bisa banget menyiapkan liburan dari sekarang. Pesan tiket pesawat dan tempat menginap dari sekarang. 

Untuk urusan menginap kamu bisa andalkan RedDoorz. Ada banyak pilihan tempat menginap di Bali yang recommended banget buat dipilih. Download aplikasi RedDoorz dan temukan hotel di Bali yang kamu mau.  

Press Enter To Begin Your Search
×